BLANTERVIO103

Pengaruh Konsentrasi Terhadap Laju Reaksi

Pengaruh Konsentrasi Terhadap Laju Reaksi
10/11/2018
Bagaimana serius zat mempengaruhi laju reaksi? Pertanyaan tersebut ialah pertanyaan yang menarikdanunik mengingat serius zat ialah salah satu faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi laju reaksi. Pada peluang ini kita akan mencoba untuk melihat bagaimana faktor serius sanggup mempengaruhi besar laju reaksi. Untuk itu, ada baiknya jikalau kita mengetahui apa definisi dari serius. Dari definisi tersebut mungkin kita akan menemukan beberapa relasi antara serius dengan laju reaksi.

Pengertian dan Satuan Konsentrasi

Dalam ilmu kimia, serius ialah bemasukan yang dipakai untuk menyatakan banyaknya zat yang berada di dalam suatu adonan untuk setiap satu satuan volume total pada adonan tersebut. melaluiataubersamaini kata lain serius sanggup diartikan sebagai banyak zat dalam suatu adonan dibagi dengan volume total campuran.

Biasanya serius ditetapkan dalam satuan fisik, menyerupai satuan volume dan satuan berat. Pada tingkat menengah, biasanya serius larutan ditetapkan dalam tiga satuan umum yang paling sering dipakai untuk menyatakan serius suatu larutan, yaitu molaritas, molalitas, dan fraksi mol.

#1 Molaritas
Molaritas yakni jumlah zat terlarut dalam satu liter larutan.
M =  n
V

melaluiataubersamaini :
M = molaritas (M)
n = mol zat teralrut (mol)
V = volume larutan (liter)

#2 Molalitas
Molalitas yakni jumlah zat terlarut dalam seribu gram pelarut.
m =  n
kg

melaluiataubersamaini :
m = molalitas (molal)
n = mol zat teralrut (mol)
kg = massa pelarut

#3 Fraksi Mol
Fraksi mol yakni perbandingan mol salah satu komponen dengan jumlah mol tiruana komponen. Misalkan reaksi : A + B → C.

Menentukan Fraksi mol A dan B :
XA nA
nA + nB
XB nB
nA + nB

melaluiataubersamaini :
XA = fraksi mol zat A
XB = fraksi mol zat B
nA = mol zat A
nB = mol zat B.

Pengaruh Konsentrasi Terhadap Laju Reaksi

Dari defenisi di atas, maka sanggup kita simpulkan bahwa serius mewakili jumlah partikel atau zat yang bereaksi. Konsentrasi menyatakan banyaknya zat yang dipakai dalam reaksi. Bagaimana jumlah partikel mempengaruhi laju reaksi? Berikut klarifikasi singkatnya.

Ketika suatu zat direaksikan, maka akan terjadi reaksi antar partikelnya. Partikel yang berdekatan akan saling bertumbukan sehingga terjadi reaksi. Semakin banyak jumlah partikel dalam suatu zat, tentu akan semakin banyak partikel yang bertumbukan sebab peluang terjadinya tumbukan juga semakin besar.

Bertambahnya tumbukan antar partikel memungkinkan berlangsungnya reaksi cepat. melaluiataubersamaini kata lain, semakin besar serius  zat pereaksi, semakin banyak partikel yang bertumbukan, semakin cepat pula laju reaksinya.

misal sederhananya yakni ketika membuat teh manis. Ketika membuat teh manis, maka kita membutuhkan serius air yang besar semoga gula sanggup larut dengan gampang. Reaksi larutnya gula dalam air akan berlangsung lebih cepat ketika kita memakai air dalam jumlah yang lebih banyak.

melaluiataubersamaini serius gula yang sama, segelas air akan lebih simpel melarutkan gula daripada seperampat gelas air. misal sederhana ini terang menunjukkan efek serius terhadap lajur reaksi. Semakin banyak partikel yang terlibat, semakin besar kemungkinan tumbukan.

Bagaimana serius zat mempengaruhi laju reaksi Pengaruh Konsentrasi Terhadap Laju Reaksi

Sebaliknya, jikalau serius pereaksi semakin kecil, maka kemungkinan terjadinya tumbukan juga semakin kecil sehingga laju reaksi juga akan menurun. Jadi, jikalau ingin suatu reaski berlangsung cepat, maka kita harus memperbesar serius pereaksinya.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404