BLANTERVIO103

Teknik Membaca Cepat Untuk Pemula Dan Lanjutan

Teknik Membaca Cepat Untuk Pemula Dan Lanjutan
10/13/2018
Salah satu tujuan utama membaca ialah untuk memperoleh warta berupa pandangan gres atau gagasan. Selain serius, kecepatan dalam membaca juga menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Kemampuan tiap orang dalam membaca dan menangkap warta tidak sama-beda. Ada orang yang sanggup membaca dengan cepat namun tidak memperoleh warta secara optimal, ada orang yang sanggup memperoleh warta secara optimal namun kecepatannya rendah, dan adapula yang sanggup membaca dengan cepat serta memperoleh warta yang optimal. Dari ketiga kondisi tersebut tentu yang ketiga ialah kondisi yang terbaik. Ketika kita sanggup membaca dengan cepat dan memperoleh warta secara optimal dan akurat, maka kita termasuk pembaca yang baik. Tentu saja untuk menjadi pembaca yang handal kita harus memperhatikan metode-metode dalam membaca. Seseorang yang membaca dengan metode yang baik akan menyerap warta secara lebih optimal dibanding seseorang yang membaca tanpa metode.

Kecepatan menjadi salah satu aspek penting dalam membaca. melaluiataubersamaini kecepatan yang baik, kita sanggup membaca dan menyerap warta yang dibutuhkan dalam waktu yang lebih singkat. melaluiataubersamaini waktu yang lebih singkat, maka aktivitas membaca akan lebih efisien.

Sebenarnya, membaca cepat dibutuhkan untuk mengatasi keterbatasan waktu yang kita miliki. Waktu menjadi salah satu alasan banyak orang tidak menyukai aktivitas membaca. Banyak orang yang punya minat membaca namun tidak punya waktu yang cukup untuk itu.

Oleh alasannya ialah itu, metode membaca cepat menjadi salah satu alternatif yang sanggup dipakai untuk meningatkan minat baca sekaligus mengatasi keterbatasan waktu. Jika seseorang yang tidak punya banyak waktu untuk membaca menguasai metode membaca cepat, maka ia sanggup memperoleh warta yang ia butuhkan dalam waktu yang lebih singkat.

Pengertian Membaca Cepat

Membaca cepat ialah aktivitas membaca yang bertujuan untuk memahami poin-poin penting dari materi bacaan secara efisien. melaluiataubersamaini kata lain, membaca cepat ditujukan untuk mengefisienkan waktu baca sehingga tidak menghabiskan banyak waktu spesialuntuk untuk membaca.

Sebagian besar orang menghabiskan waktu 1-2 menit untuk membaca satu halaman dalam sebuah buku. Artinya, kecepatan membaca rata-rata orang tersebut 250 kata permenit. Untuk menghemat waktu, tentu kita harus meningkatkan kecepatan membaca.

Kecepatan membaca sanggup ditingkatkan tanpa mengurangi pemahaman terhadap isi bacaan. Jadi, meskipun kita membaca dengan waktu yang relatif lebih singkat dari biasanya kita tetap mengerti intisari dari bacaan yang kita baca secara efektif.

Berikut beberapa manfaat dari membaca cepat:
1. Memperoleh warta yang dibutuhkan secara cepat dan efektif
2. Dapat menelusuri materi bacaan dalam waktu yang singkat
3. Dapat menghemat waktu baca untuk aktivitas lain

Untuk sanggup membaca cepat, kita harus menghilangkan kebiasaan-kebiasaan jelek dalam membaca dan memperhatikan metode-metode membaca cepat serta mempraktekkannya di setiap peluang.

Baca juga : Kebiasan Buruk dan Kesalahan Umum dalam Membaca.

Untuk mengetahui kecepatan membaca seseorang, sanggup dipakai rumus diberikut:
Jumlah kata  x 60 = Jumlah kata/menit
waktu dalam detik

Teknik Membaca Cepat Permulaan

Untuk meningkatkan kecepatan membaca, keterampilan dasar harus dilatih. Keterampilan tersebut antaralain membaca spesialuntuk dengan mengandalkan geraan mata, membaca frasa (bukan kata), dan cepata mengenali kata kunci.

Secara umum, ada dua metode membaca cepat untuk pemula, yaitu:
1. Teknik skimming (Pelayapan)
2. Teknik scanning (Pemindaian)

#1 Teknik Skimming
Teknik skimming atau pelayapan ialah metode mengambil intisari suatu bacaan berupa inde pokok atau detail penting. Ide pokok tersebut sanggup berada di serpihan awal, tengah, atau di akhir.

