BLANTERVIO103

Faktor-Faktor Eksternal Yang Mensugesti Pertumbuhan

Faktor-Faktor Eksternal Yang Mensugesti Pertumbuhan
10/19/2018
.com - Faktor-faktor Pertumbuhan. Secara garis besar, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu faktor internal yang berasal dari dalam tumbuhan (gen dan hormon) dan faktor eksternal yang ialah faktor dari luar tumbuhan. Faktor eksternal mempunyai tugas yang besar terhadap pertumbuhan suatu tanaman. Jika faktor-faktor eksternal tidak dalam kondisi yang seharusnya, maka pertumbuhan tumbuhan akan terganggu sekalipun tumbuhan tersebut mempunyai gen dan hormon yang baik. Untuk materi pertumbuhan dan perkembangan, biasanya anakdidik akan diminta untuk melaksanakan pengamatan tentang efek faktor lingkungan terhadap pertumbuhan kecambah.

Percobaan sederhana yang dilakukan dengan beberapa perlakuan tersebut bertujuan untuk melihat bagaimana efek kadar air, cahaya, suhu, dan nutrisi terhadap tumbuh kembang kecambah. Jika pengamatan dilakukan dengan benar, maka akan terperinci terlihat pengaruhnya.

Tumbuhan yang menerima pasokan nutrisi yang cukup akan tidak sama pertumbuhannya dengan tumbuhan yang belum sempurnanya nutrisi. Tanaman jagung pada gambar di bawah ialah tumbuhan jagung madu yang belum sempurnanya nutrisi lantaran tidak dipupuk sama sekali.

Kurangnya nutrisi menjadikan batang tumbuhan tidak besar menyerupai biasanya. Buah yang dihasilkan pun tidak besar menyerupai yang diharapkan.

Ukuran buah yang sudah renta kebanyakan terlihat menyerupai jagung muda yang masih janten padahal sudah siap untuk dipguan. Kalau sudah menyerupai itu, dijual ke pamasukan pun tidak akan laris lantaran kalah bersaing dengan jagung yang sehat.

Faktor-faktor Luar

Faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan mencakup air, kelembaban, suhu, cahaya, udara, pH, dan nutrisi. Berikut klarifikasi singkat terkena efek masing-masing faktor tersebut.

#1 Air
Pada masa pertumbuhan primer, hal terpenting yang dibutuhkan tumbuhan ialah medium tumbuh yang bisa menyerap air dengan baik. Hal itu lantaran pada masa pertumbuhan primer, biji membutuhkan pasokan air yang cukup biar sanggup bertunas.

Air ialah komponen yang sangat penting. Air menjadi syarat mutlak bagi makhluk hidup untuk bertahan hidup. Kandungan air di dalam media tumbuh akan memacu kerja enzim pertumbuhan dan menjaga tekanan turgor dinding sel.

Berikut beberapa fungsi air yang sangat penting bagi pertumbuhan tumbuhan :
  • Sebagai pemacu proses imbibisi dan memacu acara hormon giberelin.
  • Sebagai reagen pada hidrolisis cadangan masakan dalam biji
  • Sebagai salah satu penentu laju fotosontesis
  • Sebagai medium untuk mengedarkan hasil fotosintesis 
  • Sebagai penentu proses transportasi garam-garam mineral yang ada di tanah
  • Sebagai pelarut universal dalam proses pertumbuhan dan perkembangan

Begitulah besar efek air terhadap pertumbuhan. Maka tak heran jikalau tumbuhan di kebun terlihat layu di pagi hari jikalau tidak disiram dalam waktu yang cukup lama, tidak sama dengan tumbuhan yang menerima pasokan air cukup.

#2 Kelembapan
Kelembapan masih bekerjasama dengan air. Kelembapan ialah kandungan total uap air di udara. Agar tumbuhan sanggup tumbuh dengan baik, maka diharapkan kelembapan yang tinggi dan tidak banyak terjadi penguapan sehingga ketersediaan air di sekitar tumbuhan tetap terjaga. Jika di sekitar tumbuhan tersedia air yang cukup, maka tumbuhan sanggup menyerap air dalam jumlah yang cukup pula.

