Download Format Penilaian Portofolio Siswa
Cover-Format Penilaian Portofolio Siswa |
Contoh Cover / Sampul Penilaian Portofolio
Sebagai pelengkap administrasi bagi guru sekolah dasar dan bagi satuan pendidikan SD kami sajikan beberapa kumpulan format penilaian Portofolio untuk Siswa/Peserta Didik tahun 2018/2019.
Dalam dunia pendidikan, portofolio dapat digunakan guru untuk melihat perkembangan peserta didik dari waktu ke waktu berdasarkan kumpulan hasil karya sebagai bukti dari suatu kegiatan pembelajaran. Portofolio juga dapat dipandang sebagai suatu proses sosial pedagogis, yaitu sebagai collection of learning experience yang terdapat didalam pikiran peserta didik, baik yang berwujud pengetahuan (cognitive), keterampilan (psychomotor) maupun sikap dan nilai (affective). Artinya, portofolio bukan hanya berupa benda nyata, melainkan mencakup “segala pengalaman batiniah” yang terjadi pada diri peserta didik. Portofolio juga dapat digunakan oleh peserta didik untuk mengumpulkan semua dokumen dari ilmu pengetahuan yang telah dipelajari, baik dikelas, di halamansekolah atau diluar sekolah. Dalam bidang bahasa, portofolio dapat merupan suatu adjective yang sering disandingkan dengan konsep lain, seperti pembelajaran dan penilaian, karena itu timbul istilah portfolio-based instruction dan portfolio-based assessment.
Menurut para ahli, portofolio memiliki beberapa pengertian. Ada yang memandang sebagai benda/alat, dan ada pula yang memandang sebagai metode/teknik/cara. Portofolio sebagai suatu wujud benda fisik, atau kumpulan suatu hasil (bukti) dari suatu kegiatan, atau bundelan, yakni kumpulan dokumentasi atau hasil pekerjaan peserta didik yang disimpan dalam suatu bundel. Misalnya, bundelan hasil kerja peserta didik mulai dari tes awal, tugas-tugas, catatn anekdot, piagam penghargaan, keterangan melaksanakan tugas terstruktur, sampai pada tes akhir. Portofolio ini merupakan kumpulan karya terpilih dari peserta didik, baik perseorangan maupun kelompok. Istilah karya terpilih menunjukkan bahwa tidak semua karya peserta ndidikdapat dimasukkan ke dalam portofolio tersebut. Karya yang diambil adalah karya terbaik, karya yang paling pentingdari pekerjaan peserta didik, yang bermakna bagi peserta didik, sesuai dengan tujuan pembelajaran atau kempetensi yang telah diterapkan.
Lihat juga :
PERANGKAT AKREDITASI LENGKAP UNTUK SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, SMK
Download Contoh Surat Kerjasama Sekolah dengan Berbagai Pihak atau pihak lain
Download Pemetaan KD, Kisi-Kisi Soal, Rubrik Penskoran PTS/UTS II (Semester Genap) Kelas VI SD Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat dan Tema 7 Kepemimpinan (sudah jadi)
Penilaian portofolio berbeda dengan jenis penilaian yang lain. Penilaian portofolio adalah pendekatan atau model penilaian yang bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam membangun dan merefleksi suatu pekerjaan/tugas atau karya melalui pengumpulan (collection) bahan-bahan yang relevan dengan tujuan dan keinginan yang dibangun oleh peserta didik, sehingga hasil pekerjaan tersebut dapat dinilai dan dikomentari oleh guru dalam periode tertentu. Jadi, penilaian portofolio merupakan suatu pendekatan dalam penilaian kinerja peserta didik atau digunakan untuk menilai kinerja.
Salah satu keunggulan penilaian portofolio adalah memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih banyak terlibat, dan peserta didik sendiri dapat dengan mudah mengontrolsejauh mana perkembangan kemampuan yang telah diperolehnya. Jadi, peserta didik akan mampu melakukan penilaian diri (self-assessment). Keterampilan menemukan kelebihan dan kekurangannya sendiri, serta kemampuan untuk menggunakan kelebihan tersebut dalam mengatasi kelemahannya merupakan modal dasar penting dalam proses pembelajaran.
