PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah Sistem Informasi Penilaian Akreditasi, Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah (BAN-S/M) 2018
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
Panduan Sispena-S/M untuk Sekolah/Madrasah
Tutorial ini akan memberikan pemahaman kepada Sekolah/Madrasah bagaimana menggunakan aplikasi Sispena-S/M (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah.).
Aplikasi Sispena-S/M adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web, dimana bisa akses dimana saja, kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet. Selain bisa diakses menggunakan Laptop atau komputer aplikasi juga bisa diakses menggunakan handphone ataupun device yang resolusinya lebih kecil.
Adapun langkah-langkah untuk mengakses atau menggunakan aplikasi Sispena-S/M yaitu:
1. Buka url: bansm.kemdikbud.go.id/sispena di halaman browser.
2. Atau bisa klik link banner Sispena-S/M yang terdapat di sebelah kiri bawah website http://bansm.kemdikbud.go.id
3. Akan muncul halaman login seperti terlihat di bawah ini.
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
4. Selanjutnya masukkan user (NPSN) dan password yang dimiliki.
Untuk password default adalah NPSN juga
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
5. Masukkan kode pengaman yang muncul secara acak pada form di bawahnya. dan klik link di sini untuk mengganti kode yang muncul apabila kode tidak jelas.
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
6. Kalau sudah user password dan kode pengaman terisi klik
7. Apabila berhasil masuk maka, Sistem akan langsung menampilkan jendela form identitas sekolah yang sebagian besar telah terisi dari data dapodik/EMIS
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
8. Khusus untuk Jenjang SMK, terdapat form isian program keahlian yang bisa diisi lebih dari satu program keahlian.
9. Selain itu, data yang wajib diisi sekolah adalah status akreditasi terakhir, tahun akreditasi serta visi dan misi.
11. Selanjutnya sekolah mengklik Menu Data Isian Akreditasi atau DIA yang ada disamping kiri untuk memulai proses penginputan isian akreditasi.
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
12. Terdapat beberapa menu pada isian akreditasi diantaranya:
Pernyataan Kepala Sekolah/Madrasah, Pemutakhiran data, Prasyarat Akreditasi, Data Isian Akreditasi, dan Kartu Kendali.
15. Klik tombol download (unduh) format, apabila belum memiliki format pernyataan kepala sekolah/madrasah, lalu Save (Simpan).
16. Isilah format pernyataan kepala sekolah yang telah didownload.
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
17. Setelah format tersebut diisi, ditandatangan dan distempel, selanjutnya discan/dipindai dan dimasukan ke dalam Sispena-S/M dengan mengklik Tombol Choose File (Pilih File) lalu tekan tombol Simpan.
18. Apabila file sudah terkirim ke dalam sistem, maka akan muncul tombol sudah terunggah, seperti gambar di bawah ini.
19. Tombol sudah terunggah akan mendownload file yang telah kita masukkan ke dalam sistem. Apabila file tersebut ingin diperbaharui atau diganti maka klik kembali Choose File untuk memilih file.
21. Ketika kita mengklik menu Pemutakhiran Data akan muncul submenu seperti siswa, mata pelajaran, guru tenaga kependidikan, sarana dan prasarana.
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
22. Sebagai catatan penting dan untuk diketahui bersama, pemutakhiran data adalah proses untuk mengambil data sekolah/madrasah yang bersangkutan dari data dapodik melalui PDSPK Kemdikbud untuk Sekolah dan EMIS Kemenag untuk Madrasah. Data tersebut digunakan sebagai data referensi penginputan isian akreditasi pada Sispena-S/M.
23. Klik menu Siswa untuk mendapatkan data siswa sekolah dari dapodik/EMIS.
24. Akan muncul jendela yang berisi menu pengambilan data dan daftar yang masih kosong. Selanjutnya klik Tombol Ambil data Dapodik/EMIS.
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
25. Proses Ambil data Dapodik/EMIS siswa akan langsung dilakukan, dan apabila berhasil maka akan muncul data Rombongan Belajar dan Siswa serta tingkatnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
26. Lakukan hal yang sama pada menu selanjutnya.
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
28. Klik menu untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk referensi ke Sispena-S/M. Lalu klik tombol Ambil data Dapodik/EMIS.
