Dalam Aplikasi Raport Taman Kanak-Kanak ini ada 2 (dua) seet atau kolom yaitu yang pertama kolom DATA ANAK, dan yang kedua kolom atau seet DATA USIA ANAK 4-5 TAHUN.
CARA PENGISIAN
PETUNJUK DATA ANAK
Kolom penilaian diisi dengan HURUF KAPITAL dengan keterangan :
B = Baik
C = Cukup
P = Perlu Dilatih
>> Angka penilaian merupakan aspek perkembangan sesuai dengan kelompok usia. Acuan yang digunakan disini adalah PERMENDIKBUD NO. 137 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PAUD
Lihat tayangan kolom pertama.
| Tampilan kolom atau seet aplikasi Raport TK |
KOLOM KEDUA
| Tampilan Raport TK Usia 4-5 Tahun |
Isi dari Raport Taman Kanak-Kanak Usia 4-5 Tahun adalah sebagai berikut.
II FISIK MOTORIK
1 Motorik Kasar
- Menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dsb
- Melakukan gerakan menggantung (bergelayut)
- Melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
- Melempar sesuatu secara terarah
- Menangkap sesuatu secara tepat
- Melakukan gerakan antisipasi
- Menendang sesuatu secara terarah
- Memanfaatkan alat permainan di luar kelas
2 Motorik Halus
- Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan
lingkaran
- Menjiplak bentuk
- Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
- Melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan
menggunakan berbagai media
- Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
- Mengontrol gerakan tangan yang meggunakan otot halus (menjumput, mengelus,
mencolek, mengepal, memelintir, memilin, memeras)
3 Kesehatan dan Perilaku Keselamatan
- Berat badan sesuai tingkat usia
- Tinggi badan sesuai tingkat usia
- Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
- Lingkar kepala sesuai tingkat usia
- Menggunakan toilet (penggunaan air, membersihkan diri) dengan bantuan minimal
- Memahami berbagai alarm bahaya (kebakaran, banjir, gempa)
- Mengenal rambu lalu lintas yang ada di jalan
Lihat juga :
Download Aplikasi Ijazah, Sertifikat, Piagam PAUD, TK, RA, KOBER, KB, TPA Berbasis Microsoft Excel
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 52 Tahun 2009 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal (TK/RA)
KUMPULAN APLIKASI PENDIDIKAN
III KOGNITIF
1 Belajar dan Pemecahan Masalah
- Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
- Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
- Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap,
terang, temaram, dsb)
- Mengetahui konsep banyak dan sedikit
- Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai
pemecahan masalah
- Mengamati benda dan gejala dengan rasa ingin tahu
- Mengenal pola kegiatan dan menyadari pentingnya waktu
- Memahami posisi/kedudukan dalam keluarga, ruang, lingkungan sosial (misal: sebagai peserta didik/anak/teman)
2 Berpikir Logis
- Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, bentuk atau warna atau ukuran
- Mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
- Mengklasifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis
atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi
- Mengenal pola (misal, AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulanginya
- Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna
3 Berpikir Simbolik
- Membilang banyak benda satu sampai sepuluh
- Mengenal konsep bilangan
- Mengenal lambang bilangan
- Mengenal lambang huruf
IV BAHASA
1 Memahami Bahasa
- Menyimak perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
- Mengerti dua perintah yang diberikan bersamaan
- Memahami cerita yang dibacakan
- Mengenal perbendaharaan kata mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
- Mendengar dan membedakan bunyi- bunyian dalam Bahasa Indonesia (contoh, bunyi dan ucapan harus sama)
2 Mengungkapkan Bahasa
- Mengulang kalimat sederhana
- Bertanya dengan kalimat yang benar
- Menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan
- Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
- Menyebutkan kata-kata yang dikenal
- Mengutarakan pendapat kepada orang lain
- Menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
- Menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar
- Memperkaya perbendaharaan kata
- Berpartisipasi dalam percakapan
3 Keaksaraan
- Mengenal simbol-simbol
- Mengenal suara–suara hewan/benda yang ada di sekitarnya
- Membuat coretan yang bermakna
- Meniru (menuliskan dan mengucapkan) huruf A-Z
V SOSIAL EMOSIONAL
1 Kesadaran Diri
- Menunjukkan sikap mandiri dalam memilih kegiatan
- Mengendalikan perasaan
- Menunjukkan rasa percaya diri
- Memahami peraturan dan disiplin
- Memiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah)
- Bangga terhadap hasil karya sendiri
2 Rasa Tanggungjawab Diri Sendiri dan Orang lain
- Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
- Menghargai keunggulan orang lain
- Mau berbagi, menolong, dan membantu teman
3 Perilaku Prososial
- Menunjukan antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif
- Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan
- Menghargai orang lain
- Menunjukkan rasa empati
VI SENI
1 Anak mampu menikmati berbagai alunan lagu atau suara
- Senang mendengarkan berbagai macam musik atau lagu kesukaannya
- Memainkan alat musik/instrumen/benda yang dapat membentuk irama yang teratur
2 Tertarik dengan kegiatan seni
- Memilih jenis lagu yang disukai
- Bernyanyi sendiri
- Menggunakan imajinasi untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran
- Membedakan peran fantasi dan kenyataan
- Menggunakan dialog, perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
- Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi
- Menggambar objek di sekitarnya
- Membentuk berdasarkan objek yang dilihatnya (mis. dengan plastisin, tanah liat)
- Mendeskripsikan sesuatu (seperti binatang) dengan ekspresif yang berirama (contoh, anak menceritakan gajah dengan gerak dan mimik tertentu)
- Mengkombinasikan berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai
VII KESIMPULAN PERKEMBANGAN ANAK
- Tingkat Pencapaian Perkembangan BAIK
- Tingkat Pencapaian Perkembangan CUKUP
- Tingkat Pencapaian Perkembangan PERLU DILATIH
Selengkapnya apabila ada yang sedang memerlukan aplikasi raport TK usia 4-5 Tahun dalam Excel silahkan download di bawah ini.
Demikianlah yang dapat kami tulis pada kali ini, Semoga berguna untuk semua penggunanya. Aamiin.
Emoticon