BLANTERVIO103

Organisasi Dan Susunan Panitia Bazar Seni Rupa

Organisasi Dan Susunan Panitia Bazar Seni Rupa
10/06/2018
Sebuah festival seni rupa akan berjalan dengan lancar kalau sudah direncanakan dan dipersiapkan secara matang dan terorganisir. Oleh alasannya ialah itu, dalam mempersiapkan sebuah festival seni rupa di sekolah, dibutuhkan pengorganisasian dalam bentuk kepanitiaan untuk mengurus segala kebutuhan dan kepentingan pameran. Panitia dibuat untuk bekerja sama mencapaisuatu tujuan yang menjadi tujuan bersama dalam hal ini ialah tujuan diadakannya festival seni rupa. Panitia terdiri dari beberapa bab mulai dari ketua hingga seksi-seksinya. Sebelum mengulas susunan kepanitiaan festival seni rupa, Bahan berguru sekolah akan terlebih lampau mengulas pengertian dan syarat-syarat organisasi supaya dalam pembentukan panitia, keseluruhan anggotanya paham betul dengan kegiatan organisasi yang ia ikuti.

A. Syarat-syarat Organisasi

Organisasi ialah perkumpulan atau wadah bagi sekelompok orang yang membentuk suatu tumpuan hubungan kolaborasi di bawah pengarahan seorang pimpinan untuk mengejar tujuan bersama. Pimpinan organisasi ialah seorang ketua yang mempunyai kiprah memimpin organisasi tersebut.

Pengorganiasasian ialah suatu kegiatan atau proses kolaborasi yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang menjadi tujuan organisasinya. Dalam pengorganisasian dilakukan pengaturan, derma tugas, rapat, pengawasan, dan penilaian terhadap kinerja dan kolaborasi komponen-komponen yang saling berhubungan.

Dalam festival seni rupa, pengorganisasian bertujuan supaya festival seni rupa yang akan diselenggarakan sanggup disusun, direncanakan, dan dipersiapkan secara sistematis dan logis sehingga diharapkan sanggup berjalan dengan lancar di ketika pelaksanaannya.

Tidak tiruana kumpulan yang tediri dari beberapa orang disebut sebagai organisasi. Sebuah perkumpulan spesialuntuk sanggup dikatakan sebagai organisasi kalau memenuhi beberpaa syarat, yaitu susunan pengurus, jadwal kerja, dan kegiatan.

#1 Memiliki Susunan Pengurus
Sebuah organisasi harus mempunyai susunan pengurus yang jelas. Secara umum, sebuah organisasi terdiri dari beberapa bab pengurus menyerupai ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota. Masing-masing pengurus harus menjalankan kiprah sesuai jabatannya supaya organisasi sanggup berjalan dengan baik.

#2 Memiliki Program Kerja
Sebuah organisasi haruslah mempunyai jadwal kerja yang menjadi salah satu tujuan utama sebuah organisasi. Program kerja suatu organisasi biasanya diputuskan dalam kurun waktu tertentu. Program kerja ini ialah kewajiban pengurus dan nantinya akan dijalankan oleh organisasi dalam jangka waktu sesuai dengan yang direncanakan.

#3 Memiliki Kegiatan
Selain mempunyai jadwal kerja yang sudah direncanakan, sebuah organisasi harus pula mempunyai kegiatan yang sejalan dengan jadwal kerja tersebut. Kegiatan yang dilakukan organisasi ialah bentuk faktual tindakan dari apa yang mereka rencanakan sebagai tujuan bersama.

Organisasi siswa intra sekolah (OSIS) ialah salah satu bentuk organisasi yang dibuat di sekolah oleh sekumpulan anakdidik di bawah bimbingan seorang guru sebagai pembinan atau penanggungjawaban. OSIS termasuk salah satu organisasi yang menjadi pengurus atau panitia dalam festival seni rupa.

Baca juga : Perlengkapan yang Dibutuhkan untuk Pameran Seni Rupa.

B. Susunan Panitia dalam Pameran Seni Rupa

Secara umum, susunan panitia dalam sebuah festival seni rupa yang diadakan sekolah dimulai dari penanggung jawaban, pembina, ketua panitia, sekretaris, bendahara, seksi-seksi, dan pelaksana teknis. Berikut akan dijelaskan tuga dari masing-masing jabatan tersebut.

