BLANTERVIO103

Klasifikasi Alat Musik Berdasarkan Fungsi, Cara Dan Sumber Bunyinya

Klasifikasi Alat Musik Berdasarkan Fungsi, Cara Dan Sumber Bunyinya
10/06/2018
.com - Penggolongan jenis-jenis alat musik. Instrumen atau alat musik ialah salah satu media seni musik yang memegang peranan penting dalam penciptaan suatu karya musik. Dalam seni musik dikenal bermacam-macam instrumen musik dengan karakternya masing-masing yang kalau dipakai baik secara tunggal atau secara ensambel akan menghasilkan musik dengan huruf tertentu yang lalu dikenal sebagai fatwa musik. Penggunaan bermacam-macam alat musik yang tidak sama yang dipadukan dengan tenik tertentu juga menghasilkan huruf musik yang sanggup dibedakan berdasarkan tananan masyarakat. Jika ditinjau dari segi tersebut, maka instrumen musik secara garis besar sanggup dibedakan menjadi dua jenis, yaitu alat musik tradisional dan alat musik modern. Seiring dengan perkembangannya, alat musik tradisi dan alat musik modern seringkali dipadukan sehingga berbaur dan menghasilkan musik tertentu. Pada peluang ini, akan mengulas pengelompokkan alat musik berdasarakn fungsi, cara memainkan dan sumber bunyinya.

A. Jenis Alat Musik Berdasarkan Fungsinya

Sebagai media seni musik, tentu saja instrumen atau alat musik sengaja diciptakan dengan fungsi tertentu sesuai dengan huruf yang dihasilkan. Setiap alat musik mempunyai fungsi yang khas sehingga keberadaannya memdiberi warna tersendiri dalam karya musik yang dihasilkan.

Dilihat berdasarkan fungsinya, alat musik sanggup dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu alat musik melodis, alat musik harmonis, dan alat musik ritmis. Ketiga fungsi tersebut ialah fungsi vital dari sebuah alat musik sehingga dihasilkan sebuah karya musik yang menarikdanunik dan yummy untuk didengar.

#1 Alat Musik Melodis
Alat musik melodis ialah alat musik yang sanggup berfungsi untuk menghasilkan melodi dalam suatu lagu. Secara umum, alat musik melodis tidak sanggup memainkan kord secara tunggal. Beberapa alat musik yang mempunyai fungsi melodis antara lain biola, rujungder, harmonika, flute, saxofon, trombon, dan sebagainya.

#2 Alat Musik Harmonis
Alat musik yang mempunyai fungsi serasi disebut alat musik harmonis. Fungsi serasi yaitu memainkan harmoni dalam sebuah lagu. Alat ini sanggup memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan. misal : gitar, keyboard, harpha, piano, organ, siter, kentrung, dan sebagainya.

#3 Alat Musik Ritmis
Alat musik ritmis ialah alat musik yang berfungsi sebagai pengiring pengatur tempo pada lagu. Alat musik ini memmenolong memdiberi ketukan pada sebuah lagu. Alat musik ini umumnya bernada tetap atau tidak bernada, contohnya drum, triangele, tifa, ketipung, tamborin, cymbal, kedang, dan sebagainya.

Baca juga :  Jenis Seni Musik Berdasarkan Tatanan Masyarakat.

B. Macam Alat Musik Berdasarkan Teknik Memainkannya

Selain fungsi, huruf sebuah alat musik juga sanggup dilihat dari cara memainkannya. Berdasarkan cara memainkannya, instrumen musik sanggup dibedakan menjadi enam kelompok, yaitu alat musik gesek, petik, pukul, tiup, getar, dan alat musik tekan.

#1 Alat Musik Gesek
Alat musik gesek ialah alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. Alat musik ini umumnya ialah alat musik kordofon yang memakai dawai atau senar. Beberapa alat musik gesek antaralain viola, celo, rebab, contre bass, dan sebagainya.

