BLANTERVIO103

Pembahasan Soal Essai Perihal Protista, Alga Dan Protozoa

Pembahasan Soal Essai Perihal Protista, Alga Dan Protozoa
10/02/2018
.com - Essai Protista. Pembahasan pola soal berbentuk essai untuk bidang studi biologi sma ihwal protista. Soal dalam pembahasan ini disusun menurut beberapa subtopik pilihan yang paling sering dibahas dalam belahan Protista. Beberapa subtopik tersebut antara lain protista seolah-olah jamur, protista seolah-olah tumbuhan, protista seolah-olah hewan, ciri-ciri umum protista, pembagian terstruktur mengenai protista, pembagian terstruktur mengenai alga, pembagian terstruktur mengenai protozoa, ciri-ciri alga, ciri-ciri protozoa, dan tugas protista dalam kehidupan sehari-hari.

Soal 1 : Apa yang dimaksud dengan protista? Jelaskan ciri-ciri umum protista!

Pembahasan :
Protista ialah organisme tingkat rendah yang terdiri dari organisme seolah-olah jamur, organisme seolah-olah tumbuhan, dan organisme seolah-olah hewan. Secara umum, ciri-ciri dari protista antaralain :
1). Bersifat eukariotik : mempunyai membran inti
2). Respirasi secara aerobik
3). Sebagian besar bersifat uniseluler
4). Reproduksi secara s3ksual dan as3ksual
5). Sebagian hidup bebas, sebagian bersimbiosis
6). Sebagian besar hidup di perairan.

Soal 2 : Jelaskan pembagian terstruktur mengenai protista menurut cara memperoleh kuliner dan diberikan masing-masing contohnya!

Pembahasan :
Berdasarkan cara memperoleh makanan, protista sanggup dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu:
1). Protista fotoautotrof
2). Protista heterotrof

Protista fotoautotrof yaitu golongan protista yang sanggup mengubah molekul anorganik sederhana menjadi senyawa organik kompleks dengan memanfaatkan energi cahaya. Organisme yang tergolong protista fotoautotrof antara lain Chlorophyta dan Phaeophyta.

Protista heterotrof yaitu golongan protista yang tidak sanggup mengubah molekul anorganik menjadi senyawa (tidak sanggup menghasilkan makanannya sendiri) sehingga memerlukan kuliner dari lingkungannya dengan cara memakan organisme lain. misal protista heterotrof contohnya Rhizopoda dan Oomycota.

Baca juga : Pembahasan Soal ihwal Biologi Sel.

Soal 3 : Jelaskan pengelompokkan protista menurut kemiripannya dengan kingdom yang lebih tinggi! Berika masing-masing contohnya!

Pembahasan :
Jika ditinjau menurut kemiripannya dengan kingdom yang lebih tinggi, maka organisme protista sanggup dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu :
1). Protista seolah-olah jamur
2). Protista seolah-olah tumbuhan
3). Protista seolah-olah hewan

Protista seolah-olah jamur yaitu protista yang mengatakan ciri-ciri seolah-olah dengan jamur namun tidak dimasukkan ke dalam kingom fungsi atau kingdom jamur. Protista seolah-olah jamur tidak dimasukkan ke dalam kingdom fungi alasannya yaitu struktur badan dan cara reproduksinya tidak sama. misal : jamur lendir plasmodial, dan jamur air oomycota.

Protista seolah-olah flora atau dikenal dengan sebutan alga ialah golongan protista yang mengatakan kemiripan ciri dengan tumbuhan. Alga umumnya spesialuntuk berupa fitoplankton yang hidup melayang di dalam air. misal alga contohnya alga hijau, Chorella sp, alga merah, sargassum, dan sebagainya.

Protista seolah-olah binatang atau dikenal dengan sebutan protozoa ialah golongan protista yang mengatakan kemiripan ciri dengan hewan. Protozoa ialah mikroorganisme yang umum ditemukan di perairan dan ialah penyusun zooplankton. misal : rhizopoda, podophyra, euglonoida, dan sebagainya.

Soal 4 : Jelaskan pembagian terstruktur mengenai alga yang bersifat bentik (yaitu yang hidup di dasar perairan) menurut daerah melekatnya!

Pembahasan :
Berdasarkan daerah melekatnya, alga yang hidup di dasar perairan sanggup dibedakan menjadi empat kelompok, yaitu :
1). Epilitik : hidup menempel di atas batu
2). Epipaltik : menempel pada lumpur atau pasir
3). Epipitik : menempel pada tumbuhan air
4). Epizoik : menempel pada hewan.

