BLANTERVIO103

Macam-Macam Jaringan Otot Dan Fungsinya

Macam-Macam Jaringan Otot Dan Fungsinya
10/08/2018
Jaenteng otot yaitu jaenteng yang disusun oleh sel-sel otot yang sering disebut sebagai serat-serat otot. Serat-serat pada otot tersusun atas materi protein kontraktil berupa miosin dan aktin. Kandungan protein kontraktil tersebut memungkinkan jaenteng otot untuk memanjang dan memendek. Secara umum, otot berfungsi sebagai alat gerak aktif yang memungkinkan terjadinya gerakan dalam setiap acara badan dan organ-organ tubuh. Setiap jaenteng otot mengandung serabut halus yang disebut miofibril. Miofibril terdapat di sepanjang sel dan umumnya terlihat dengan terperinci pada otot jantung dan otot lurik. Pada peluang ini, materi berguru sekolah akan mengulas jenis-jenis jaenteng otot berdasarkan ciri, sifat, dan fungsinya.

Jenis Otot Berdasarkan Sifat

Sebenarnya, jenis-jenis otot sanggup dibagi berdasarkan beberapa faktor pembeda tapi salah satu faktor pembeda yang paling umum dibahas yaitu sifat atau cara kerja otot. Dilihat berdasarkan sifatnya, jaenteng otot sanggup dibedakan menjadi dua jenis, yaitu otot volunter dan otot involunter.

#1 Otot Volunter
Otot volunter yaitu otot yang bekerja secara sadar atau berkontraksi di bawah imbas kesadaran. melaluiataubersamaini kata lain, acara jaenteng otot volunter sesuai dengan kehendak kita. Jaenteng otot ini dipersarafi oleh sistem saraf pusat. Otot volunter disebut juga sebagai otot sadar.

Otot volunter sanggup berkontraksi dengan cepat dan besar lengan berkuasa tetapi sanggup menjadikan kelelahan. Oleh alasannya itu, kemampuan kontraksi otot volunter terbilang sebentar. Jika otot beraktivitas dalam jangka waktu yang lama, maka akan menimbulkan lelah. Jaenteng otot yang termasuk otot sadar yaitu otot lurik atau otot rangka.

#2 Otot Involunter
Sebaliknya, otot involunter yaitu otot yang bekerja secara tidak sadar atau berkontraksi tida dibawah imbas kesadaran. melaluiataubersamaini kata lain, acara jaenteng otot involunter tidak berdasarkan kehendak kita. Jaenteng otot ini dipersarafi oleh sistem saraf autonom. Otot involunter disebut juga otot tak sadar.

Otot involunter umumnya bereaksi lambat tetapi sanggup bekerja dalam jangka waktu yang lama. Meski beraktivitas dalam jangka waktu yang lama, acara otot involunter tidak menjadikan kelelahan. Jaenteng otot yang bersifat involunter yaitu otot polos dan otot jantung.

Baca juga : Macam-macam Jaenteng Ikat dan Fungsinya.

Jenis Otot Berdasarkan Ciri

Jika dilihat berdasarkan ciri-ciri yang sanggup diamati, maka jaenteng otot sanggup dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu otot polos, otot lurik atau otot rangka, dan otot jantung. Beberapa ciri otot mempunyai kesamaan namun tetap ada pembedanya.

#1 Ciri-ciri Otot Polos
Oto polos yaitu otot yang sanggup dimukan pada dinding organ dalam atau jerohan. Otot polos disusun oleh sel-sel berbentuk fusiform atau ibarat gelendong yang melancip di kedua ujungnya. Tiap sel mempunyai satu inti yang terletak di pecahan tengah.  

Jaenteng otot yaitu jaenteng yang disusun oleh sel MACAM-MACAM JARINGAN OTOT DAN FUNGSINYA

Otot polos sanggup ditmukan pada dinding pembuluh darah, akses pencernaan, kantong kemih, akses respirasi, akses reproduks1 dan beberapa organ viseral lain yang bekerja secara ototmatis. Jaenteng otot polos berfungsi memungkinkan gerak dan mendukung fungsi dari organ-organ tersebut.

Berdasarkan ulasan tersebut, diberikut beberapa ciri-ciri otot polos:
1. Sel berbentuk gelendong dan melancip di kedua ujung
2. Memiliki satu nukleus di pecahan tengah sel
3. Serabut halus yang melintang tidak terlihat
4. Bekerja secara tak sadar atau involunter
5. Reaksinya lambat tapi sanggup bekerja dalam jangka waktu lama.

