BLANTERVIO103

Memahami Aturan Newton Dan Penerapannya

Memahami Aturan Newton Dan Penerapannya
6/27/2018

Hukum Newton Tentang Gerak

Hukum Newton yang menganalisis wacana gerak terdiri dari 3 cuilan yaitu :
  1. Hukum I Newton
  2. Hukum Newton yang pertama disebut juga aturan kelembaman. Menurut aturan ini, benda yang membisu akan tetap membisu dan benda yang bergerak akan tetap bergerak lurus beraturan selama tidak ada gaya luar yang mempengaruhinya.
     
    Karena tidak ada gaya yang bekerja dari luar, maka percepatan benda sama dengan nol. Jika percepatan benda sama dengan nol atau benda tidak mengalami percepatan, maka benda tidak mengalami perubahan kecepatan.

    Itu artinya, kalau benda bergerak dengan kecepatan v, maka akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap sebesar v. Begitupula saat benda membisu atau tidak mempunyai kecepatan, maka benda akan tetap diam.

    melaluiataubersamaini kata lain Hukum I Newton berlaku untuk benda membisu dan benda bergerak lurus beraturan. Konsep ini harus kita ingat sebab dipakai dalam banyak sekali topik fisika lainnya ibarat usaha, momentum, dinamika partikel, dan kesetimbangan benda tegar.

    Ketika didiberikan soal, maka akan sangat penting bagi kita untuk mengetahui aturan Newton manakah yang berlaku pada soal tersebut. Jika keliru, maka tentu perhitungan yang kita peroleh juga akan keliru.

    misal soal
    1. Tentukan besar gaya normal yang dikerjakan lantai pada benda ibarat gambar bila massa benda 10 kg. Pembahasan>>
    2. Tentukan besar gaya normal yang dikerjakan lantai pada benda ibarat gambar dengan massa benda 5 kg. Pembahasan>>
    3. Pada gambar diketahui massa benda 2 kg. Hitunglah gaya normal yang dilakukan dinding pada benda. Pembahasan>>

  3. Hukum II Newton
  4. Hukum Newton yang kedua menyatakan bahwa percepatan gerak yang dialami benda adalah hasil bagi antara resultan gaya yang terkena benda tersebut dengan massa total.


    misal soal :
    Sebuah benda bermassa 5 kg terletak di atas lantai. Bila benda ditarik oleh gaya sebesar 20 N searah bidang mendatar dan gaya tabrakan yang menghambat gerak benda sebesar 2 N, hitunglah resultan gaya yang bekerja pada benda dan percepatan yang dialami benda. Pembahasan>>

  5. Hukum III Newton
  6. Hukum Newton ketiga menyatakan bahwa suatu benda yang dikenai gaya akan mempersembahkan gaya reaksi dengan besar yang sama namun arahnya berlawanan.

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404