BLANTERVIO103

Pengertian Dan Jenis-Jenis Seni Rupa (Murni Dan Terapan)

Pengertian Dan Jenis-Jenis Seni Rupa (Murni Dan Terapan)
10/27/2018
Seni rupa ialah cabang seni menghasilkan karya yang sanggup ditangkap oleh mata dan sanggup dirasakan dengan rabaan. Karya seni rupa tercipta dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan imbas pencahayaan dengan pola estetika. Seni rupa terdiri dari banyak sekali jenis tergantung pada sudut pandang tinjauannya.

Jika dilihat dari segi wujud dan bentuknya, maka seni rupa terdiri dari dua jenis yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi. Berdasarkan fungsinya, seni rupa terdiri dari dua jenis yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Seni rupa murni yaitu seni yang diciptakan semata-mata untuk dinikmati keindahannya dan seringkali sebagai kepuasan batin pembuatnya. melaluiataubersamaini kata lain, seni rupa murni lebih mengutamankan nilai estetika daripada nilai guna.

Seni rupa murni diciptakan tanpa mempertimbangkan fungsinya oleh sebab itu karya seni rupa murni cenderung lebih bebas dan mempunyai nilai estetika yang tinggi contohnya lukisan dan kaligrafi. Tentu saja duduk perkara estetika yaitu suatu hal yang relatif.

Seni Rupa Terapan

Berbeda dengan seni rupa murni, seni rupa terapan lebih memperhatikan fungsinya. Seni rupa terapan ialah seni yang diciptakan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Meski tidak terlalu memperhatikan nilai estetika dan mengutamakan nilai guna, seni terapan pada umumnya mempunyai keindahan yang tidak kalah dari seni rupa murni.

Karena seni terapan mengutamakan nilai guna, maka seniman cenderung tidak bebas untuk mengekspresikan diri. Meski demikian, pembuatan karya seni terapan harus memperhatikan beberapa faktor yaitu keamanan, kenyamanan, nilai guna, dan juga estetika.

misal karya seni rupa terapan yang umum kita lihat yaitu seni kriya, desain arsitektur, dan lain sebagainya. Berikut dua contoh seni rupa terapan.
  1. Seni arsitektur
    Desain arsitektur atau bangunan ialah seni rupa terapan yang sangat mengutamakan nilai guna. Pada dasarnya seni bangunan ialah cuilan dari seni rupa, tetapi sebab kekhususan yang dimilikinya seringkali seni bangunan dikelompokan tersendiri dalam seni arsitektur.

    Indonesia mempunyai warisan peninggalan karya seni bangunan yang sangat banyak jumlah dan macamnya dan tersebar dari Sabang hingga Merauke. Bentuk-bentuk bangunan tersebut dibentuk menurut inspirasi atau gagasan yang bersumber dari kebudayaannya masing-masing.

  2. Seni kria
    Seni kria ialah seni rupa terapan yang tercipta sebagai hasil kebudayaan fisik yang lahir sebab adanya tantangan dari lingkungan dan diri kriawan.

    Seni kria diartikan sebagai hasil daya cipta insan melalui keterampilan tangan untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan rohaninya, serta umumnya dibentuk dari bahan-bahan alam. Syarat pembuatan seni kria terdiri atas aspek kenyamanan, keluwesan dan keamanan serta keindahan.

    Karya seni kria mempunyai karakteristik tersendiri yang dipengaruhi oleh keterampilan dan kreativitas kriawan, materi, alat, fungsi dan metode penciptaanya. Aspek-aspek tersebut saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

    Hasil-hasil utama seni kria Indonesia terdiri atas kria tekstil dan serat mencakup batik dan tenun, anyaman serta tumbuhan, kria bambu, kria gerabah dan tembikar (keramik) kria kayu, logam, kulit, beling dan lain sebagainya.

Seni Rupa Murni

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, seni rupa murni cenderung mengutamakan nilai estetikanya. Akan tetapi, intinya seni rupa murni juga berkhasiat dari segi hiburan yang mengutamakan keindahan.

Sumber : Dokumen pribadi

Berikut beberapa contoh seni rupa murni.
  1. Lukisan 
    Lukisan ialah seni rupa murni dua dimensi yang dituangkan dalam media lukis (kanvas, kertas, dls) dengan memakai alat lukis menyerupai cat, pensil, dan lain sebagainya.

    Sumber : dokumen pribadi
    Lukisan ialah salah satu karya seni rupa yang mempunyai nilai jual tinggi sebab nilai estetikanya. Tidak jarang kolektor lukisan rela mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit spesialuntuk untuk mempunyai sebuah lukisan yang menarikdanunik perhatiannya.

  2. Patung
    Patung ialah salah satu seni rupa murni tiga dimensi yang dibentuk dengan metode tertentu bergantung pada alat dan media yang digunakan. Ummunya patung dibentuk dengan cara membentuk suatu objek dari materi menyerupai kerikil alam, tanah, logam, dan lain sebagainya.

    Sumber : Malangart
    Karya seni patung ialah salah satu karya seni yang banyak ditemukan di muka bumi ini. Banyaknya peninggalan-peninggalan bersejarah yang berbentuk patung menawarkan bahwa seni patung sudah ada semenjak dulu dan ialah masukana bagi seniman untuk mengekspresikan diri atau dengan tujuan tertentu.

  3. Grafis
    Konsep Grafis tidk jauh tidak sama dengan lukisan. Merupakan seni rupa dua dimensi yang memakai metode cetak baik konvensional maupun modern dengan memanfaatkan teknologi canggih. Desain grafis sanggup berupa gambar, tulisan, atau adonan keduanya.

    Share This Article :

    TAMBAHKAN KOMENTAR

    3612692724025099404