BLANTERVIO103

Pembahasan Soal Sbmptn Biologi Sistem Respirasi

Pembahasan Soal Sbmptn Biologi Sistem Respirasi
10/11/2018
Pembahasan soal SBMPTN bidang study biologi wacana sistem respirasi ini mencakup beberapa subtopik dalam belahan sistem pernapaasan yaitu alat-alat pernapasan, proses pernapasan, pertukaran oksigen dan karbondioksida, dan kelainan atau gangguan pada sistem respirasi. Dari beberapa soal yang pernah keluar dalam soal SBMPTN, modal soal wacana sistem pernapasan yang paling sering muncul antaralain mengidentifikasi organ-organ pernapasan dan melihat kekerabatan sistem pernapasan dengan sistem organ lainnya, mengidentifikasi jenis pernapasan menurut keterlibatan oksigen, mengidentifikasi ciri-ciri dan proses respirasi aerob dan respirasi anaerob, menganalisis kiprah oksigen dan karbondioksida dalam proses pernapasan, dan mengidentifikasi banyak sekali jenis gangguan atau kelainan pada sistem respirasi.

Soal 1
Sistem organ yang berkaitan eksklusif dengan sistem respirasi ialah ...
A. Otot
B. Ekskresi
C. Pencernaan
D. Sirkulasi
E. Regulasi

Pembahasan :
Sistem respirasi ialah sistem organ yang bertugas menjalankan fungsi pernapasan dan melibatkan beberapa organ pernapasan yaitu hidung, tenggrorokan, bronkus, paru-paru, dan alveolus.

Respirasi ialah proses memasukkan serta mengeluarkan udara ke dan dari dalam tubuh. Udara yang dimasukkan mengandung oksigen sedangkan udara yang dikeluarkan mengandung karbondioksida.

Oksigen dipakai untuk melaksanakan proses respirasi yaitu memecah zat-zat makanan untuk menghasilkan energi. Sedangkan karbodnioksida dan uap air akan dikeluarkan sebagai sisa metabolisme.

Berbicara terkena pertukaran oksigen dan karbondioksida, maka tidak lepas dari peranan paru-paru. Pada paru-paru terdapat pembuluh nadi paru-paru yang disebut arteri pulmonalis. Pembuluh ini dilewati oleh darah dari bilik kanan jantung menuju paru-paru.

Di dalam paru-paru, darah melepas karbondioksida dan mengikat oksigen. Pengikatan dan pengangkutan oksigen dalam badan dilakukan oleh palsma darah dan hemoglobin.

Jadi, sistem organ yang bekerjasama eksklusif dengan sistem respirasi ialah sistem sirkulasi atau peredaran darah. Karena melalui peredaran darah, oksigen dari paru-paru diangkut ke seluruh badan dan karbondioksida dari seluruh badan diangkut ke paru-paru.
Jawaban : D

Soal 2
Gangguan dalam pengangkutan oksigen ke jaenteng atau gangguan penerapan oksigen oleh jaenteng disebut ...
A. Asfiksi
B. Sinusitis
C. Rinitis
D. Bronkitis
E. Pleuritis

Pembahasan :
Asfiksi ialah gangguan pengangkutan dan penerapan oksigen oleh jaenteng alasannya alveolus terisi air contohnya akhir karam dan sebagainya.

Bronkitis, sinusitis, rinitis, dan plueritis ialah gangguan pernapasan akhir peradangan.
1. Bronkitis : peradangan pada belahan bronkus
2. Sinusitis : peradangan pada belahan atas rongga hindung
3. Rinitis : peradangan pada hidung
4. Peluritis : peradangan pada pleura

Jadi, gangguan pengangkutan dan penerapan oksigen oleh jaenteng disebut asfiksi.
Jawaban : A

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Sistem Peredaran Darah.

Soal 3
Pada waktu burung terbang, pengambilan oksigen dilakukan oleh kantong hawa.
SEBAB
Saat burung terbang, otot pektoralis minor mengangkat akup ke atas sehingga paru-paru tertekan dan udara mengalir ke kantung hawa.

Pembahasan :
Alat pernapasan burung terdiri dari lubang hidung, trakea, bronkus, dan paru-paru. Selain paru-paru, burung juga mempunyai alat menolong pernapasan beruba kantung udara.

Kantung-kantung udara berperan sebagai alat penghembus biar udara yang masuk ke paru-apru selalu segar dan berfungsi meentengkan badan burung dikala terbang.

Pada dikala burung terbang, gerakan aktif dari rongga dada tak sanggup berlangsung alasannya tulang-tulang dada dan tulang rusuk ialah awal pelekatan yang berpengaruh untuk otot-otot terbang.

Karena itu, proses ide dan ekspirasi dilakukan oleh kantung hawa. Tekniknya dengan menggerak-gerakkan akup ke atas dan ke bawah. Gerakan akup sanggup menekan dan melonggarkan kantung udara sehingga terjadi pertukaran udara di dalam paru-paru.

Jadi, pernyataan benar tapi alasannya salah alasannya udara mengalir ke paru-paru bukan ke kantung hawa.
Jawaban : C

Soal 4
Pertukaran gas pada alveoli paru-paru terjadi secara ...
A. Difusi
B. Osmosis
C. Endositosis
D. Imbibisi
E. Transfor aktif

Pembahasan :
Manusia mempunyai dua buah paru-paru yaitu paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Tiap paru-paru tersusun atas jutaan alveolus yaitu kantung udara kecil.

