Soal 1 : Menentukan Kalimat Penjelas yang Tidak Padu
Cermati paragraf di bawah ini dengan seksama!(1) Terjadinya kerusakan lingkungan di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, lebih disebabkan masih lemahnya penegakan aturan di bidang lingkungan. (2) Bahkan, beberapa masalah yang benar-benar merusak lingkungan pun kadang luput dari jeratan hukum. (3) Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jawa Barat, Ade Suhanda Adnawidjaja menyatakan secara ideal asus yang menyangkut lingkungan seharusnya ditangani pihak eksekutif. (4) Namun, hal itu tidak sanggup dilakukan mengingat adanya keterbatasan kewenangan dan personel. (5) Oleh lantaran itu, penegakan aturan dalam aneka macam bidang harus dilaksanakan secara membersihkan, transparan, dan profesional.
Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf di atas yaitu ....
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5
Pembahasan :
Sebuah paragraf intinya ialah rangkaian kalimat yang saling berafiliasi dan membentuk satu kesatuan pokok pembahasan. Di dalam sebuah paragraf terdapat gagasan utama dan gagasan penjelas. Gagasan utama ialah dasar pengembangan sebuah paragraf dan biasanya dituangkan dalam kalimat utama.
Sedangkan gagasan pendukung merupaka gagasan yang berfungsi memperjelas gagasan utama dan biasanya dituangkan ke dalam beberapa kalimat penjelas. Antara kalimat utama dan kalimat penjelas harus terdapat relevansi dan disusun sedemikian rupa semoga dihasilkan susunan yang padu sehingga paragraf mempunyai satu kesatuan pokok pembahasan dan tidak sumbang.
Kalimat tidak padu ialah kalimat yang tidak mendukung inspirasi pokok atau melenceng dari topik pembahasan. Topik paragraf di atas yaitu "Lemahnya penegakan huku di bidang lingkungan", dengan demikian kalimat yang tidak padu yaitu kalimat kelima, yaitu "Oleh lantaran itu, penegakan aturan dalam aneka macam bidang harus dilaksanakan secara membersihkan, transparan, dan profesional".
Jika diperhatikan, kalimat lima memang menyinggung duduk kasus penegakan hukum, namun tidak secara spesifik memperjelas duduk kasus penegakan aturan di bidang lingkungan. Kalimat tersebut lebih cocok jikalau topiknya yaitu terkena pelaksanaan penegakan aturan di segala bidang. Lagipula kalimat tersebut cenderung ialah selesai dan sama sekali tidak menyimpulkan apa yang dibahas pada kalimat sebelumnya.
Jawaban : E
Soal 2 : Kalimat Penjelas yang Sesuai dengan Topik
Bacalah topik dan urutan kalimat penjelas diberikut ini!Topik : Keperingkatan Bangsa Amerika
Kalimat penjelas :
(1). Indonesia mengirim cowok pelajar untuk berguru di Amerika demi kemajuan Indonesia di masa depan.
(2). Dalam dunia bisnis Amerika menduduki aneka macam peringkat.
(3). Majalah populer menyerupai Fortune atau US News sering menampilkan peringkat perusahaan milik Amerika dan keuntungannya.
(4). Salah satu ciri khas bangsa Amerika yaitu kesukaannya meningkatkan peringkat prestasi dalam bidang apapun.
(5). Di Indonesia, bangsa Amerika banyak melaksanakan bisnis.
Kalimat penjelas yang berafiliasi dengan topik tersebut yaitu ....
A. Kalima (1), (2), dan (3)
B. Kalimat (2), (3), dan (4)
C. Kalimat (3), (4), dan (5)
D. Kalimat (4), (2), dan (5)
E. Kalimat (5), (4), dan (3)
Pembahasan :
Kalimat penjelas ialah kalimat yang mengandung gagasan penjelas, yaitu gagasan yang mendukung atau memperjelas gagasan utama. Gagasan utama biasanya terkandung dalam topik. Topik yang dipakai yaitu keperingkatan Bangsa Amerika, sehingga yang dibicarakan yaitu terkena peringkat atau pencapaian Bangsa Amerika.
Dari kelima kalimat penjelas yang didiberikan, kalimat yang paling relevan dengan topik dan berfungsi memperjelas gagasan utamanya yaitu kalimat (2), (3), dan (4). Ketiga kalimat tersebut menandakan bagaimana peringkat dan kecenderungan bangsa Amerika dalam meningkatkan peringkat mereka. Sedangan kalimat (1) dan (5) tidak relevan dengan topik sehingga kurang sempurna dipakai sebagai kalimat penjelas. Jika dipakai dalam paragraf, kedua kalimat tersebut tidak akan padu.
Jawaban : B
Soal 3 : Menentukan Kalimat Deskripsi sebagai Penjelas
Perhatikan topik dan penerapan beberapa kalimat penjelas diberikut ini!Topik : Pantai Kuta
Kalimat pejelas :
(1). Pantai ini terlihat terang lantaran letak dan posisinya spesialuntuk seratus meter dari jalan utama.
(2). Pantai Kuta terletak kurang lebih sepuluh kilometer dari sentra kota.
(3). Di pantai Kuta ini, terdapat dua kawasan yang sudah dilengkapi akomodasi penginapan.
(4). Pantai ini sering dikunjungi wisatawan asing.
Urutan kalimat deskripsi yang sesuai dengan topik tersebut yaitu ....