Pophan (1994) menjelaskan, “penilaian portofolio merupakan penilaian secara berkesinambungan dengan metode pengumpulan informasi atau data secara sistematik ata hasil pekerjaan peserta didik dalam kurun waktu tertentu”. Dalam sistem penialaian portifolio, guru membuat file untuk tiap-tiap peserta didik, berisi kumpulan sistematis ata hasil prestasi belajar mereka selama mengikuti proses pembelajaran.
Di dalam file portofolio, guru mengumpulkann bukti fisik dan catatan prestasi peserta didik, seperti hasil ulangan, hasil tugas mandiri, serta hasil pratikum. Selain prestasi akademik, isi file juga dapat di elaborasi dengan lembar catatan prestasi nonakademik, yakni rekaman profile peserta didik yang meliputi aspek kerajinan, kerapian, ketertiban, kejujuran, kemampuan kerja sama, sikap, solidaritas, toleransi, kedisiplinan, prestasi olahraga, kesenian, kepramukaan, dan lain-lain.
Data yang terkumpul dari waktu ke waktu ini kemudian digunakan oleh guru untuk menilain dan melihat perkembangan kemampuan serta prestasi akademik peserta didik dalam periode tersebut. File portofolio sekaligus akan memberikan umpan balik (feed back), baik kepada guru maupun kepada peserta didik. Bagi guru, file yang berisi prestasi peserta didik ini akan memberikan m asukan (input) untuk penilaian proses, terutama dalam memperbaikii strategi, metode dan manajemen pembelajaran dikelas. Melaui analisis file portofolio, guru dapat mengetahui potensi, karakter, kelebihan, dan kekurangan peserta didik. Bagi peserta didik, file ini dapat menjadi dasar pijakan untuk mengoreksi dan memperbaiki kelemahan atau kekurangannya dalam proses pemeblajaran maupun penguasaannya tentang suatu pokok dalam proses pembelajaran maupun penguasaannya tentang suatu pokok bahasan atau materi pelajaran tertentu.
Proses terjadinya umpan balik sangat dimungkinkan, karena dalam sistem penilaian portofolio, data yang terekam dalam file tidak hanya dikumpulkan saja kemudian selesai, tetapi akan dianalisis secara kolaboratif dengan melibatkan guu, peserta didik, dan orang tua. Penilaian data melalui pembicaraan secara periodik dengan orang tua peserta didik merupakan progress report yang akurat tentang kemajuan prestasi belajar peserta didik serta perkembangann kepribadiannya.
Selain dapat dipergunakan untuk memantau perkembangan peserta didik dan mendiagnosis kesulitan belajar mereka, penilaian portofolio juga sangat bermanfaat bagi guru untuk menilai kebutuhan (need), minat (interest), kemampuan akademik (abilities), dan karakteristik peserta didik secara perorangan. Hal tersebut penting, karena seharusnya dalam suatu sistem penilaian, eksistensi peserta didik secara perorangan tidak boleh dieliminasikan sebagaimana yang sering terjadi dalam tes standar seperti SNM-PTN dan UAS-BN.
Inilah Format-format Penilaian Portofolio bagi Siswa
Format Penilaian Portofolio Penampilan Siswa
Format Penilaian Portofolio Penampilan Siswa |
Format Penilaian Portofolio Lembar Kerja Siswa
Penilaian Portofolio Lembar Kerja Siswa |
Format Penilaian Portofolio Karya Tulis Siswa
Penilaian Portofolio Karya Tulis Siswa |
Format Penilaian Portofolio Tampilan Siswa
Penilaian Portofolio Tampilan Siswa |
Format Portofolio Penilaian Penampilan Siswa
Portofolio Penilaian Penampilan Siswa |
Format Portofolio Penilaian Sumatif dan Formatif
Portofolio Penilaian Sumatif dan Formatif |
Format Penilaian Portofolio Rekaman Anekdot
Penilaian Portofolio Rekaman Anekdot |
untuk itu sebagai pelengkap administrasi sekolah, seperti untuk keperluan Akreditasi Sekolah yaitu dalam Standar Penilaian, terutama bagi guru silahkan download filenya pada tautan yang ada di bawah ini.
Kami rekomendasikan pula:
Demikianlah informasi bagi sekolah terutama semua guru pasti akan memrlukannya, karena penilaian portofolio sangat di butuhkan untuk menilai siswa/peserta didik di sekolah.Format Portofolio Lomba Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi Tahun 2018
Semoga dapat bermanfaat. Amiin
Emoticon