BLANTERVIO103

Menentukan Jenis Kertas Yang Baik Untuk Menggambar

Menentukan Jenis Kertas Yang Baik Untuk Menggambar
10/25/2018
Menentukan jenis pensil dan kertas ialah langkah awal yang harus anda lakukan ketika anda tetapkan untuk menggambar sesuatu dengan memakai pensil. Untuk menghasilkan suatu karya yang indah dan mempunyai nilai estetika tinggi, selain keahlian, ketepatan jenis kertas yang anda gunakan juga sangat berpengaruh.

Idealnya, para pelukis profesional memakai jenis kertas yang memang umum dipakai untuk menghasilkan karya profesional menyerupai Canson dan Febriano. Tentu alasan mereka memakai produk tersebut bukan semata-mata sebab kertas tersebut terkenal di kalangan mereka, tetapi sebab memang kertas tersebut mempunyai standar kualitas yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jenis Kertas yang Baik

Pada dasarnya, sebab menggambar dengan pensil cenderung melibatkan tekanan dan ukiran yang berulang-ulang, maka jenis kertas yang diharapkan yaitu kertas yang tidak terlalu tipis dan kuat. Selain itu, anda membutuhkan jenis kertas yang tidak terlalu licin tapi juga tidak kasar.

Kertas yang baik yaitu kertas yang bisa menyerap warna pensil secara merata dan tidak mudah terkelupas ketika dihapus. Anda harus berhati-hati sebab beberapa kertas terkadang tidak sanggup menonjolkan warna sehingga anda akan kesusahan dalam proses shading.

Selain itu sebagian kertas juga terkadang tidak kuat sehingga ketika anda menghapus belahan yang salah, partikel-partikel kertas ikut terkelupas dan gambar menjadi rusak.

Hal yang paling penting bergotong-royong yaitu kejelian anda dalam menentukan kertas sebelum membelinya. Perhatikan spesifikasi kertas tersebut sesuai tidak dengan alat yang anda gunakan.

Jangan hingga anda membeli kertas yang diperuntukkan untuk tujuan lain contohnya jenis kertas yang khusus untuk cat pastel oil padahal anda akan menggambar memakai pensil.

Source : dokumen pribadi.
Untuk melukis dengan pensil, biasanya dipakai kertas yang beratnya sekitar 200g/m2. Kertas jenis ini biasanya cenderung kuat, kokoh, dan keras sehingga sangat cocok untuk menggambar dengan pensil.

Menentukan Ukuran Kertas

Jika anda yaitu tipe orang yang suka menggambar dengan peralatan mudah dan flexibel dari segi lokasi, maka anda juga harus menyesuaikan ukuran kertas yang anda gunakan.

Pada diagram di bawah anda sanggup melihat bagaimana hubungan antara masing-masing ukuran kertas. Perhatikan bahwa semakin besar angka di depan karakter A maka semakin kecil ukurannya.

Kertas dengan ukuran A5 yaitu yang paling kecil. Jenis kertas ini umum dipakai oleh seorang pengiklan lepas. Selanjutnya ada kertas A4 yang dua kali lebih besar dari A5.

Kertas ini ialah salah satu kertas yang paling sering dipakai untuk mencetak tugas, majalah, paper, dan lain sebagainya. Di atas A4 ada A3 yang biasanya dipakai dalam buku gambar.

Selain ukuran di atas, buku skema juga tersedia dengan ukuran F6. Untuk tahap mencar ilmu kami masukankan anda memakai kertas ukuran A4 atau A3.

Diagram di bawah ini ialah citra bagi anda terkena ukuran kertas yang tersedia di pamasukan.


Demikianlah tips menentukan jenis kertas yang baik untuk menggambar memakai pensil. Jika berdasarkan anda artikel ini bermanfaa, maka bagikanlah kepada kawan-kawan anda di social media. Terimakasih.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404