A. (2), (1), (3), (4)
B. (1), (3), (2), (4)
C. (3), (2), (1), (4)
D. (2), (4), (1), (3)
E. (1), (3), (4), (2)
Pembahasan :
Karena topiknya yaitu pantai Kuta, maka gagasan utamanya yaitu terkena Pantai Kuta. Gagasan tersebut sanggup saja terkena letak, kondisi, atau suasana Pantai Kuta secara umum. Gagasan tersebut kemudian sanggup diperjelas dengan gagasan penjelas berupa kalimat-kalimat penjelas yang lebih khusus atau detail terkait gagasan utamanya.
Keempat kalimat penjelas yang dituliskan di atas mempunyai relevansi dengan topik yang dipilih sehingga sudah sempurna digunaan sebagai penjelas. Hanya saja, kita harus mengurutkan kalimat-kalimat tersebut semoga dihasilkan kalimat deskripsi, yaitu kalimat yang menggambarkan sesuatu dengan sejelas-jelasnya sehingga pembaca seakan-akan mengalami sendiri kejadian yang digambarkan.
Oleh lantaran itu, urutan kalimat harus diperhatikan sehingga informasi yang disampaikan menjadi lebih teratur dan praktis dipahami. Jika dilihat menurut alur dan keterkaitan antara kalimat yang satu dengan kalimat lainnya, maka urutan yang paling sempurna untuk mendeskripsikan Pantai Kuta yaitu (2), (1), (3), dan (4).
Penggambaran dimulai dengan menandakan letak, fasilitas, kemudian suasana atau kondisinya. Kalimat (1) ialah lanjutan dari kalimat (2) yaitu memperjelas letak Pantai Kuta. Sedangkan kalimat (4) memperkuat kalimat (3), yaitu menandakan bekerjsama Pantai Kuta ramai dikunjungi oleh wisatawan lantaran sudah mempunyai akomodasi penginapan.
Jawaban : A
Soal 4 : Kalimat Penjelas yang Kurang Tepat
Bacalah teks diberikut ini dengan seksama!(1) Objek wisata Pangandaran menyediakan transportasi rekreasi untuk megampangkan wisatawan menikmati keindahan pantai. (2) Wisatawan domestik maupun mancguagara sanggup memakai transportasi untuk menikmati keindahan alam. (3) Di sepanjang tepi Pantai Pangandaran terlihat berjejer bahtera untuk disewakan. (4) melaluiataubersamaini biaya Rp 5.000,00 per orang, para wisatawan sanggup berputar di sekitar pantai dan meinkmati keindahan taman laut. (5) Para pedagang ikut meramaikan situasi pantai Pangandaran.
Kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama dalam paragraf tersebut yaitu ....
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5
Pembahasan :
Seperti yang sudah dibahas pada soal sebelumnya, kalimat penjelas ialah kalimat yang mengandung gagasan penjelas dan berfungsi memperjelas atau memperkuat kalimat utama, atau untuk membuatkan topik pembicaraan. Sesuai dengan fungsinya, tentu kalimat penjelas haruslah relevan dengan topik yang dibicarakan dan menandakan gagasan utama yang ada pada kalimat (1).
Teks di atas berbicara terkena akomodasi transportasi rekreasi yang disediakan di objek wisata Pangandaran. Jadi, serius pembahasannya yaitu terkena transportasi tersebut, contohnya apa jenis transportasinya, siapa yang sanggup menggunakannya, dan untuk apa transportasi itu disediakan. Nah, gagasan penjelas tersebut terdapat pada kalimat (2), (3), dan (4). Sedangkan kalimat (5) tidak relevan dengan gagasan utama alasannya kalimat tersebut lebih menandakan situasi Pantai Pangandaran daripada transportasinya.
Jawaban : E
Soal 5 : Mengidentifikasi Kalimat yang Sumbang
Bacalah paragraf diberikut ini dengan seksama!(1) Sebagai bangsa Indonesia, sudah semestinya kita mengenal tokoh-tokoh pahlawan, yaitu orang yang berjuang dan berjasa dalam membangun negara kita, Indonesia. (2) Di dalam sinetron yang ditayangkan di televisi, tokoh yang berjiwa hero tidak digambarkan secara semestinya. (3) Kita sanggup mengenal tokoh hero bangsa melalui diberita atau dongeng guru, buku-buku sejarah Indonesia atau biografinya. (4) Mengetahui tokoh dan perjuangannya sanggup mempersembahkan keteladanan bagi kita. (5) Di samping itu, untuk menambah rasa patriotik.
Kalimat sumbang dalam paragraf di aats terdapat pada ....
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5
Pembahasan :
Kalimat sumbang ialah kalimat yang tidak sesuai dengan rangkaian kalimat lain sehingga terlihat janggal dan melenceng dari topik yang dibicarakan. Paragraf di atas secara keseluruhan membicarakan terkena perilaku menghargai hero yang berjasa membangun negara. Tentu saja kata hero dimaksudkan untuk mereka yang sudah berjuang dan rela berkorban demi meraih kemerdekaan.
Kalimat (1) ialah kalimat utama yang mengandung gagasa pokok dalam paragraf tersebut. Kalimat (3), (4), dan (5) ialah kalimat penjelas yang padu dan relevan menandakan gagasan utamanya. Sedangkan kalimat (2) memang mengulas terkena pahlawan, namun hero yang dimaksud tidak sama dengan sosok hero yang berjuang melawan penjajah. Jadi, kalimat sumbang dalam paragraf di atas yaitu kalimat 2.
Jawaban : B
Demikialah pembahasan beberapa soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia wacana kalimat penjelas atau kalimat pendukung. Jika pembahasan soal ujian nasional ini bermanfaa, menolong kami membagikannya kepada kawan-kawan anda melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih.
Emoticon