BLANTERVIO103

Contoh Soal Ukg Paud : Kompetensi Pedagogik Karakteristik Dan Problem Anak Usia Dini

Contoh Soal Ukg Paud : Kompetensi Pedagogik Karakteristik Dan Problem Anak Usia Dini
10/02/2018
misal Soal UKG PAUD Kompetensi Pedagogik contoh-soal.com
Jawablah  pertanyaan  di  bawah  ini  dengan  mempersembahkan  tanda  silang  (x)  pada pilihan jawabanan yang berdasarkan Anda paling benar!
1.  Menurut  Permendikbud  No.  146  tahun  2014,  yang  dimaksud  dengan pertumbuhan adalah...
A.  Bertambahnya  ukuran  fisik  dan  struktur  tubuh  sehingga  dapat  diukur dengan satuan panjang dan berat
B.  Bertambahnya ukuran fisik dan bersifat kualitatif
C.  Betambahnya fungsi psikis dan fisik anak
D.  Bertambahnya  kemampuan  struktur  dan  fungsi  tubuh  yang  lebih kompleks

2. Berikut ini ialah faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, kecuali........
A.  Keluarga
B.  Jenis Kelamin
C.  Kelainan genetik
D.  Gizi

3.  Upaya  penjaenteng  yang  dilaksanakan  secara  komprehensif  untuk menemukan  penyimpangan  tumbuh  kembang  pada  anak  usia  dini disebut......
A.  Intervensi
B.  Deteksi dini
C.  Stimulasi
D.  Interaksi

4.  Deteksi  dini  untuk  mengetahui  kelainan  pertumbuhan  pada  anak  sanggup memakai metode antropometri, yang mencakup pengukuran.....
A.  Berat badan, tinggi badan, gangguan motorik kasar
B.  Tinggi badan, lingkar kepala anak, gangguan psikologis
C.  Berat badan, tinggi badan, lingkar kepala anak
D.  Berat badan, tinggi badan, gangguan wicara

5.  Berikut ini ialah pelaksana deteksi dini penyimpangan pertumbuhan di tingkat keluarga dan masyarakat, kecuali....
A.  Orang tua
B.  Kader kesehatan
C.  Guru PAUD/TK
D.  Ahli Gizi

6.  Deteksi  dini  perkembangan  anak  dapat  dilakukan  melalui  skrining perkembangan, yang terdiri atas beberapa perangkat, kecuali....
A.  Tabel berat badan/tinggi badan
B.  Kuesener pra skrining perkembangan (KPSP)
C.  Kuesener sikap anak pra sekolah (KPAP)
D.  Tes daya Lihat (TDL)

7.  Denver  Development  Screening  Test  II  (DDST)  dapat  digunakan  untuk mendeteksi persoalan perkembangan anak terutama dalam hal....
A.  Diagnosis kesusahan belajar
B.  Diagnosis gangguan bahasa
C.  Diagnosis gangguan emosional
D.  Membandingkan kemampuan perkembangan anak yang seumur

8.  Berikut  ini  ialah  cara  menggunakan  kuesener  pra  skrining perkembangan (KPSP), kecuali.....
A.  Menentukan anak
B.  Memilih KPSP yang sesuai dengan usia anak
C.  Menjawaban pertanyaan dalam KPSP oleh orang tua
D.  Menjawaban pertanyaan dalam KPSP oleh guru TK

9. Manakah pernyataan yang benar diberikut ini yang ialah interpretasi hasil KPSP.....
A.  Jumlah  jawabanan  “ya”  =  7  atau  8,  perkembangan  anak  sesuai  tahap perkembangannya (S)
B.  Jumlah  jawabanan  “ya”  =  6  atau  kurang,  perkembangan  anak  mencurigai (M)
C. Jumlah  jawabanan  “ya”  =  9  atau  10,  perkembangan  anak  sesuai  tahap perkembangannya (S)
D. Jumlah jawabanan “ya” = 5 atau kurang, kemungkinan ada penyimpangan (P)

10. Jadwal untuk pelaksanaan deteksi untuk Tes Daya Dengar (TDD) adalah...
A.  Setiap 2 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
B.  Setiap 3 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
C.  Setiap 4 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
D.  Setiap 6 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas

11.  Berikut  ini  ialah  faktor-faktor  yang  mempengaruhi  gangguan perkembangan fisik motorik, kecuali...
A.  Neuromuscular
B.  Cerebral Palsy
C.  Infeksi TORCH
D.  Disleksia

12. Salah satu bentuk stimulasi yang didiberikan biar kemampuan berjalan anak sanggup berkembang dengan baik adalah...
A.  Bermain  dengan  menggunakan  mainan  mobil-mobilan  yang  bisa  di dorong
B.  Bermain menendang bola
C.  Melompat di kawasan atau trampolin
D.  bermain lempar tangkap bola

13. Gangguan perkembangan bahasa dimana anak pada usia seharusnya belum bisa mengucapkan kata impulsif yang bermakna menyerupai “mama” atau “papa” di sebut...
A.  Afasia
B.  Disfasia
C.  Disgrafia
D.  Diskalkulia

14. Gangguan  perkembangan bahasa yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada pusat-pusat bahasa di cortex cerebri disebut...
A.  Afasia
B.  Disfasia
C.  Disgrafia
D.  Diskalkulia

15.  Penanganan  terhadap  anak  yang  mengalami  gangguan  bahasa  melalui pendekatan  yang  menekankan  pada  intervensi  dalam  bidang  persepsi auditori, ingatan, asosiasi, adalah.....
A.  Pendekatan proses
B.  Pendekatan perilaku
C.  Pendekatan Task Analysis Approach
D.  Pendekatan Interpersonal Interaktif

16.  Salah  satu  permasalahan  Psiko-sosial  pada  anak,  dimana  anak  suka melaksanakan tindakan kekerasan  baik fisik maupun  verbal  kepada guru  atau kawannya adalah...
A.  Kecemasan
B.  Agresivitas
C.  Ketakutan
D.  Hiperaktif

17.  Berikut  ini  ialah  faktor-faktor  eksternal  yang  menyebabkan  sikap bernafsu pada anak, kecuali....
A.  Kemiskinan
B.  Suhu udara yang gerah
C.  Meniru (Modelling)
D.  Orang renta yang terlalu melindungi

18. Salah satu faktor yang mengakibatkan sifat pemalu pada anak adalah....
A.  Anak selalu ditinggal sendirian di rumah
B.  orang renta terlalu menetapkan hukum yang berlebihan
C.  Anak terlalu banyak mendapatkan eksekusi lantaran dianggap salah
D.  Anak kurang bersosialisasi di lingkungannya

19.  Salah  satu  bentuk  intervensi  yang  dapat  dilakukan  terhadap  anak  yang pemalu adalah....
A.  Pendidik  hendaknya  selalu  mempersembahkan  dorongan  dan  pujian  pada anak
B.  Pendidik mengajarkan tentang kemandirian
C.  Memelihara kenyamanan dan keamanan
D.  Mengajarkan sifat kesadaran

20.  Aktivitas  motorik  yang  tinggi  pada  anak  dengan  ciri-ciri  aktivitas  selalu berganti,  tidak mempunyai  tujuan  tertentu,  berulang  dan  tidak  bermanfaa, disebut...
A.  Agresivitas
B.  Hiperaktif
C.  Impulsif
D.  Temper tantrum
Itulah rujukan soal UKG untuk jenjang PAUD/TK pada komptensi pedagogik pokok bahasan Karakteristik dan permasalah Anak Usia Dini. Semoga bermanfaa.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404