Dinding tipis pada alveolus megampangkan pertukaran gas krbondioksida dari kapiler darah dengan gas oksigen dari alveolus. Adanya alveolus memperluas permukaan paru-paru.

Proses pertukaran tersebut berlangsung secara difusi. Ketika karbon dioksida dari darah dalam kapiler berdifusi ke alveolus, oksigen juga berdifusi dari alveolus ke kapiler.

melaluiataubersamaini kata lain, oksigen masuk ke dalam fatwa darah dan karbondioksida keluar dari fatwa darah alasannya adanya perbedaan tekanan.
Jawab : A

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Sistem Pencernaan.

Soal 5
Dalam repirasi aerob, karbondioksida dilepaskan pada proses ...
(1). Siklus Krebs
(2). Transfor elektron
(3). Pembentukan asetil CoA
(4). Glikolisis

Pembahasan :
Tahapan respirasi sanggup dibedakan menjadi 4 tahapan, yaitu :
1. Glikolisis
2. Oksidasi piruvat
3. Siklus Krebs
4. Tranfor elektron

Dalam respirasi aerob yang melibatkan oksigen, karbondioksida dilepaskan pada proses:
1. Oksidasi piruvat
2. Sikulus Krebs

Oksidasi piruvat ialah proses pembentukan asetil CoA. Asam piruvat yang dihasilkan dari proses glikolisis dioksidasi dan menghilangkan 1 dari 3 karbon pada asam piruvat. Karbon tersebut dilepaskan dalam bentuk karbondioksida.

Asetil CoA yang terbentuk dari proses oksidasi piruvat selanjutnya memasuki tahapan siklus Krebs. Pada tahapan ini, fragmen berkarbon dua asetil CoA memasuki siklus dan 2  molekul karbondioksida dilepaskan bersama 8 elektron.
Jawaban : B

Soal 6
Paru-paru embrio insan masih belum berfungsi.
SEBAB
Embrio tumbuh anaerob di dalam rahim ibunya.

Pembahasan :
Paru-paru embrio masih kempis sehingga belum sanggup berfungsi sebagaimana fungsi paru-paru. Karena belum berfungsi, maka embrio mendapatkan oksigen melalui plasenta.
Jawaban : C

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Bioteknologi.

Soal 7
Pada respirasi aerob, oksigen berperan pada proses ...
A. Glikolisis
B. Pembentukan asetil CoA
C. Siklus Krebs
D. Transfor elektron
E. Pembentukan ATP

Pembahasan :
Respirasi aerob ialah serangkaian reaksi enzimatik yang mengubah glukosa secara tepat menjadi karbondioksida, uap air, dan energi. Reaksi sanggup terjadi secara tepat alasannya melibatkan oksigen yang cukup.

Oksigen berperan penting dalam tahapan teransfor elektron. Pada sistem elektron, oksigen berperan sebagai peserta elektron yang terakhir. Sesudah mendapatkan elektron, oksigen akan bereaksi dengan hidrogen dan membentuk uap air.
Jawaban : D

Soal 8
Gejala asidosis pada penderita pneumonia ialah manifestasi dari gangguan proses pengangkutan ...
A. Oksigen
B. Karbonmonoksida
C. Karbondioksida
D. Karbohidrat
E. Oksihemoglobin

Pembahasan :
Asidosis ialah gangguan sistem pernapasan yang ditandai dengan peningkatan kadar karbondioksida sehingga pH darah menjadi rendah.

Pneumonia ialah kondisi medis yang ditandai dengan radang paru-paru atau radang dinding alveolus akhir abses basil Diplococcus pneumoniae. Pneumonia menawarkan tanda-tanda asidosis.
Jawaban : C

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Asal-usul Kehidupan.

Soal 9
Berikut ini ialah belahan dari proses pernapasan :
(1) Udara mengalir masuk paru-paru
(2) Relaksasi diafragma
(3) Volume paru meningkat
(4) Kontraksi diafragma
Urutan yang benar ketika orang menghirup napas ialah ...
A. 1-3-4
B. 2-3-4
C. 2-4-3
D. 3-4-2
E. 4-3-1

Pembahasan :
Mekanisme pernapasan insan dibedakan menjadi dua, yaitu:
1. Pernapasan dada
2. Pernapasan perut

Pernapasan yang melibatkan kontraksi diafragma ialah pernapasa perut. Ketika menghirup napas, maka proses yang terjadi ialah proses inspirasi.

Fase ide dimulai ketika kontraksi diafragma mengakibatkan diafragma mendatar. Akibatnya rongga dada membesar dan volume paru-paru meningkat. Karena volume paru meningkat, maka paru-paru ikut membesar dan udara masuk ke paru-paru.

Kaprikornus urutan yang benar ketika orang menghirup napas adalah:
1. Kontraksi diafragma (4)
2. Volume paru meningkat (3)
3. Udara masu ke paru-paru (1)
Jawaban : E

Soal 10
Orga pernapasan mamalia diberikut ini yang bekerjasama dengan kapiler darah ialah ...
A. Laring
B. Alveolus
C. Paru-paru
D. Trakea
E. Bronkus

Pembahasan :
Kapiler darah berkaitan dengan proses pertukaran oksigen dan karbondioksida. Tempat difusi oksigen dan karbondioksida dalam alat pernapasan mamalia berlangsung di alveolus.

Pada dinding alveolus terdapat kapiler darah yang memmenolong proses difusi oksigen dari alveolus ke kapiler dan proses difusi karbondioksida dari kapiler ke alveolus.
Jawaban : B
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404