BLANTERVIO103

Tema Yang Biasa Dipakai Dalam Karya Seni Rupa Murni

Tema Yang Biasa Dipakai Dalam Karya Seni Rupa Murni
10/17/2018
Seni rupa murni ialah karya seni yang kental akan nilai estetika dan selalu mempunyai daya tarik tersendiri. Setiap karya seni rupa mempunyai keunikannya masing-masing. Suatu karya seni rupa mungkin akan terlihat biasa di mata seseorang namun tidak bagi orang lain. Tentu saja hal itu bergantung pada selera dan evaluasi masing-masing orang.

Meski demikian, tiruana orang mungkin oke bahwa karya seni rupa ialah suatu keindahan yang bisa menghadirkan ketenangan atau kenyamanan bagi penikmatnya. Para kolektor karya seni rupa bahkan rela mengeluarkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit spesialuntuk untuk mempunyai suatu mahakarya yang menarikdanunik perhatian mereka.

Mencintai karya seni rupa sama halnya dengan mengasihi hobi lainnya. Bukanlah hal yang sepenuhnya masuk akal kalau kita merasa guah melihat pecinta seni rupa murni. Anda mungkin pernah bertanya dalam hati bagaimana mungkin seorang laki-laki berbadan kekar yang terkesan hambar dan urak-urakan begitu mengagumi sebuah lukisan absurd yang bagi anda spesialuntuk terlihat mirip coretan-coretan tidak jelas?

Anda mungkin pernah merasa jengkel dikala mendengar guru seni anda begitu bersemangat membuktikan dan mempraktikan pembuatan karya seni rupa yang bagi anda spesialuntuk membuang-membuang waktu saja. Jika anda bertanya mengapa? Begitulah keajaiban karya seni. Keindahan yaitu hal yang disukai banyak orang dan karya seni rupa murni ialah salah satu dari banyak keindahan yang sanggup kita nikmati.

Lahirnya sebuah karya seni rupa murni yang mengagumkan tidak terlepas dari ide atau gagasan seniman yang bisa mengangkat suatu tema dan menampilkannya dalam bentuk tabrakan dan warna.

Ide atau gagasan seorang seniman dalam menghasilkan karya seni rupa murni dipengaruhi banyak hal diantaranya suasana hati, waktu, latar belakang budaya, dan sebagainya yang mensugesti mereka baik secara pribadi maupun tidak langsung. Tema yang diangkat menjadi karya seni rupa umumnya bekerjasama pribadi dengan faktor-faktor tersebut.

Pada zaman lampau, dikala pemahaman insan akan agama mulai berkembang, para seniman umumnya memakai ritual keagamaan sebagai tema karya mereka. Banyak karya-karya yang membuktikan bagaimana kekerabatan insan dengan pencipta, ritual keagamaan, dan makhluk-makhluk yang pada massa itu diyakini dalam agama mereka.

Seiring berkembangnya zaman, tema yang dipakai semakin luas mencakup beberapa aspek tiruana segi kehidupan baik yang bersifat realistis maupun yang sama sekali tidak masuk akal. 

Berikut ini akan dibahas beberapa tema yang umum dipakai oleh seniman dalam menghasilkan karya seni rupa murni terlepas dari aliran atau gaya melukis yang mereka tekuni.


Hubungan insan dengan pencipta
Agama dan ilmu pengetahuan ialah dua hal yang saling melengkapi. Begitupula keindahan. Manusia sanggup menghasilkan suatu karya seni rupa murni sebagai wujud dari keindahan yang terkandung dalam ajarannya contohnya lukisan terkena dewa-dewi, malaikat berakup, cahaya sebagai simbol penerang kehidupan, rumah ibadah dan sebagainya.

Hubungan insan dengan dirinya
Para seniman juga tak jarang menyebabkan dirinya sendiri sebagai tema atau objek dalam karyanya. Sebut saja lukisan potret diri karya Affandi atau karya lukisan Raden Saleh yang menampilkan jati diri mereka dalam perpaduan warna yang unik.

Hubungan insan dengan orang lain
Hubungan seseorang dengan orang lain bisa membeikan ide atau gagasan dalam mengahsilkan karya seni, contohnya saja seorang seniman yang melukis wajah perempuan manis yang ia sukai di sekolahnya.

Dalam menghasilkan karya menurut kekerabatan dengan insan lain, sosok yang ada dalam lukisan atau menjadi tema dari karya mereka bisa saja spesialuntuk ialah sosok yang ada dalam fikiran mereka.

Ini mirip menggambar wajah insan tanpa melihat contoh, kita spesialuntuk menggambar tiruana bab wajah sampai dihasilkan gambar wajah yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan orang-orang di sekitar kita.

 Seni rupa murni ialah karya seni yang kental akan nilai estetika dan selalu mempunyai  TEMA YANG BIASA DIGUNAKAN DALAM KARYA SENI RUPA MURNI
Source : dokumen pribadi

Hubungan insan dengan alam sekitar
Alam sekitar ialah faktor yang sangat mensugesti seorang seniman dalam mengahsilkan karya. Alam sekitar mirip pemandangan sawah, sungai, pohon, bunga, pepegununganan, binatang peliharaan, dan sebagainya sanggup menjadi tema bagi karya mereka.

 Seni rupa murni ialah karya seni yang kental akan nilai estetika dan selalu mempunyai  TEMA YANG BIASA DIGUNAKAN DALAM KARYA SENI RUPA MURNI
Source : dokumen pribadi
Bagi pelukis yang begitu realistis, mereka biasanya sangat terinspirasi oleh keindahan alam. Biasanya mereka yang bahagia melukis alam mirip pemandangan cenderung kurang suka atau tidak terlalu jago melukis objek insan atau sebaliknya.

Hubungan insan dengan benda
Benda-benda yang berada di sekitar kita misa menjadi objek lukisan yang mengesankan. Bentuk-bentuk benda tersebut juga yang melahirkan imajinasi akan bentuk-bentuk lainnya yang tidak tefikirkan sebelumnya.

Yang paling umum dipakai yaitu bentuk silindris, kubistik, poligon, dan bebas. Dari benda-benda di sekitar, seniman berusaha menampilkan karya yang benar-benar mirip aslinya baik dari segi bentuk maupun kelogisan.

Hubungan insan dengan kegiatannya
Aktivitas insan ialah salah satu tema yang sering digunakan. Banyaknya acara insan mempersembahkan ide kepada para seniman untuk mencoba mengawetkan momen-momen tertenu dalam bentuk karya seni rupa.

Misal saja lukisan yang menawarkan sekumpulan gadis yang sedang menari atau seorang Ibu yang menggendong anaknya. Semua yang terwujud dalam sebuah karya terlahir dari banyaknya acara manusia.

Hubungan insan dengan imajinasi
Tema ini ialah tema yang paling banyak diguanakan oleh seniman-seniman yang menghasilkan karya lukisan abstrak. Ada kalanya bentuk atau wujud yang terlihat dalam karya mereka hadir begitu saja malaui imajinasi atau daya khayal mereka.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404