BLANTERVIO103

Metode Ilmiah Dan Langkah-Langkahnya Untuk Memecahkan Masalah

Metode Ilmiah Dan Langkah-Langkahnya Untuk Memecahkan Masalah
6/27/2018
Metode ilmiah  ialah suatu cara untuk memecahkan kasus dengan memakai langkah-langkah ilmiah. Dalam ilmu sains, metode ilmiah ialah hal mutlak yang harus dipakai dalam menuntaskan kasus atau menjawaban persoalan-persoalan yang belum terpecahkan. Kita tidak sanggup dengan serta merta menyimpulkan sesuatu tanpa disertai dengan fakta yang mendukung kesimpulan tersebut. 

Untuk memperoleh kebenaran yang ilmiah, maka metode ilmiah menjadi salah satu cara yang harus diperhatikan. Metode ilmiah intinya berawal dari adanya permasalahan yang kemudian melalui beberapa tahapan ilmiah, dicoba untuk diselesaikan. 

Berikut langkah-langkah metode ilmiah :
  1. Menemukan kasus dan merumuskannya
    Menemukan dan merumuskan kasus ialah tahapan awal dalam metode ilmiah. Umumnya, kasus sanggup ditemukan dengan mengajukan pertanyaan apa, mengapa, bagaimana, kapan, siapa, dan dimana.
  2. Mengumpulkan fakta
    Sesudah kasus yang ada dirumuskan, selanjutnya perlu dilakukan pengumpulan data dan fakta yang berkaitan dengan kasus sebagai langkah awal untuk mengkaji permasalahan tersebut lebih dalam.

    Pengumpulan data dan fakta sanggup dilakukan dengan pengamatan atau observasi eksklusif atau dengan merujuk kepada sumber rujukan tertentu.

    Baca juga : Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup.
     
  3. Menyusun data yang terkumpul
    Tahapan ini ialah tahapan yang cukup penting alasannya yakni penyusunan data yang sudah terkumpul akan sangat memmenolong dalam melihat hubungan-hubungan yang terdapat dalam variabel-variabel kasus sehingga kita sanggup mengajukan dugaan sementara.
  4. Mengajukan hipotesa
    Hipotesa atau dugaan sementara ialah titik contoh dalam melaksanakan tahapan diberikutnya. melaluiataubersamaini adanya hipotesa, percobaan yang akan dilakukan akan lebih terarah dan spesifik.
  5. Melakukan percobaan/penelitian
    Percobaan atau penelitian dilakukan untuk menguji kebenaran hipotesis yang sudah kita ajukan. Dalam melaksanakan penelitian, kita juga harus mengikuti aturan-aturan ilmiah semoga hasil yang kita peroleh sanggup dipertanggungjawabankan.

    Baca juga : Jenis-jenis, Sumber dan Fungsi Vitamin.
     
  6. Menganalisis data
    Data yang diperoleh penelitian selanjutnya akan dianalisis untuk difahami dan dicari kekerabatan logikanya. melaluiataubersamaini analisis data, kita sanggup menarikdanunik kesimpulan yang bersesuaian dengan tujuan dan hipotesa.
  7. Menarik kesimpulan
    Kesimpulan yang kita peroleh sanggup berupa teori, konsep, atau hukum.

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404