#2 Ciri-ciri Otot Lurik
Otot lurik yaitu otot yang disusun oleh sel-sel berbentuk silindris memanjang dan tidak mempunyai cabang. Pada otot lurik, garis melintang yang terbentuk oleh miofibril atau serabut halus terlihat dengan jelas. Sel otot lurik mempunyai banya inti yang terletak di pecahan tepi sel.

Jaenteng otot yaitu jaenteng yang disusun oleh sel MACAM-MACAM JARINGAN OTOT DAN FUNGSINYA

Oto lurik disebut juga sebagai otot rangka alasannya otot ini menempel pada rangka. Oto rangka sanggup berkontraksi secara cepat dan kuat, tetapi sanggup mneimbulkan kelelahan jikalau berkontraksi dalam jangka waktu yang lama. Otot lurik berfungsi memungkinkan gerakan pada rangka atau gerak tubuh.

Berikut beberapa ciri dari otot lurik:
1. Sel berbentuk silinder memanjang dan tidak bercabang
2. Memiliki banyak nukleus di pecahan tepi sel
3. Serabut halus yang melintang tidak jelas
4. Bekerja secara sadar atau volunter
5. Reaksinya cepat tapi menimulkan kelelahan jikalau bekerja dalam waktu lama.

# Ciri-ciri Otot Jantung
Otot jantung yaitu otot yang bentuknya mirip dengan otot lurik tetapi bekerja mirip otot polos. Sama mirip otot lurik, otot jantung disusun oleh sel berbentk silinder memanjang tetapi mempunyai cabang dengan satu inti di pecahan tengah akrab percabangan. Pada otot jantung, miofibril atau serabut halus juga terlihat dengan terperinci berupa gari melintang mirip halnya otot lurik.

Jaenteng otot yaitu jaenteng yang disusun oleh sel MACAM-MACAM JARINGAN OTOT DAN FUNGSINYA

Sama mirip otot polos, otot jantung juga bekerja secara tak sadar atau bersifat involunter. Reaksi otot jantung cenderung lambat dan tidak menjadikan kelelahan. Sesuai dengan namanya, otot jantung spesialuntuk dijumpai pada dinding jantung dan berfungsi memmenolong jantung berkontraksi dalam memompa darah ke luar masuk dari atau ke jantung.

Berdasarkan ulasn itu, diberikut beberapa ciri otot jantung:
1. Sel berbentuk silinder memanjang dan mempunyai cabang
2. Memiliki satu nukleus di pecahan tengah sel
3. Serabut halus yang melintang terlihat jelas
4. Bekerja secara tak sadar atau involunter
5. Reaksinya lambat tapi sanggup bekerja dalam jangka waktu lama.
Baca juga : Macam-macam Jaenteng Epitel dan Fungsinya.

Perbedaan Otot Polos, Otot Lurik, dan Otot Jantung

Berdasarkan sifat dan ciri-ciri yang sudah dipaparkan di atas, maka sanggup disimpulkan beberapa perbedaan antara otot polos, otot lurik, dan otot jantung. Perbedaan tersebut ditunjukkan pada tabel di bawah ini.
Otot PolosOtot LurikOtot Jantung
Sel berbentuk mirip gelendong dan lancip di kedua ujungSel berbentuk silinder panjang tidak bercabangSel berbentuk silinder memanjang dan bercabang
Jumlah nukleus satu terletak di pecahan tengahJumlah nukleus banyak terletak di pecahan tepiJumlah nuleus satu terletak di tengah
Miofibril dan garis melintang tidak terlihatMiofibril atau garis melintang terlihat dengan jelasMiofibril dan garis melintang terlihat dengan jelas
Diatur oleh sistem saraf autonomDiatur oleh sistem saraf pusatDiatur oleh sistem saraf autonom
Bekerja secara tidak sadar (involunter)Bekerja secara sadar (volunter)Bekerja secara tidak sadar (involunter)
Kecepatan kontraksi lambatKecepatan kontraksi cepatKecepatan kontraksi sedang
Dapat bekerja usang dan tidak menjadikan kelelahanAktivitas yang usang sanggup menjadikan kelelahan Dapat bekerja usang dan tidak menjadikan kelelaham
Ditemukan pada dinding organ dalamDitemukan pada tendon, menempel pada rangkaDitemukan pada dinding jantung

Baca juga : Macam-macam Sistem Organ Hewan dan Fungsinya.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404