BLANTERVIO103

Pengertian Pameran, Bentuk, Fungsi Dan Tujuan Bazar Seni Rupa

Pengertian Pameran, Bentuk, Fungsi Dan Tujuan Bazar Seni Rupa
10/06/2018
Seni rupa ialah salah satu cabang seni yang terkenal di kalangan masyarakat. Seni rupa sudah menjadi bab dari kehidupan masyarakat yang ada hampir di seluruh aspek kehidupan dan mengiringi perkembangan peradaban insan di muka bumi. Selain nilai estetika yang menjadi serius suatu karya seni rupa, nilai aplikatif karya seni rupa juga menjadi salah satu alasan mengapa seni rupa masih begitu disukai dan terus berkembang seiring waktu. Salah satu cara untuk memperkenalkan karya seni rupa yang dihasilkan oleh seniman ke masyarakat yaitu dengan mengadakan suatu pameran. Pameran menjadi media komunikasi antara seniman dengan penikmat seni dan ialah salah satu cara untuk menjual hasil karya seni rupa. Pameran seni rupa mempunyai banyak bentuk dan tujuan. Pada peluang ini, Bahan berguru sekolah akan mengulas pengertian pameran, bentuk-bentuk pameran, fungsi dan tujuan pekan raya seni rupa.

A. Pengertian Pameran

Untuk memperkenalkan suatu karya seni kepada masyarakat, ada dua istilah pertunjukkan yang paling umum digunakan, yaitu pekan raya dan pergelaran. Meskipun sama-sama bertujuan untuk memperkenalkan suatu karya seni, kedua istilah tersebut mempunyai makna yang tidak sama dan salah satu pembedanya yaitu bentuk karya seni yang ditampilkan.

Pergelaran yaitu aktivitas untuk memperkenalkan atau mengkomunikasikan suatu karya kepada masyarakat untuk mendapat apresiasi dari penikmat atau penonton. Pergelaran umumnya dilakukan dalam bentuk penampilan di atas pentas atau panggung. Karya yang dipertontonkan umumnya bersifat dinamis contohnya tarian, paduan suara, drama, dan sebagainya.

Pameran yaitu aktivitas untuk memperkenalkan atau mengkomunikasikan suatu karya kepada masyarakat untuk mendapat apresiasi dari pengunjung. Pameran umumnya dilakukan dalam bentuk pertunjukkan di dalam sebuah gedung atau showroom. Karya yang ditampilkan umumnya bersifat statis contohnya lukisan, fotografi, dan sebagainya.

Seni rupa ialah salah satu cabang seni yang terkenal di kalangan masyarakat PENGERTIAN PAMERAN, BENTUK, FUNGSI DAN TUJUAN PAMERAN SENI RUPA

Dari pemaparan tersebut, sanggup kita lihat dengan terang bahwa istilah pekan raya dan pergelaran dipakai untuk dua hal yang tidak sama. Kalau pergelaran dipakai untuk pertunjukan karya yang bersifat dinamis umumnya lebih menekankan pada manusianya, sedangkan pekan raya dipakai untuk pertunjukkan karya yang bersifat statis lebih menekankan pada suatu karya dalam bentuk benda.

Istilah yang lebih umum dipakai untuk sebuah pertunjukan karya lukisan yaitu pekan raya lukisan bukan pergelaran lukisan. Begitu pula sebaliknya, istilah yang lebih umum dipakai untuk sebuah pertunjukkan karya tarian yaitu pergerleran tari bukan pekan raya tari.

Pameran seni rupa ialah aktivitas memperkenalkan atau mengkomunikasikan hasil karya seni rupa kepada masyarakat untuk mendapat apresiasi dari pengunjung sekaligus untuk mendapat calon pembeli. Karya seni rupa yang biasa dipamerkan antara lain lukisan, sketas, fotografi, miniatur arsitektur, desain grafis, dan sebagainya.

B. Bentuk-bentuk Pameran Seni Rupa

#1 Berdasarkan Jenis Karya yang Dipamerkan
Jika dilihat menurut jenis karya seni rupa yang dipamerkan, maka pekan raya sanggup dibedakan menjadi bberapa jenis. Dari sekian banyak karya seni rupa yang sanggup dipamerkan, diberikut beberapa karya seni rupa yang umum ditampilkan dalam sebuah pameran.

a). Pameran Lukisan 
Pameran lukisan yaitu jenis pekan raya yang spesialuntuk mempertunjukkan atau memperkenalkan karya seni rupa berupa seni lukis. Pada pekan raya ini ditampilkan beberapa karya lukisan miliki eksklusif atau adonan dari beberapa seniman. Selain untuk memperkenalkan karya lukisan mereka, pekan raya lukisan biasanya juga dijadikan masukana untuk menjual karya atau menggalang dana.

