BLANTERVIO103

Membaca Dan Memahami Isi Buku Dengan Teknik Sq3r

Membaca Dan Memahami Isi Buku Dengan Teknik Sq3r
10/13/2018
Keterampilan membaca cepat memang sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai. Keterampilan membaca cepat akan sangat memmenolong pelajar dalam menghadapi ujian sekolah khususnya untuk bidang study yang memakai soal berbentuk ihwal panjang. Jika mempunyai keterampilan membaca cepat, siswa sanggup mengerjakan soal-soal berupa ihwal panjang dalam waktu yang relatif singkat sehingga waktu tidak termembuang untuk membaca ihwal yang panjang tersebut. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas metode membaca cepat untuk permulaan dan lanjutan yaitu memakai metode pelayapan (skimming) dan metode pemindaian (scanning). Sebelumnya juga sudah dibahas kebiasaan jelek dan kesalahan umum yang dilakukan ketika membaca dan cara mengatasinya. Pada peluang ini, kita akan mengulas sebuah metode khusus yang dipakai untuk membaca dengan cepat secara efektif yaitu metode SQ3R.


SQ3R ialah akronim dari survey, question, read, recite, dan review yang ialah tahapan dalam metode ini. Tenik membaca SQ3R dikembangkan oleh Francis P. Robinson dari Universitas Negeri Ohio Amerika Serikat.  Pengembangan itu bertujuan semoga acara membaca sanggup dilakukan secara efektif dan efisien.

Teknik SQ3R sangat cocok dipakai untuk menyerap informasi dari sumber tertulis. Teknik ini memakai metode sedikit demi sedikit sehingga kegiatan membaca menjadi lebih terarah. Karena keparktisannya, metode ini sanggup diaplikasikan dalam banyak sekali pendekatan belajar.

Sesuai dengan namanya, metode SQ3R dilakukan secara sedikit demi sedikit dimulai dari penelaahan secara sepintas, menyusun pertanyaan, membaca secara aktif, menceritakan kembali, sampai peninjauan ulang terhadap informasi atau jawabanan yang berhasil diperoleh.

Teknik SQ3R sangat cocok dipakai untuk menguasai isi suatu buku. Teknik SQ3R dilakukan secara berurutan sesuai dengan singkatannya yaitu mulai dari survey, question, read, recite, dan review. Untuk lebih jelasnya, diberikut kita bahas masing-masing tahapannya.

Baca juga : Kumpulan Soal SBMPTN Makan Bahasa Semantik.

#1 Survey
Pada tahapan survey yang kita lakukan yaitu menelaah secara sepintas keseluruhan teks untuk mengetahui panjang teks, judul bagian, judul sub bagian, istilah, kata kunci, dan hal lainnya yang dianggap penting dalam goresan pena tersebut. melaluiataubersamaini demikian kita memperoleh gambarn umum dari isi buku tersebut.

Ketika melaksanakan survey, kita sanggup menandai bagian-bagian yang kita anggap penting memakai alat menolong ibarat stabilo atau kertas untuk mencatat. Bagian-bagian penting tersebut akan kita gunakan untuk menyusun pertanyaan pada tahapan selanjutnya.

Tujuan dari survey antaralain:
1. Memperoleh ide-ide penting
2. Memperoleh abstrak
3. Mempercepat menangkap arti
4. Melihat dan mempelajari susunan materi bacaan
5. Megampangkan mengingat lebih banyak
6. Memmenolong memahami konsep dengan gampang

Untuk melaksanakan survey kita sanggup memakai metode skimming atau scanning. Langkah pertama scanning buku yang akan dibaca, lihat daftar isi, bab, sub-bab, judul, sub-judul, keterangan gambar, diagram, paragrap penlampauan dan epilog dalam setiap bagian, serta penggalan kesimpulan.

Selanjutnya, bandingkan bagian-bagian tersebut dengan aba-aba dari guru atau dari catatan kelas yang engkau punya untuk mengidentifikasi bagian-bagian mana saja yang dianggap penting oleh guru. Biasanya penggalan yang penting akan sering diulang ketika guru menandakan materi.

Baca juga : Kesalahan Umum dan Kebiasaan Buruk Saat Membaca.

#2 Question
Sesudah tahap review selesai, maka tahap selanjutnya yaitu menyusun pertanyaan. Susunlah pertanyaan yang jelas, singkat, dan relevan dengan bagian-bagian penting yang sudah kita pilih pada ketika review. Sesuaikan pula pertanyaan dengan pembelajaran guru ketika di kelas.

Penyusunan pertanyaan ditujukan semoga kita mempunyai sasaran atau tujuan dalam membaca suatu buku. Pertanyaan-pertanyaan yang sudah kita susun akan menjadi teladan kita dalam membaca setiap penggalan sehingga kita sanggup membaca pribadi pada informasi yang kita butuhkan.

#3 Read
Langkah selanjutnya yaitu membaca secara aktif untuk menemukan jawabanan atas pertanyaan-pertanyaan yang sudah kita susun sebelumnya. Dalam tahapan ini, kita juga sanggup memakai metode scanning atau metode skimming semoga sanggup membaca secara cepat dan efektif.

Ketika membaca, cobalah untuk serius pada paragraf yang diperkirakan mengandung jawabanan atas pertanyaan yang ingin kita selesaiakan. Kita sanggup memanfaatkan daftar isi atau daftar indeks untuk pribadi mengarah pada paragraf yang mengandung kata kunci dari pertanyaan tersebut.

Pada ketika membaca, cobalah untuk selalu ingat apakah paragraf yang kita baca sudah menjawaban pertanyaan-pertanyaan yang sudah kita susun atau belum. Jika perlu, kurangi kecepatan membaca atau ulangi membaca ketika menemukan paragraf yang susah.

Pada setiap final penggalan (sub-judul dan sub-bab) cobalah berhenti dan tarik kesimpulan secara singkat. Untuk mempergampang penarikan kesimpulan, kita bisa membaca judul, judul tabel, judul gambar, atau kata-kata kunci yang didiberi tanda khusus.

#4 Recite
Recite atau recall yaitu tahapan sebut atau menceritakan kembali jawabanan-jawabanan atas pertanyaan yang sudah kita peroleh dengan gaya bahasa kita sendiri. Jika kita bisa menceritakannya dengan bahasa sendiri itu artinya kita sudah paham dengan apa yang kita pelajari.

Dalam tahapan ini kita sanggup memakai sebuah catatan untuk memmenolong secara visual struktur dari apa yang sudah kita baca. Kita juga sanggup memakai metode mengingat ibarat mindmap, peta konsep, dan sebagainya untuk mempergampang pemahaman.

Baca juga : Ciri-ciri Kelas Kata dalam bahasa Indonesia.

#5 Review 
Langkah terakhir yaitu review, yaitu meninjau kembali pertanyaan dan jawabanan yang sudah kita peroleh sehingga dihasilkan kesimpulan yang singkat, padat, dan jelas. Pada tahap ini kita sanggup membuatkan catatan atau mendiskusikannya dengan orang lain.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404