BLANTERVIO103

Ciri-Ciri Dan Kegunaan Cermin Cekung Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Ciri-Ciri Dan Kegunaan Cermin Cekung Dalam Kehidupan Sehari-Hari
10/08/2018
.com - Cermin Cekung. Pada artikel sebelumnya, edutafsi sudah mengulas aturan pemantulan cahaya dan sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin datar. Karena cermin tidak spesialuntuk cermin datar melainkan ada cermin lengkung, maka tentu muncul pertanyaan baru, yaitu bagaimana sifat pemantulan cahaya pada cerminyang lengkung? Cermin lengkung dibedakan menjadi dua jenis, yaitu cermin cekung dan cermin cembung. Pada peluang ini, edutafsi akan mengulas ihwal cermin cekung. Pembahasan kali ini mencakup ciri-ciri cermin cekung, sifat pemantulan cahaya pada cermin cekung, dan kegunaan cermin cekung dalam kehidupan sehari-hari.

A. Ciri-ciri Cermin Cekung

Sesuai dengan namanya, cermin cekung ialah cermin yang bentuknya cekung (permukaan cerminnya melengkung ke dalam). Pada cermin cekung, titik serius atau titik api dan titik sentra kelengkungan cermin berada di depan cermin atau di depan bab yang mengkilat.

Cermin cekung bersifat konvergen, yaitu mengumpulkan berkas cahaya pada titik serius. Karena sifatnya tersebut, maka cermin cekung sering pula disebut cermin konvergen. Cermin cekung juga mempunyai jarak serius bertanda konkret sehingga disebut pula cermin konkaf atau cermin positif.

Cermin cekung bisa menghasilkan perbemasukan bayangan yang bervariasi (bisa lebih besar atau lebih kecil dari bendanya). Perbemasukan yang dihasilkan oleh cermin cekung bergantung pada posisi dimana benda tersebut diletakkan di depan cermin cekung.

 edutafsi sudah mengulas aturan pemantulan cahaya dan sifat bayangan yang dihasilkan oleh c CIRI-CIRI DAN KEGUNAAN CERMIN CEKUNG DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Untuk mempergampang penentuan sifat bayangan dan perbemasukan yang dihasilkan cermin umumnya dipakai metode penomoran ruang dalam cermin. Pada cermin cekung, ruang I, II, dan III berada di depan cermin sedangkan ruang IV berada di belakang cermin.

B. Sifat Pemantulan Oleh Cermin Cekung

Garis normal pada setiap titik pada cermin cekung ialah garis jari-jari cermin. melaluiataubersamaini demikian, antara jari-jari kelengkungan cermin dan jarak serius cermin berlaku korelasi R = 2f dengan R ialah jari-jari kelengkungan dan f ialah jarak serius cermin.

Sifat pemantulan oleh cermin cekung ialah sebagai diberikut :
1). Sinar yang hadir sejajar sumbu utama dipantulkan melalui titik serius
2). Sinar yang hadir melalui titik serius dipantulkan sejajar sumbu utama
3). Sinar yang hadir melalui sentra kelengkungan dipantulkan kembali melalui titik tersebut.

Sifat-sifat pemantulan di atas sanggup dimanfaatkan untuk menggambarkan bayangan yang dihasilkan oleh cermin cekung sekaligus dipakai untuk mengusut sifat bayangan yang dihasilkannya. Ulasan lengkapnya akan dibahas pada subtopik selanjutnya.

Jika cermin cekung bersifat konvergen yaitu mengumpulkan berkas cahaya yang jatuh padanya, kemudian bagaimana dengan cermin cembung? Bagaimana sifat pemantulan cahaya pada cermin cembung? Untuk melihat pembahasan terkena cermin cembung, anda sanggup melihatnya melalui link di bawah ini.

Baca juga : Ciri-ciri dan Sifat Pemantulan Cermin Cembung.

C. Kegunaan Cermin Cekung

Karena sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin cekung tidak sama-beda bergantung pada posisi benda di depan cermin, maka cermin cekung sanggup dimanfaatkan untuk banyak sekali kebutuhan. Berikut beberapa kegunaan cermin cekung dalam kehidupan sehari-hari.

#1 Pada Senter atau lampu sorot
Pada senter, cermin cekung dipakai untuk menyejajarkan berkasa cahaya yang berasal dari lampu. Kegunaan ini juga ditemukan pada proyektor film. Cermin cekung juga dipakai pada lampu sorot kendaraan beroda empat semoga sinar yang dihasilkan sejajar.

#2 Cermin Hias
Cermin cekung sanggup menghasilkan bayangan maya yang diperbesar sehingga sanggup dipakai untuk keperluan berdandan.

#3 Alat Dokter Gigi
Dokter gigi memakai sebuah alat yang terdiri dari sebuah cermin cekung untuk memmenolong mereka mengusut gigi pasien. Cermin cekung memmenolong dokter melihat bab yang susah dilihat secara langsung.

#4 Teleksop Radio
Teleksop radio ialah sebuah alat berupa cermin cekung untuk gelombang radio. Penggunaan cermin cekung pada teleskop dimaksudkan semoga menghasilkan banyak sekali gambar yang terang dari benda-benda yang redup di ruang angkasa.

#5 Pembangkit Listrik
Cermin cekung juga dimanfaatkan sebagai alat pengumpul energi matahari pada serangkaian alat pembangkit listrik tenaga surya.

#6 Parabola
Cermin cekung juga dipakai sebagai pemusat sinyal-sinyal mikro pada parabola stasiun penerima. Hal ini bertujuan semoga dihasilkan gambar atau tayangan yang lebih jernih dan jelas.

Baca juga : Pembahasan Soal Essai ihwal Cermin dan Lensa.

Demikian pembahasan singkat terkena ciri-ciri dan kegunaan cermin cekung dalam kehidupan sehari-hari. Jika materi berguru ini bermanfaa, menolong kami membagikannya kepada kawan-kawan anda melalui tombol share yang tersedia.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404