b). Pameran Fotografi
Fotografi ialah salah satu bentuk seni rupa dari cabang visual art atau desain grafis yang memakai teknologi kamera. Pameran fotografi biasanya diadakan oleh seorang fotografer untuk memperkenalkan karya-karya fotografinya kepada masyarakat. Karya yang dipamerkan tentu saja dalam bentuk foto dengan tema tertentu.

c). Pameran Karya Patung
Di banding lukisan dan fotografi, pekan raya karya patung termasuk salah satu pekan raya yang sudah jarang diadakan lantaran umumnya karya patung mempunyai wadahnya sendiri contohnya museum. Salah satu museum yang memamerkan seni patung yang cukup terkenal yaitu museum patung lilin Madame Tussauds.

d). Pameran Karya Arsitektur
Pameran karya arsitektur yaitu pekan raya yang memperkenalkan banyak sekali desain arsitektur biasanya dalam bentuk miniatur atau desain aristektur suatu produk. Pameran ibarat ini umumnya diadakan oleh suatu perusahaan property atau adonan dari beberapa arsitek.

e). Pameran Tembikar dan Keramik
Pameran tembikar dan keramik ialah pekan raya yang khusus menampilkan karya-karya kriya berupa tembikar dan keramik. Karya-karya yang dipamerkan bisa bermacam-macam jenis ibarat gerabah, piring, guci, dan beberapa benda pakai lainnya yang mempunyai nilai seni tinggi.

f). Pameran Tekstil
Sesuai dengan namanya, pekan raya tekstil yaitu pekan raya yang memperkenalkan karya-karya kriya tekstil kepada masyarakat. Karya yang dipamerkan yaitu banyak sekali karya yang dibentuk dengan cara tenun atau rajut ibarat batik, aseseoris, pita, kipas, dan sebagainya. Pameran tekstil biasanya diadakan untuk tema kebudayaan.

#2 Berdasarkan Ragam Karya yang Dipamerkan
Dilihat menurut ragam karya yang dipamerkan, maka pekan raya seni rupa sanggup dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pekan raya sejenis dan pekan raya heterogen.

a). Pameran Homogen
Pameran sejenis yaitu bentuk pekan raya yang memamerkan karya serni rupa yang seragam atau spesialuntuk dari satu jenis seni rupa saja contohnya pekan raya lukisan atau pekan raya fotografi saja. Pameran sejenis umumnya tidak tergantung pada jumlah penerima pekan raya atau pemilik karya.

b). Pameran Heterogen
Pameran heterogen yaitu pekan raya yang memamerkan karya seni rupa yang berguakaragam yang berasal dari dua atau lebih jeni seni rupa pada daerah dan waktu yang sama, contohnya pekan raya yang menampilkan lukisan, patung, dan fotografi sekaligus.

#3 Berdasarkan Jumlah Peserta Pameran
Berdasarkan jumlah penerima pekan raya atau jumlah seniman yang terlibat dalam pekan raya tersebut, maka pekan raya seni rupa sanggup dibedakan menjadi dua bentuk, yaitu pekan raya tunggal dan pekan raya kelompok.

a). Pameran Tunggal
Pameran tunggal yaitu pekan raya yang spesialuntuk menampilkan banyak sekali atau sejumlah karya seni rupa dari seorang seniman. melaluiataubersamaini kata lain, pekan raya tersebut spesialuntuk memamerkan karya dari satu orang seniman saja. Biasanya pekan raya ibarat ini diadakan untuk memperkenalkan sang seniman dan biasanya spesialuntuk seniman tertentu yang sukses menggelar pekan raya tunggal.

b). Pameran Kelompok
Pameran kelompok yaitu pekan raya yang menampilkan banyak sekali karya seni rupa dari sekelompok seniman yang bekerja sama untuk mengadaan suatu pameran. Pameran kelompok umumnya dibentuk untuk tujuan komersil atau untuk penggalangan dana.