#2 Alat Musik Petik
Alat musik petik ialah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik memakai jari atau alat kecil khusus untuk memmenolong petikan. Sama menyerupai alat musik gesek, alat musik petik umumnya juga memakai senar, contohnya gitar, siter, kecapi, lute, harpa, banjo, ukulele dan sebagainya.

#3 Alat Musik Pukul
Alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul disebut sebagai alat musik pukul. Alat musik ini dipukul secara mekanik sanggup ialah alat idifofon atau membranofon. Beberapa pola alat musik pukul antaralain kendang, drum, tamborine, timpani, rebana, bongo, talempong, gong, saron, dan sebagainya.

#4 Alat Musik Tiup
Sesuai dengan namanya, alat musik tiup ialah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Bunyi pada alat musik ini berasal dari getaran udara dalam tabung sehingga termasuk alat musik aerofon. misal alat musik tiup antaralain rujungder, flute, terompet, trombone, klarinet, pianika, suling, horn, oboe, saxofon, harmonika, dan sebagainya.

#5 Alat Musik Goyang
Alat musik goyang atau alat musik getar ialah alat musik yang dimainkan dengan cara diguncang atau digoyang supaya bergetar. misal alat musik ini yang paling pouler ialah angklung, tamborin, dan marakas.

#6 Alat Musik Tekan
Alat musik tekan ialah alat musik yang dimainkan dengan cara memdiberi tekanan memakai jari. Alat musik ini biasanya mengunakan bilah nada dalam susunan yang khusus, contohnya keyboard, organ, piano, dan akordeon.

Baca juga : Perbedaan Seni Musik Tradisional dan Musik Modern.

C. Instrumen Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya

Jika ditinjau berdasarkan sumber bunyinya, maka alat atau instrumen musik sanggup dikelompokkan menjadi tiga golongan, yaitu alat musik idiofon, membranofon, kordofon, aerofon, dan elektrofon. Berikut klarifikasi dari masing-masing alat musik tersebut.
 
#1 Idiofon → getaran inti

Idiofon ialah jenis alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran badan serpihan inti dari instrumen itu sendiri. Alat musik idifofon umumnya dimainkan dengan cara dipukul. Beberapa pola idiofon antaralain gong, kastanyet, bonang, angklung, saron, gender, dan sebagainya.

#2 Membranofon → selaput membran
Sesuai dengan namanya, membranofon ialah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari membran atau selaput yang terdapat pada instrumen tersebut. Alat musik ini biasanya dimainkan dengan cara dipukul memakai jari atau alat pemukul, contohnya gendang, conga, rebana, timpani, bongo, bass drum, dan sebagainya.

 Instrumen atau alat musik ialah salah satu media seni musik yang memegang peranan pen KLASIFIKASI ALAT MUSIK MENURUT FUNGSI, CARA DAN SUMBER BUNYINYA

#3 Kordofon → dawai atau senar
Kordofon ialah jenis instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari seutas tali yang disebut dawai atau senar. Alat musik ini dimainkan dengan cara yang beragam, ada yang dipetik, ada yang digesek, dan ada yang dipukul. misal : harpa, lute, mandolin, gitar, ukelele, banji, siter, viola, celo, rebab, dan piano.

#4 Aerofon → getaran udara
Alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara dalam tabung disebut alat musik aerofon. Alat musik ini umumnya dimainkan dengan cara ditiup. Beberapa alat musik aerofon antaralain terompet, suling, flute, rujungder, horn, trombone, saxofon, oboe, harmonika, akordeon, pianika, dan sebagainya.

#5 Elektrofon → sirkuit elektronik
Elektrofon ialah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari suatu sinyal yang dihasilkan dari hasil getaran atau osilasi sirkuit listrik. misal alat musik elektrofon yang cukup terkenal antaralain organ, electon, keyboard, dan sebagainya.

Baca juga : misal Musik Modern Nusantara dan Mancguagara.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404