BLANTERVIO103

Download Instrumen Penilaian Ki-2 Sikap Sosial Kurikulum 2013 Sd/Mi Tahun Pelajaran 2018/2019

Download Instrumen Penilaian Ki-2 Sikap Sosial Kurikulum 2013 Sd/Mi Tahun Pelajaran 2018/2019
6/21/2019

Download Instrumen Penilaian KI-2 Sikap Sosial Kurikulum 2013 SD/MI Tahun Pelajaran 2018/2019

Sebelum mengerjakan sebaiknya Bapak Ibu Guru harus memahami indikator-indikator penilaian Sikap Sosial (KI-2) Kurikulum 2013.

Adapun Indikator Kompetensi Sikap Sosial Pada Kurikulum 2013 akan sedikit dijelaskan seperti berikut ini.

Penilaian Pencapaian Kompetensi Sikap pada Kurikulum 2013 adalah sikap yang bermula dari perasaan yang terkait dengan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu/objek. 
Sikap juga sebagai ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Sikap dapat dibentuk, sehingga terjadi perilaku atau tindakan yang diinginkan. 
Kompetensi sikap yang dimaksud dalam panduan ini adalah ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang dan diwujudkan dalam perilaku.
Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur sikap peserta didik sebagai hasil dari suatu program pembelajaran. 
Penilaian sikap juga merupakan aplikasi suatu standar atau sistem pengambilan keputusan terhadap sikap. Kegunaan utama penilaian sikap sebagai bagian dari pembelajaran adalah refleksi (cerminan) pemahaman dan kemajuan sikap peserta didik secara individual.

Baca juga :
Instrumen Penilaian KI-1 Sikap Spiritual Kurikulum 2013 SD/MI Tahun Pelajaran 2018/2019 sudah jadi format microsoft word
Cakupan Penilaian Pencapaian Kompetensi Sikap pada Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 membagi kompetensi sikap menjadi dua, yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang beriman dan bertakwa, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Sikap spiritual sebagai perwujudan dari menguatnya interaksi vertikal dengan Tuhan Yang  Maha Esa, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan eksistensi kesadaran dalam upaya mewujudkan harmoni kehidupan.

Kompetensi sikap sosial mengacu pada KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

Penilaian sikap sosial
1, Jujur
2. Disiplin
3. Tanggung Jawab
4. Toleransi
5. Gotong Royong
6. Santun
7. Percaya Diri

Aspek KD pada KI-2: aspek sikap sosial (untuk matapelajaran tertentu bersifat relatif generik, namun beberapa materi pokok tertentu ada KD pada KI-3 yang berbeda dengan KD lain pada KI-2). Guru dapat menambahkan sikap-sikap tersebut menjadi perluasan cakupan penilaian sikap. Perluasan cakupan penilaian sikap didasarkan pada  karakterisitik KD pada KI-1 dan KI-2 setiap matapelajaran.

Selengkaonya artikel tentang "Contoh Indikator Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual dan Indikator Kompetensi Sikap Sosial Pada Kurikulum 2013" silahkan KLIK DI SINI

Ini kami tampilkan dengan lengkap formatnya.
Sebelum mengerjakan sebaiknya Bapak Ibu Guru harus memahami indikator Download Instrumen Penilaian KI-2 Sikap Sosial Kurikulum 2013 SD/MI Tahun Pelajaran 2018/2019
Contoh Jilid atau Cover / Sampul
Sebelum mengerjakan sebaiknya Bapak Ibu Guru harus memahami indikator Download Instrumen Penilaian KI-2 Sikap Sosial Kurikulum 2013 SD/MI Tahun Pelajaran 2018/2019
Format Instrumen Penilaian Sikap Sosial untuk SD/MI
Butir sikap yang dapat digunakan adalah :
Tanggung Jawab, jujur, disiplin, percaya diri, mandiri, demokratis, peduli terhadap lingkungan, sikap patriotisme, gotong royong, kooperatif/kerjasama, ramah, persatuan, nasionalisme, tenggang rasa, ramah, santun, kebersihan, dll
Silahkan ambil filenya di bawah ini.
Rupanya cukup dulu ya, terima kasih telah berkunjung pada laman ini. Tuinggu update berikutnya, sama terkait dengan pembahasan pendidikan.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404