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
29. Klik menu untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk referensi ke Sispena-S/M. Lalu klik tombol Ambil data Dapodik/EMIS.
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
30. Klik menu untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk referensi ke Sispena-S/M. Lalu klik tombbol Ambil data Dapodik/EMIS.
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
31. Untuk langkah selanjutnya klik pada menu yang terdapat di jendela Pemutakhiran data atau bisa mengklik pada menu yang terdapat di Data Isian Akreditasi (DIA)
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
32. Akan muncul jendela form prasyarat akreditasi seperti di bawah ini.
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
33. Dalam form prasayarat akreditasi terlihat data yang diambil dari dapodik/EMIS langsung. Seperti surat ijin operasional, Daftar Siswa, Data PTK serta data Sarana dan Prasarana.
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
35. Untuk Prasyarat Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum berbeda dengan prasyarat lainnya. Data diunggah oleh sekolah maksimal berkapasitas 1 Mb dengan Format PDF.
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
36. Klik tombol kirim, dan apabila data masuk maka akan muncul tombol sudah terunggah di samping kanan Form.
37. Klik sudah terunggah apabila ingin melihat hasil yang sudah diunggah.
38. Untuk mengubah atau mengedit kembali data atau dokumen yang sudah ada, klik lalu cari dokumen yang akan mengganti file atau dokumen yang sudah ada.
39. Selanjutnya Sekolah/Madrasah mengisi Data Isian Akreditasi dengan mengklik menu data isian akreditasi.
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
40. Akan muncul format pengisian instrumen seperti di bawah ini.
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
41. Pada menu di samping kiri akan terlihat menu 8 standar dengan masing masing penomoran instrumennya. Nomor itu merupakan link untuk nomor urut instrumen.
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
42. Sebelah kanan atas adalah instrumen yang sedang aktif. Pengisian nilai untuk instrumen ini berdasarkan Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP) yang terdapat di bawahnya.
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
43. Pengisian form IPDIP sebagian besar data referensinya bersumber dari Dapodik/EMIS. Seperti contoh butir 1 di bawah ini, nama guru diambil dari dapodik/EMIS melalui menu Pemutakhiran data.
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
44. Sekolah mengisi form yang disediakan berdasarkan referensi tersebut dan selanjutnya klik tombol simpan untuk memproses hasil.
45. Penilaian instrumen (Jawaban A sampai dengan E) akan otomatis terisi sesuai dengan inputan yang kita masukkan di form IPDIP.
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
46. Jenis inputan IPDIP sangat beragam pada setiap standar yang ada, bukan hanya format Ya dan Tidak, tetapi ada banyak format lainnya sesuai dengan instrumen yang ditanyakan. Adapun contohnya antara lain:
PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah |
Lihat juga :
Kumpulan Format Daftar Hadir Penting Yang Sering Digunakan Dalam Akreditasi Sekolah
UNDUH BUKTI FISIK AKREDITASI MOU, PERJANJIAN DENGAN PIHAK LAIN, KERJA SAMA SEKOLAH DENGAN PIHAK DESA/KELURAHAN
DOWNLOAD PERANGKAT AKREDITASI 2017 SD/MI, SMP/MTs dalam FORMAT WORD
Dengan banyak pilihan yang harus diinput/diklik.
Inputan secara manual.
Inputan dengan pilihan hanya simpan (referensi langsung dari dapodik/EMIS)
Inputan dan pilihan checkbox.
47. Untuk memahami setiap pengisian inputan DIA klik tombol petunjuk teknis pada setiap instrumen yang terdapat di kanan atas.
48. Akan muncul petunjuk jelas ketentuan dan tata acara penginputan IPDIP serta perhitungannya.
49. Apabila instrumen telah terisi maka nomor butir yang ada di sebelah kiri akan otomatis berwarna hijau sebagai penanda sudah dinilai.
50. Penilaian bisa dilakukan secara acak atau melompat dari satu standar ke standar lainnya.
51. Data penilaian yang sudah dilakukan akan tersimpan secara otomatis apabila admin sekolah keluar dari sistem dan akan melanjutkan nantinya. Dan hal ini juga mengantisipasi apabila terjadi insiden seperti mati lampu atau putusnya jaringan internet ketika proses penilaian.
52. Proses penilaian akan dianggap selesai apabila semua butir sudah dinilai dan muncul tombol Simpan di bagian paling bawah seperti gambar berikut.
