BLANTERVIO103

Pengaruh Katalis Terhadap Laju Reaksi

Pengaruh Katalis Terhadap Laju Reaksi
10/11/2018
Salah satu cara yang sanggup dilakukan untuk mempercepat laju reaksi ialah dengan menambahkan katalis. Penambahan zat yang beperan sebagai katalis memungkinkan suatu reaksi berlangsung meskipun dengan pasokan energi yang kecil. Lalu, bagaimana cara kerja katalis dalam mempercepat reaksi kimia? Apa relasi antara katalis dengan laju reaksi? Untuk menjawaban pertanyaan tersebut ada baiknya jikalau kita mengetahui defenisi dan jenis katalis terlebih lampau. Kita juga akan melihat grafik perbandingan antara reaksi yang memakai katalis dengan reaksi yang tidak memakai katalis.

Pengertian Katalis dan Jenisnya

Katalis ialah zat yang sanggup mempercepat laju reaksi tanpa mengalami perubahan kimia secara permguan, sehingga di selesai reaksi zat tersebut sanggup diperoleh kembali. Pernyataan bahwa katalis tidak ikut bereaksi bersama-sama kurang sempurna alasannya pada kenyataannya katalis ikut serta dalam proses reaksi tetapi tidak mempengaruhi hasil akhirnya.

Jadi, penting untuk diingat bahwa katalis berperan meningkatkan laju reaksi tetapi pada selesai reaksi katalis tetap ibarat keadaan awalnya. Karena itulah katalis seolah-olah tidak ikut bereaksi. Proses menaikkan laju reaksi dengan cara menambahkan katalis disebut proses katalisis. Berdasarkan fasenya, katalis dibedakan menjadi dua jenis, yaitu katalis sejenis dan katalis heterogen.

#1 Katalis Homogen
Katalis sejenis ialah katalis yang satu fase dengan zat yang dikatalisis. Katalis sejenis sering disebut sebagai pembentuk senyawa antara. Katalis sejenis umumnya bereaksi dengan satu atau lebih pereaksi untuk membentuk suatu mediator kimia yang bereaksi dan membentuk produk akhir, dalam suatu proses yang memulihkan katalis itu sendiri.

#2 Katalis Heterogen
Katalis heterogen ialah katalis yang tidak satu fase dengan zat-zat reaktan. Katalis tersebut mempunyai fase yang tidak sama dengan zat pereaksi dalam reaksi yang dikatalisis. Katalis heterogen biasanya dipakai biasanya dipakai pada suhu dan tekanan yang tinggi. Katalis ini umumnya berupa zat padat yang terdiri dari logam dan oksida logam.

Berdasarkan cara bereaksinya katalis sanggup dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
#1 Katalis Aktif
Katalis aktif ialah katalis yang ikut terlibat pribadi dalam reaksi dan pada selesai reaksi katalis tersebut terbentuk kembali ibarat awalnya.

#2 Katalis pasif
Katalis pasif ialah katalis yang tidak terlibat pribadi dalam reaksi melainkan spesialuntuk sebagai media reaksi saja dan akan tetap terbentuk pada selesai reaksi.

Pengaruh Katalis Terhadap Laju Reaksi

Katalis sanggup dipakai untuk meningkatkan laju reaksi alasannya zat tersebut sanggup menurunkan energi aktivasi. Untuk klarifikasi terkena energi aktivasi, engkau sanggup membaca artikel Hubungan Antara Energi Aktivasi terhadap Laju Reaksi.

Katalis sanggup menurunkan energi aktivasi sistem tetapi tidak mengubah energi orisinil dari suatu reaktan atau produk. Karena itulah reaksi sanggup berlangsung meskipun energi orisinil suatu reaktan tidak melampaui energi aktivasinya. Reaksi sanggup berlangsung alasannya energi aktivasi turun tanggapan penambahan katalis sehingga energi orisinil reaktan lebih besar daripada energi aktivasi.

melaluiataubersamaini kata lain, imbas katalis terhadap laju reaksi terletak pada kiprahnya dalam mengurangi energi aktivasi. Katalis sanggup memperkecil energi aktivasi sehingga banyak partikel yang mempunyai energi kinetik lebih besar daripada energi aktivasi dan reaksipun berlangsung lebih cepat.

Katalis memungkinkan berlangsungnya reaksi dengan lebih cepat dan pada suhu yang relatif rendah alasannya katalis memicu perubahan terhadap pereaksi. Katalis menyediakan suatu jalur pilihan dengan energi aktivasi yang lebih rendah sehingga dengan pasokan energi yang rendah, reaksi tetap sanggup berlangsung lebih cepat.

Prinsip kerja katalis ialah dengan cara membentuk senyawa antara atau mengabsorpsi zat yang direaksikan. melaluiataubersamaini cara tersebut, katalis sanggup meningkatkan laju reaksi tanpa mengalami perubahan kimia secara permguan. Untuk itu, katalis melekat pada bab substrat tertentu dan pada alhasil sanggup menurunkan energi pengaktifan dari reaksi, sehingga reaksi berlangsung dengan cepat.

Berikut grafik perbandingan antara reaksi yang memakai katalis dengan reaksi yang tidak memakai katalis.

Salah satu cara yang sanggup dilakukan untuk mempercepat laju reaksi ialah dengan menambahk Pengaruh Katalis Terhadap Laju Reaksi

Pada gambar di atas terang terlihat bahwa proses reaksi pada reaksi yang memakai katalis menjadi tidak sama dengan reaksi yang tidak memakai katalis. Energi aktivasi pada reaksi yang memakai enzim juga lebih rendah.

melaluiataubersamaini demikian sanggup kita simpulkan satu konsep penting yang sanggup membuktikan imbas katalis terhadap laju reaksi yaitu katalis menurunkan energi aktivasi suatu reaksi dengan cara membentuk tahap-tahap reaksi yang baru.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404