Soal 5 : Jelaskan sifat Oomycota menurut cara memperoleh makanannya dan jelaskan bagaimana caranya memperoleh makanan!

Pembahasan :
Jamur air (Oomycota) bersifat heterotrofik baik secara benalu ataupun saprofit. Artinya, jamur tersebut tidak sanggup menghasilkan makanannya sendiri. Oomycota mengambil kuliner dengan cara memasukkan hifa ke dalam jaenteng inang, mengeluarkan enzim pencerna, dan mengisap larutan hasil pencernaan tersebut.

Soal 6 : Jelaskan repr0duksi as3ksual dan reproduksi s3ksual pada protista seolah-olah tumbuhan!

Pembahasan :
Reproduksi secara as3ksual pada protista seolah-olah flora (alga) terjadi melalui pembelahan sel. Pada pembelahan tersebut dihasilkan dua sel anak yang masing-masing akan menjadi individu baru. Reproduksi secara s3ksual melibatkan peleburan dua gamet untuk membentuk zigot yang akan tumbuh menjadi individu baru. Proses s3ksual pada alga sanggup berlangsung secara isogami atau oogami.

Soal 7 : Sebutkan ciri-ciri umum alga coklat dan beberapa contohnya!

Pembahasan :
Alga coklat ialah alga yang mempunyai talus terbesar dibanding jenis alga lainnya. misal alga coklat contohnya fucus serratus, Macrocystis pyrifera, dan Sargassum vulgare. Secara umum, alga cokelat mempunyai ciri-ciri sebagai diberikut:
1). Talus berbentuk tegak, bercabang dan tidak berfilamen
2). Memiliki kloroplas tunggal
3). Memiliki pirenoid di belahan kloroplas
4). Memiliki lapisan selulosa di belahan dinding sel
5). Memiliki jaenteng transportasi air yang analog dengan flora darat.

Soal 8 : Rizhopoda ialah protozoa yang mempunyai alat gerak berupa kaki tiruan. Jelaskan tipe-tipe kaki tiruan pada rizhopoda!

Pembahasan :
Secara garis besar, kaki tiruan pada Rizhopoda dibedakan menjadi dua tipe, yaitu:
1). Lobodia : berbentuk agak lebar dengan ujung berbentuk tabung
2). Filopodia : berbentuk cabang dengan ujung penjuluran berbentuk runcing.

Soal 9 : Sebagian protozoa mempunyai tugas negatif yang sanggup menjadikan penyakit bagi manusia. Salah satunya yaitu Leishmania. Jelaskan jenis-jenis Leishmania dan penyakit yang ditimbulkannya!

Pembahasan :
Leishmania ialah protista yang mengakibatkan penyakit pada sel-sel endometrium pembuluh darah. Jenis-jensinya antaralain:
1). Leishmania donovani : penyebab penyakit kala azar
2). Leishmania torpica : penyebab penyakit kulit (oriental)
3). Leishmania brasilliensis : penyebab penyakit kulit di Amerika Selatan.

Soal 10 : Sebutkan dan Jelaskan pengelompokkan (klasifikasi) protozoa menurut alat geraknya! diberikan masing-masing contohnya!

 Pembahasan pola soal berbentuk essai untuk bidang studi biologi sma ihwal protista PEMBAHASAN SOAL ESSAI TENTANG PROTISTA, ALGA DAN PROTOZOA

Pembahasan :
Berdasarkan alat geraknya, protozoa sanggup dibedakan menjadi lima golongan, yaitu:
1). Rhizopoda : bergerak dengan kaki tiruan, pola : Arcella, Difflugia.
2). Flagellata : bergerak dengan bulu cambuk, pola : volvocida, Dinoflagellata.
3). Ciliata : bergerak dengan rambut getar, pola : Stentor, Stylonichia.
4). Suctoria : bulu getar spesialuntuk pada awal hidupnya, pola : podophyra, Sphenophyra.
5). Sporozoa : tidak mempunyai alat gerak, pola : Plasmodium sp.

Baca juga : Kumpulan Soal dan Jawaban ihwal Protista seolah-olah Tumbuhan.

Demikianlah pembahasan beberapa pola soal essai ihwal protista yang sanggup edutafsi bagikan biar bermanfaa untuk acara belajar. Jika pembahasan soal esai protista ini bermanfaa, menolong kami membagikannya kepada kawan-kawan anda melalui tombol share yang tersedia, terimakasih.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404