Untuk melaksanakan metode skimming diharapkan kejelian dalam menemukan pandangan gres pokok suatu paragraf dan mengidentifikasi jenis paragraf apakah induksi tau deduksi. melaluiataubersamaini metode ini kita spesialuntuk perlu melihat paragraf yang mengandung pandangan gres pokok bacaan.

#2 Teknik Scanning
Teknik scaning atau pemindaian ialah metode membaca cepat untuk memperoleh warta pribadi ke duduk kasus yang dicari berupa fakta khusus atau warta tertentu tanpa membaca serpihan lain yang tidak dibutuhkan.

Dalam metode scanning terdapat beberapa serpihan yang sanggup dilompati, yaitu:
1. Bagian yang sudah diketahui dari sumber lain
2. Bagian yang tidak memenuhi tujuan pembaca
3. Bagian yang spesialuntuk pola pendukung
4. Bagian yang ialah ringkasan dari serpihan sebelumnya

Untuk mengetahui keseluruhan isi buku secara sempurna dengan memakai metode pemindaian, diberikut langkah-langkah yang sanggup dilakukan:
1. Melihat daftar isi
2. Menelaah secara singkat latar belakang penulisan buku
3. Membaca penlampauan secara singkat
4. Mencari warta yang dibutuhkan dalam daftar isi
5. Mencari kalimat penting di halaman serpihan yang kita tuju
6. Membaca serpihan kesimpulan (jika ada)
7. Memeriksa daftar pustaka, daftar indeks, atau apendiks secara sekilas

Teknik Membaca Cepat Lanjutan

Teknik membaca cepat lanjutan bertujuan untuk meningkatkan kecepatan membaca sehingga aktivitas membaca menjadi lebih efektif dan efisien. Pada serpihan lanjutan, kita masih akan memakai tenik pelayapan dan metode pemindaian.

#1 Teknik Pelayapan
Untuk meningkatkan keterampilan membaca cepat secara efektif dengan metode pelayapan atau skimming, diberikut langkah-langkah yang sanggup kita lakukan:
1. Siapkan buku atau ihwal yang akan dibaca
2. Sediakan kertas kosong untuk mencatat pandangan gres pokok
3. Mulailah membaca dalam hati dengan pandangan tegak lurus bacaan
4. Urutkan catatan pada kertas sebelumnya
5. Tarik kesimpulan
6. Lakukan berulang-ulang hingga mendapat hasil optimal

#2 Teknik Pemindaian
Untuk meningkatkan keterampilan membaca cepat secara efektif dengan metode pemindaian atau scanning, diberikut langkah-langkah yang sanggup kita lakukan:
1. Siapkan buku atau ihwal yang akan dibaca
2. Tentukan kebutuhan atau infromasi utama yang diinginkan
3. Cari warta yang dibutuhkan saja
4. Catat warta yang diperoleh pada kertas kosong
5. Periksa dan tampilkan warta yang engkau tulis dengan bahasamu sendiri
6. Lakukan berulang-ulang hingga mendapat hasil optimal

Baca juga : Teknik Membaca Cepat dengan Metode SQ3R.

Model Membaca Cepat

Selain memakai metode, membaca cepat juga mempunyai model-model yang sanggup digunakan. Secara umum ada tiga model yang dipakai oleh pakar untuk membaca cepat, yaitu:
1. Model baris demi baris
2. Model melingkar
3. Model spiral

#1 Model Baris demi Baris
Model baris demi baris atau line by line ialah model membaca secara berurutan dari baris pertama hingga baris terakhir. Model menyerupai ini biasanya dipakai oleh pembaca cepat pemula yang masih belum terbiasa dengan materi bacaan yang bersifat padat, mengandung banyak istilah asing, atau materi bacaan yang terbilang gres bagi pembaca tersebut.

#2 Model Melingkar
Model selanjutnya ialah mode melingkar. melaluiataubersamaini model melingkar, pembaca pribadi mencari kata kunci yang dilakukan secara acak untuk mengerti inti dari bacaan dengan memakai budi sebagai penghubung kata-kata kunci tersebut. Model ini biasanya dipakai untuk membaca materi bacaan yang bersifat enteng menyerupai majalah, koran, dan sebagainya.

#3 Model Spiral
Membaca dengan model spiral dilakukan dengan tidak membaca seluruh bacaan yang ada melainkan membaca materi bacaan secara zig-zag menyerupai spiral. Pada model spiral dibutuhkan proses kreatif dari pembaca untuk mencari kata penghubung yang sesuai dengan pedoman pembaca dan menyimpulkan warta yang diperoleh.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404