53. Apabila sudah yakin dengan isian anda, klik tombol Simpan. Setelah menekan tombol Ok, maka pengisian DIA telah selesai dan bisa langsung melihat hasil penilaian yang telah dilakukan dengan cara mengklik tombol
54. Pada jendela hasil penilaian akan muncul nilai pada setiap standar, nilai akhir dan peringkat.
55. Pada tabel penilaian ini juga diperlihatkan warna yang berbeda yaitu warna merah apabila nilai tidak memenuhi syarat lulus akreditasi, yaitu:
1) nilai akhir kurang dari 71;
2) nilai standar sarana dan prasarana kurang dari 61; dan
3) Salah satu standar nilainya kurang dari 50.
56. Admin sekolah bisa mengedit atau mengubah Data Isian Akreditasi Sekolah/Madrasah dengan menekan tombol menu Edit DIA.
57. Untuk mengedit atau mengubah nilai langkah-langkahnya sama seperti mengisi DIA sebelumnya.
58. Edit data oleh sekolah/madrasah tidak akan bisa dilakukan setelah BAP-S/M melakukan Audit Dokumen dan Penetapan Kelayakan untuk divisitasi. Jadwal Audit Dokumen dan Penetapan Kelayakan ditentukan oleh BAP-S/M masing-masing provinsi.
59. Jika ingin mencetak hasil penilaian evaluasi diri klik tombol
60. Akan muncul jendela untuk cetak dokumen, tekan tombol Print Jika sudah yakin dengan tampilan yang ada, atau klik More Setting untuk mengatur margin, ukuran kertas, menghilangkan header atau memberi warna pada tabel.
61. Atur setting yang ada untuk mendapatkan posisi cetak yang baik.
Jika telah selesai klik PRINT
62. Langkah terakhir dan sangat Penting….!! Sekolah harus menginput kartu kendali setelah proses visitasi akreditasi oleh asesor selesai dilaksanakan.
63. Akan muncul form yang harus diisi oleh sekolah. Tanggal Mulai visitasi beserta jam mulai dan berakhir, serta tanggal dan jam selesai visitasi.
65. Perlu di ingat, akan ada peringatan sebelum anda menyatakan Ok, bahwa isian kartu kendali ini hanya sekali dan tidak bisa di edit kembali, maka pastikan data yang dikirim sudah benar.
66. Untuk mencetak kartu kendali, klik tombol Cetak, lalu kartu kendali
di tanda tangani oleh kepala sekolah/madrasah dan distempel.
67. Selanjutnya Kartu Kendali discan/dipindai atau diphoto lalu diunggah ke Sispena-S/M dengan mengklik Choose File, kemudian pilih file hasil scan/photo kartu kendali, selanjutnya klik tombol Simpan.
68. Sekolah/madrasah akan diberi peringatan oleh sistem dan BAP-S/M apabila belum mengisi format kartu kendali sampai waktu yang ditentukan.
69. Untuk mengubah kembali biodata atau profile Sekolah/Madrasah serta mengubah Foto Profile bisa mengklik menu yang terdapat di sebelah kanan atas.
70. Form Edit Profile sekolah/madrasah, Klik Submit untuk menyelesaikan.
71. Klik Choose File untuk mengubah photo profil sekolah/madrasah.
72. Jika menggunakan smartphone bisa secara langsung mengganti dengan memilih foto di file penyimpanan atau memfoto secara langsung menggunakan kamera.
73. Selanjutnya Ubah Password standar anda dengan yang baru.
74. Masukkan password lama anda, lalu masukkan password yang baru lalu konfirmasi ulang.
75. Jangan lupa untuk memilih menu Logout apabila anda telah selesai menggunakan Sistem Aplikasi ini.
76. Selamat Menggunakan…. Salam Akreditasi Berkualitas.
Silahkan DOWNLOAD filenya di bawah ini.
Silahkan DOWNLOAD filenya di bawah ini.
Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai "PANDUAN Sispena-S/M Untuk Sekolah dan Madrasah Sistem Informasi Penilaian Akreditasi, Basan Akreditasi Nasioanl Sekolah / Madrasah (NAN-S/M) Tahun 2018 diberlakukan untuk Tahun 2019.
Emoticon