BLANTERVIO103

Cara Memilih Jenis Grafik Yang Sesuai Dengan Data

Cara Memilih Jenis Grafik Yang Sesuai Dengan Data
10/26/2018
Seorang mitra bertanya kepada admin mengapa grafik yang beliau buat memakai MS Excel tidak sesuai dengan bentuk yang diharapkan. Sesudah diperiksa, ternyata beliau mengunakan jenis grafik yang salah sehingga grafik yang ditampilkan tidak sama dengan model yang sudah beliau rencanakan. Hal ini terang mengatakan bahwa  menentukan jenis grafik yang sesuai dengan data yang kita miliki sangatlah penting.

Agar warta yang ingin disampaikan sanggup difahami dengan praktis tentu harus dipakai jenis grafik yang tepat. Sebagai contoh, dikala kita hendak melihat persentase dari suatu kumpulan data, maka jenis grafik yang sempurna yakni pie chart alasannya yakni menunjukkan dengan terang luasan kawasan atau juring untuk masing-masing kategori. 

Menentukan Jenis Grafik Berdasarkan Tujuan

Pada dasarnya, tujuan kita mengubah data menjadi grafik yakni untuk melihat beberapa hal dari data-data tersebut. Berikut lima hal yang paling sering menjadi tujuan dari pembuatan grafik yaitu :

Hubungan
Pada poin ini, tujuan dari pembuatan grafik yakni untuk mengatakan kekerabatan atau kekerabatan antara dua variabel atau lebih melalui data yang disajikan. Untuk tujuan ini, maka jenis grafik yang cocok yakni scatter chart dan line chart. Biasanya yang dipakai yakni scatter plot atau bubble chart.

Perbandingan
Jika tujuan pembuatan grafik yakni untuk membandingkan satu set data dengan data yang lain. Perbandingan tetapkan satu set variabel terpisah dari yang lain, dan menampilkan bagaimana dua variabel diberinteraksi. untuk tujuan ini, maka jenis grafik yang sanggup dipakai yakni Bar charts, Column Charts, Scatter Charts, Pie Charts, dan Line Charts.

Komposisi
Jika kita mencoba untuk mengumpulkan banyak sekali jenis warta yang membentuk keseluruhan dan menampilkan mereka bersama-sama, maka jenis grafik yang sanggup kita gunakan yakni combo charts. Kita sanggup mengkombinasikan dua jenis grafik dan yang umum dikombinasikan yakni Scatter charts dan Column charts.

Distribusi
Grafik distribusi mencoba untuk menampilkan kumpulan warta terkait atau tidak terkait untuk melihat apakah ada interaksi antara variabel. Tujuan kita yakni untuk mengatakan distribusi dari serangkaian nilai. Jenis grafik yang sanggup kita gunakan yakni Column Charts, Scatter Plots, Line charts dan Box Plots.

Tren dari waktu ke waktu
Untuk mengatakan tren dari waktu ke waktu menurut beberapa variabel, maka jenis grafik yang sanggup kita gunakan yakni Column charts dan Line charts.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404