#3 Nutrisi
Sama menyerupai air, ketersediaan nutrisi juga sangat penting bagi pertumbuhan. Jika kebutuhan tumbuhan akan nutrisi tidak terpenuhi maka pertumbuhan tumbuhan akan mengalami gangguan sekalipun tumbuhan menerima pasokan air yang cukup.

faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan dibagi menjadi dua kelompok FAKTOR-FAKTOR EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN

Nutrisi yang dibutuhkan tumbuhan dalam jumlah banyak disebut unsur makro. Sebaliknya, nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit disebut unsur mikro. Unsur makro yang dibutuhkan oleh tumbuhan antara lain karbon, oksigen, hidrogen, nitrogen, sulfur, kalium, kalsium, posfor, dan magnesium. Unsur yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit contohnya besi, mangan, tembaga, seng, dan klor.

Nutrisi berupa garam mineral begitu penting bagi pertumbuhan lantaran materi baku nutrisi akan dipakai untuk melaksanakan tiruana aktivitas. Jika tumbuhan belum sempurnanya salah satu unsur atau komponen materi masakan yang dibutuhkannya, maka tumbuhan akan mengalami defisiensi dan kelainan.

#4 Cahaya
sepertiyang yang kita tahu, fotosintesis ialah proses dasar pada tumbuhan untuk menghasilkan makanan. Makanan itulah yang kemudian disebarkan ke seluruh badan untuk mendukung pertumbuhan. Lalu mengapa cahaya begitu penting bagi pertumbuhan? Sebab cahayalah yang sangat kuat dalam memilih proses fotosintesis tumbuhan.

Meski penting, kebutuhan tumbuhan akan cahaya tentu ada batasannya. Paparan cahaya matahari eksklusif umumnya sangat menghambat pertumbuhan lantaran intensitas cahaya yang terlalu tinggi menjadikan penguapan air dalam jumlah yang banyak sehingga mengurangi pasokan air dalam tanah. Selain itu, cahaya juga menghambat kerja hormon auksin yang penting bagi pertumbuhan.

Beberapa pengamatan ilmuwan terkena efek cahaya terhadap pertumbuhan antara lain hasil pengamatan Charles Darwin yang menyimpulkan bahwa pertumbuhan batang selalu mengarah pada sumber cahaya dan jikalau spesialuntuk satu sisi saja yang disinari, maka batang tumbuhan tersebut akan membengkok.

Sementara Boysen-Jensen menuturkan bahwa materi kimia yang dihasilkan di kawasan pemantidakboleh akan menurun jikalau terkena cahaya kuat dan berpindah ke sisi yang kurang terkena cahaya.

#5 Suhu
Salah satu faktor yang mempengaruhi kerja enzim pertumbuhan ialah suhu. Seperti yang kita tahu, enzim bekerja secara spesifik dan spesialuntuk bekerja dengan optimal pada suhu tertentu saja. Oleh lantaran itu, perubahan suhu yang ekstrem akan menghambat acara metabolisme yang sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Sama menyerupai banyaknya intensiyas cahaya, untuk pertumbuhan primer, tumbuhan lebih membutuhkan suhu yang relatif rendah dengan tingkat kelembapan yang tinggi sehingga jumlah air juga relatif cukup. Itu sebabnya jikalau hendak menanam suatu tumbuhan maka usahakanlah tumbuhan tersebut berada di tempat yang sejuk sebelum dipindahkan ke tempat yang gerah.

#6 Udara
Oksigen ialah salah satu unsur penting yang dibutuhkan oleh tumbuhan dalam jumlah yang banyak. Gas-gas di udara terutama oksigen sangat pening peranannya bagi pertumbuhan tumbuhan lantaran unsur tersebut dipakai sebagai materi pelengkap dalam respirasi.

#7 Derajat Keasaman
Derajat keasaman (pH) tanah juga kuat terhadap pertumbuhan tanaman. Sebagai media untuk tumbuh, tanah yang bersifat asam tidak elok untu pertumbuhan tanaman. Jika tanah mempunyai pH yang bersifat asam, maka pH nya harus diturunkan dengan cara pengapuran.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404