#4 Berdasarkan Tempat dan Waktu
Jika dilihat menurut daerah dan waktu pelaksanaannya, maka pekan raya seni rupa sanggup dibedakan menjadi tiga bentuk, yaitu pekan raya tetap, pekan raya rutin, dan pekan raya insidental.

a). Pameran Tetap
Pameran tetap atau pekan raya permguan yaitu pekan raya yang dilaksanakan pada suatu daerah yang sama atau tempatnya bersifat tetap dan diadakan setiap hari sesuai jam kerja pekan raya itu. Pameran ibarat ini biasanya dalam bentuk museum atau galeri seni.

b). Pameran Rutin
Pameran rutin yaitu pekan raya yang dilaksanakan secara rutin dalam waktu-waktu tertentu yang biasanya bersiklus contohnya setahun sekali atau enam bulan sekali dan lokasinya cenderung tetap atau berubah sesuai dengan tujuan dan kondisi dikala itu.

c). Pameran Insidental
Pameran insidental yaitu pamean yang pelaksanaannya tidak terikat pada waktu atau tempat. Pameran ini bsia diadakan sewaktu-waktu dengan maksud dan tujuan tertentu serta tidak terikat pada rutinitas pelaksanaannya.

C. Fungsi Pameran Seni Rupa

Sesuai dengan pengertiannya, fungsi utama pekan raya seni rupa yaitu untuk memperkenalkan suatu karya seni kepada masyarakat dengan tujuan tertentu salah satunya yaitu untuk mendapat apresiasi dalam bentu Koreksi atau masukan biar menjadi lebih baik ke depannya. Berdasarkan fungsi tersebut, pekan raya seni rupa mempunyai beberapa fungsi yaitu sebagai masukan apresiasi, masukana rekreasi, masukana edukasi, dan masukana ajang prestasi.

#1 Sarana Apresiasi
Sebagai masukana apresiasi, pekan raya menjadi salah satu cara bagi para seniman untuk mengetahui kualitas karyanya menurut penilaian dari sejumlah pengunjung. Melalui pameran, para seniman juga sanggup berkmonikasi secara lansgung dengan pengunjung yang bertindak sebagai apresiator.

Tidak spesialuntuk memdiberi manfaat kepada seniman, fungsi pekan raya sebagai masukana apresiasi juga membawa pengaruh faktual bagi para pengunjung. Menghadiri sebuah pekan raya akan memmenolong pengunjung dalam mempersembahkan suatu apresiasi dan menambah pengalaman dalam mengapresiasi suatu karya seni rupa.

#2 Sarana Ajang Prestasi
Selain mengetahu penilaian pengunjung terhadap karyanya, pekan raya juga menjadi ajang prestasi bagi para seniman untuk memperlihatkan kebolehan atau keahliannya dalam menghasilkan suatu karya seni rupa. Pameran akan menjadi suatu tolak ukur terhadap perkembangan karya seni rupa dari seorang seniman.

Melalui aktivitas pameran, para seniman sanggup meningkatkan kemampuan mereka dalam mengekspresikan diri ke dalam bentuk karya seni rupa, memicu kreativitas, dan memperlihatkan jati diri seorang seniman. Fungsi ini tentu penting untuk perkenalan kepada masyarakat biar karya seorang seniman sanggup dikenali dan mempunyai daerah tersendiri di hati penikmatnya.

#3 Sarana Rekreasi
Bagi pengunjung yang menhadiri sebuah pekan raya seni rupa, tentu pekan raya menjadi masukan rekreasi atau masukana hiburan yang menarikdanunik lantaran akan ada banyak karya seni rupa yang mengatakan keindahan dan kesan tertentu bagi setiap pengunjung.

Menghadiri sebuah pekan raya seni rupa juga sanggup memdiberi pengunjung suatu ide atau motivasi dalam berkarya. Mernyaksikan bermacam-macam karya seni rupa yang indah dan menawan tentu akan mempersembahkan kesan nyaman dan sanggup memmenolong pengunjung melepaskan penat.

#4 Sarana Edukasi
Selain mempunyai nilai estetikan dan hiburan, sebuah pekan raya juga berfungsi sebagai masukana edukasi atau masukana pembelajaran. Melalu pameran, pengunjung sanggup mempelari banyak sekali bentuk karya seni rupa dan metode pembuatannya.

Pameran juga menjadi masukana bagi anakdidik untuk latihan bagaimana menghasilkan karya yang sanggup dipamerkan, merencanakan sebuah pameran, mempersiapkan pameran, dan terlibat sebagai panitia dalam sebuah pekan raya seni rupa.

D. Tujuan Pameran Seni Rupa

Sejalan dengan fungsi-fungsi pekan raya yang sudah dipaparkan di atas, maka tujuan pekan raya seni rupa khususnya untuk pelajar yaitu sebagai diberikut:
1. Menambah pengalaman anakdidik dalam mengapresiasi karya seni
2. Memdiberi motivasi dan ide kepada anakdidik untuk menghasilkan karya seni
3. Melatih anakdidik dalam mengevaluasi suatu karya seni
4. Melatih anakdidik untuk aktif dalam kelompok dan berorganisasi
5. Melatih anakdidik untuk bertanggung tanggapan dan mandiri.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404