BLANTERVIO103

Cara Semoga Dokumen Word Tidak Dapat Dicopy Atau Diedit

Cara Semoga Dokumen Word Tidak Dapat Dicopy Atau Diedit
6/21/2018
Di kala modern yang serba digital menyerupai kini ini, tersebarnya warta sanggup berlangsung dalam waktu yang sangat singkat. Berbagai warta menarikdanunik sanggup kita temukan dengan cukup praktis dengan memakai banyak sekali media.

Perkembangan yang serupa juga terlihat dalam dunia pendidikan di mana sistem pembelajaran sudah mulai berbasis internet. Ada kalanya seorang anakdidik ditugaskan untuk mengirim kiprah via email atau mempunyai projek yang pada alhasil memungkinkan terjadinya acara menggandakan atau plagiat.

Beberapa orang oke bila acara copy paste sangat merugikan sebagian pihak yang sudah bekerja keras untuk membuat suatu data atau informasi. Mungkin sebagian dari kita pernah merasa ragu untuk memposting suatu warta menyerupai tugas, karya ilmiah, dan lain sebagainya alasannya yaitu takut data tersebut akan disalahgunakan. Apalagi, seringkali pelaku plagiat tidak menyertakan sumber sebagai bentuk apresiasi kepada penulis.

Ketika kita memakai MS Word sebagai media dalam mengerjakan suatu kiprah atau projek dan harus dishare dalam bentuk itu, maka kita sanggup melaksanakan antisipasi awal supaya file yang kita upload dan dibaca oleh banyak orang tidak sanggup dicopy ataupun diedit.

melaluiataubersamaini menonaktifkan fungsi copy dan edit dalam MS Word khusus untuk file yang diproteksi, maka kita sanggup melindungi wangsit atau gagasan hasil kerja keras kita. Meskipun orang-orang yang memang berniat tidak baik masih sanggup mengcopy warta dengan cara mengetik ulang secara manual, setidaknya cara ini layak untuk dicoba.

Berikut ini cara supaya dokumen word tidak sanggup dicopy dan/atau diedit. Teknik di bawah ini memakai MS Word 2013, namun intinya sanggup diterapkan untuk versi di bawahnya alasannya yaitu spesialuntuk terdapat sedikit perbedaan saja.

Teknik Mengunci Dokumen MS Word Agar tidak Bisa Dicopy

  1. Buka file atau dokumen word yang ingin diproteksi
  2. Pilih hidangan review
  3. Klik Protect Document > Restrict Formatting and Editing.


  4. Sesudah task pgua gres terbuka menyerupai gambar di bawah ini, pada bab editing restrictions centang Allow only this type of editing in the document: kemudian pilih Filling in forms > Yes, Start Enforcing Protection.


  5. Masukkan dan konfirm password dan klik ok.


Catatan :
Sebaiknya anda mengingat password yang anda gunakan supaya sanggup mengedit dokumen tersebut suatu hari dikala dibutuhkan. Untuk mengedit dokumen yang kita proteksi, buka dokumen tersebut kemudian klik tombol Stop Protection yang berada di sebelah kanan bawah file. Masukkan password anda supaya file sanggup diedit kembali.

Demikianlah cara supaya dokumen word tidak sanggup dicopy ataupun diedit, semoga bermanfaa.

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404