misal Soal UKG PAUD Kompetensi Pedagogik contoh-soal.com
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan mempersembahkan tanda silang (x) pada pilihan jawabanan yang berdasarkan Anda paling benar!
1. Menurut Permendikbud No. 146 tahun 2014, yang dimaksud dengan pertumbuhan adalah...
A. Bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh sehingga dapat diukur dengan satuan panjang dan berat
B. Bertambahnya ukuran fisik dan bersifat kualitatif
C. Betambahnya fungsi psikis dan fisik anak
D. Bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks
2. Berikut ini ialah faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, kecuali........
A. Keluarga
B. Jenis Kelamin
C. Kelainan genetik
D. Gizi
3. Upaya penjaenteng yang dilaksanakan secara komprehensif untuk menemukan penyimpangan tumbuh kembang pada anak usia dini disebut......
A. Intervensi
B. Deteksi dini
C. Stimulasi
D. Interaksi
4. Deteksi dini untuk mengetahui kelainan pertumbuhan pada anak sanggup memakai metode antropometri, yang mencakup pengukuran.....
A. Berat badan, tinggi badan, gangguan motorik kasar
B. Tinggi badan, lingkar kepala anak, gangguan psikologis
C. Berat badan, tinggi badan, lingkar kepala anak
D. Berat badan, tinggi badan, gangguan wicara
5. Berikut ini ialah pelaksana deteksi dini penyimpangan pertumbuhan di tingkat keluarga dan masyarakat, kecuali....
A. Orang tua
B. Kader kesehatan
C. Guru PAUD/TK
D. Ahli Gizi
6. Deteksi dini perkembangan anak dapat dilakukan melalui skrining perkembangan, yang terdiri atas beberapa perangkat, kecuali....
A. Tabel berat badan/tinggi badan
B. Kuesener pra skrining perkembangan (KPSP)
C. Kuesener sikap anak pra sekolah (KPAP)
D. Tes daya Lihat (TDL)
7. Denver Development Screening Test II (DDST) dapat digunakan untuk mendeteksi persoalan perkembangan anak terutama dalam hal....
A. Diagnosis kesusahan belajar
B. Diagnosis gangguan bahasa
C. Diagnosis gangguan emosional
D. Membandingkan kemampuan perkembangan anak yang seumur
8. Berikut ini ialah cara menggunakan kuesener pra skrining perkembangan (KPSP), kecuali.....
A. Menentukan anak
B. Memilih KPSP yang sesuai dengan usia anak
C. Menjawaban pertanyaan dalam KPSP oleh orang tua
D. Menjawaban pertanyaan dalam KPSP oleh guru TK
9. Manakah pernyataan yang benar diberikut ini yang ialah interpretasi hasil KPSP.....
A. Jumlah jawabanan “ya” = 7 atau 8, perkembangan anak sesuai tahap perkembangannya (S)
B. Jumlah jawabanan “ya” = 6 atau kurang, perkembangan anak mencurigai (M)
C. Jumlah jawabanan “ya” = 9 atau 10, perkembangan anak sesuai tahap perkembangannya (S)
D. Jumlah jawabanan “ya” = 5 atau kurang, kemungkinan ada penyimpangan (P)
10. Jadwal untuk pelaksanaan deteksi untuk Tes Daya Dengar (TDD) adalah...
A. Setiap 2 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
B. Setiap 3 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
C. Setiap 4 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
D. Setiap 6 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
11. Berikut ini ialah faktor-faktor yang mempengaruhi gangguan perkembangan fisik motorik, kecuali...
A. Neuromuscular
B. Cerebral Palsy
C. Infeksi TORCH
D. Disleksia
12. Salah satu bentuk stimulasi yang didiberikan biar kemampuan berjalan anak sanggup berkembang dengan baik adalah...
A. Bermain dengan menggunakan mainan mobil-mobilan yang bisa di dorong
B. Bermain menendang bola
C. Melompat di kawasan atau trampolin
D. bermain lempar tangkap bola
13. Gangguan perkembangan bahasa dimana anak pada usia seharusnya belum bisa mengucapkan kata impulsif yang bermakna menyerupai “mama” atau “papa” di sebut...
A. Afasia
B. Disfasia
C. Disgrafia
D. Diskalkulia
14. Gangguan perkembangan bahasa yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada pusat-pusat bahasa di cortex cerebri disebut...
A. Afasia
B. Disfasia
C. Disgrafia
D. Diskalkulia
15. Penanganan terhadap anak yang mengalami gangguan bahasa melalui pendekatan yang menekankan pada intervensi dalam bidang persepsi auditori, ingatan, asosiasi, adalah.....
A. Pendekatan proses
B. Pendekatan perilaku
C. Pendekatan Task Analysis Approach
D. Pendekatan Interpersonal Interaktif
16. Salah satu permasalahan Psiko-sosial pada anak, dimana anak suka melaksanakan tindakan kekerasan baik fisik maupun verbal kepada guru atau kawannya adalah...
A. Kecemasan
B. Agresivitas
C. Ketakutan
D. Hiperaktif
17. Berikut ini ialah faktor-faktor eksternal yang menyebabkan sikap bernafsu pada anak, kecuali....
A. Kemiskinan
B. Suhu udara yang gerah
C. Meniru (Modelling)
D. Orang renta yang terlalu melindungi
18. Salah satu faktor yang mengakibatkan sifat pemalu pada anak adalah....
A. Anak selalu ditinggal sendirian di rumah
B. orang renta terlalu menetapkan hukum yang berlebihan
C. Anak terlalu banyak mendapatkan eksekusi lantaran dianggap salah
D. Anak kurang bersosialisasi di lingkungannya
19. Salah satu bentuk intervensi yang dapat dilakukan terhadap anak yang pemalu adalah....
A. Pendidik hendaknya selalu mempersembahkan dorongan dan pujian pada anak
B. Pendidik mengajarkan tentang kemandirian
C. Memelihara kenyamanan dan keamanan
D. Mengajarkan sifat kesadaran
20. Aktivitas motorik yang tinggi pada anak dengan ciri-ciri aktivitas selalu berganti, tidak mempunyai tujuan tertentu, berulang dan tidak bermanfaa, disebut...
A. Agresivitas
B. Hiperaktif
C. Impulsif
D. Temper tantrum
Itulah rujukan soal UKG untuk jenjang PAUD/TK pada komptensi pedagogik pokok bahasan Karakteristik dan permasalah Anak Usia Dini. Semoga bermanfaa.
Contoh Soal Ukg Paud : Kompetensi Pedagogik Karakteristik Dan Problem Anak Usia Dini
10/02/2018
Share This Article :
Emoticon