BLANTERVIO103

Fakta Unik Lumba-Lumba Berenang Dengan Cepat Berkat Lemak

Fakta Unik Lumba-Lumba Berenang Dengan Cepat Berkat Lemak
10/26/2018
Mengapa sebuntut lumba-lumba sanggup berenang dengan cepat? Pernahkah pertanyaan tersebut terlintas di benak anda? Jika ya, mungkin ada ingin menyimak penjelasannya di sini. Banyak para ilmuwan yang merasa heran wacana bagaimana sebuntut lumba-lumba sanggup berenang dengan kecepatan mendekati 40 kilometer per jam. Hal yang membuat mereka galau yaitu fakat bahwa lumba-lumba tidak mempunyai banyak otot dalam tubuhnya. Jika tidak mempunyai banyak otot, kemudian bagaimana mereka sanggup berenang dengan kecepatan mirip itu? Para ilmuwan yang melaksanakan penelitian kesudahannya menemukan diam-diam di balik fenomena itu.

Source : doukumen pribadi

Keunikan Lemak Lumba-lumba

Lumba-lumba ialah mamalia laut yang cerdas. Sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Lumba-lumba mempunyai sifat unik yang ramah dan berteman dekat. Anda mungkin pernah mendengar bahwa lumba-lumba diceritakan suka menolong insan yang kebetulan tersesat atau terombang-ambing di tengah laut, biasanya lumba-lumba menolong dan membimbing menuju perairan. Lumba-lumba serint terlihat berenang dengan santai namun juga sanggup berlomba dengan sebuah kapal. Hal itu mengatakan bahwa lumba-lumba sanggup berenang dengan cepat.

Sebagian ilmuwan percaya bahwa diam-diam utama kecepatan lumba-lumba terletak pada karakteristik kulitnya yang licin dan halus. Sifat kulit mereka memungkinkan mereka untuk meluncur dalam air dan berenang dengan cepat. Karakter kulit lumba-lumba membuat mereka sanggup berenang dengan sedikit kendala air. Bila kendala yang didiberikan air menjadi terminimalisir, tentu lumba-lumba akan berenang jauh lebih gampang. Hal ini sanggup kita analogikan dengan gerak sebuah benda di atas bidang miring yang licin. Benda akan cenderung lebih simpel meluncur di bidang miring licin alasannya gaya gesekannya sangat kecil dan seringkali ditiadakan dalam perhitungan.

Para ilmuwan juga mengungkapkan bahwa diam-diam kecepatan lumba-lumba terletak pada lemak mereka, senyawa kompleks di bawah kulit yang juga dimiliki lumba-lumba hidung pesek, paus, dan beberapa hewan maritim lainnya. Menurut New World Encyclopedia, Lemak mamalia maritim ialah lapisan tebal dan padat berupa jaenteng-jaenteng ikat yang sangat rapi dan mengandung banyak sel lemak. Lemak tersebut menutupi hampir seluruh badan lumba-lumba. Lemak lumba-lumba menyatu dengan otot dan rangka melalui rangkaian urat dan ligamen yang ibarat kipas. Rangkaian tersebut terdiri dari serat yang elastis dan kolagen.

Lalu bagaimana lemak memmenolong lumba-lumba berenang?
Salah satu alasan mengapa keunikan lemak yang dimiliki lumba-lumba sanggup memmenolong mereka berenang dengan cepat yaitu lemak membuat bentuk badan meeka menjadi lebih simpel menembus air. Selain itu, lemak antara buntut dan sirip punggung mereka saling menyilang dengan susunan kolagen yang sangat padat. Rangkaian tersebut disempurnakan dengan serat yang elastis sehingga membuat buntut lumba-lumba menjadi elastis dan bisa menyimpan energi mekanis. Ketika otot menggerakkan buntut ke satu arah, maka lemaknya akan menarikdanunik mereka ke arah yang berlawanan mirip per, sehingga daya dorong mereka semakin besar. Hal itu juga terbukit menghemat energi.

Aplikasi Keunikan Lumba-lumba

Keunikan lumba-lumba yang menguntungkan, pintar balig cukup akal ini sudah banyak diaplikasikan dalam kehidupan. Salah satu aplikasinya yaitu desain baju renang yang dirancang khusus semoga mirip dengan karakteristik kulit lumba-lumba dengan tujuan semoga para perenang sanggup berenang lebih cepat. Keunikan lumba-lumba juga diaplikasikan dalam hal rekacipta kapal. Keunikan bentuk muncung lumba-lumba menjadi ilham desain kapal untuk membuat kapal yang sanggup bergerak lebih cepat. Selain itu, para perancang juga terus berusaha untuk menerapkan prinsip lemak lumba-lumba semoga sanggup meningkatkan efisiensi kapal maritim dan alat-alat penggeraknya.

Demikianlah artikel wacana lumba-lumba. Apakah berdasarkan anda artikel ini menarikdanunik dan bermanfaa? Jika ya, maka bagikanlah kepada mitra anda di media sosial. Terimakasih.

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404