#1 Penanggung Jawab
Penanngun tanggapan ialah pihak yang bertanggung tanggapan atas penyelenggaraan festival seni rupa yang diadakan di sekolah. Penanggung tanggapan bertanggung tanggapan atas festival tersebut secara keseluruhan. Penanggung tanggapan festival seni rupa di sekolah biasanya ialah kepala sekolah.

#2 Pembina
Pembina ialah guru yang bertangung tanggapan membina dan membimbing panitia dalam perencanaan, persiapan, dan pelaksanaa festival seni rupa. Untuk festival seni rupa pembina sanggup dipilih dari guru kesenian atau guru pembina OSIS.

#3 Ketua Panitia
Ketua panitia bertanggun tanggapan atas terselenggaranya festival seni rupa yang direncanakan. Seorang ketua harus bisa memimpin dan mengatur anggotanya, memimpin derma kerja, dan mengkoordinasi antara pengurus satu dengan pengurus lainnya untuk masing-masing seksi yang ada.

#4 Wakil Ketua
Wakil ketua bertangung tanggapan memmenolong ketua panitia dalam mengurus penyelenggaraan pameran. Wakil ketua bertugas melaksanakan beberapa kiprah ketua kalau ketua panitia berhalangan dan melaksanakan koordinasi dengan masing-masing pengurus seksi.

#5 Sekretaris
Sekretaris bertanggung tanggapan untuk memmenolong ketua panitia mengurus aneka macam urusan kesekretariatan. Seorang sekretaris bertugas membuat konsep, susunan acara, surat-menyurat, undangan, dan izin dari pihak yang berwenang.

#6 Bendahara
Bendahara bertanggung tanggapan dalam urusan keuangan yaitu wacana penerapan, penyimpanan, dan penerimaan uang dana yang masuk sebagai biaya penyelenggaraan festival seni rupa. Bendahara mengatur keluar masuknya biaya penyelenggaraan dan membuat laporan keuangan mulai dari awal hingga festival tersebut selesai. 

#7 Seksi Perlengkapan
Seksi perlengkapan ialah panitia yang bertanggung tanggapan mengurus dan menyediakan aneka macam perlengkapan dan kebutuhan yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan pameran. Perlengkapan yang umum dipakai dalam festival seni rupa mencakup perlengkapan informasi, perlengkapan administrasi, perlengkapan dujungasi, perlengkapan publikasi, hingga perlengkapan dokumentasi.

#8 Seksi Pengumpul Karya
Seksi ini bertanggung tanggapan dalam mengumpulkan aneka macam karya seni rupa dari anakdidik di sekolah dan menyeleksi beberapa karya seni yang layak untuk dipamerkan. Dalam penyeleksian karya, sebaiknya seksi ini melaksanakan koordinasi dengan guru kesenian yang bersangkutan.

#9 Seksi Usaha
Seksi perjuangan ialah panitia yang bertanggung tanggapan untuk memmenolong ketua panitia dalam mencari dana dari aneka macam pihak untuk menutupi biaya festival kalau biaya tersebut memang belum tercukupi. Beberapa perjuangan untuk memperoleh dana, contohnya dari iuran peserta pameran, sumbangan dari siswa secara kolektif, sumbangan dari donatur atau para simpatisan.

#10 Seksi Publikasi
Seksi publikasi bertanggung tanggapan mempublikasikan adanya festival seni rupa yang akan diselenggarakan di sekolah. Publikasi sanggup dilakukan dengan memanfatkan aneka macam media publiaksi menyerupai brosur, selebaran, pengumuman, poster mading, dan sebagainya.

#11 Seksi Dujungasi
Seksi dujungasi bertanggung tanggapan dalam mendujungasi lokasi dan ruangan yang akan dipakai untuk pameran. Selain menghias ruangan, seksi dujungasi juga bertanggung tanggapan dalam hal penataan ruang serta pengaturan penempatan karya seni rupa.

#12 Seksi Dokumentasi
Seksi dokumentasi bertugas mendokumentasikan kegiatan festival yang berlangsung. Dokumentasi sanggup berupa foto, video, rekaman suara, atau dalam bentuk laporan tertulis. Seksi dokumentasi harus tahu bagian-bagian mana saja yang perlu didokumentasikan selama festival berlangsung.

#13 Seksi Konsumsi
Jika penyelenggaraan festival seni rupa juga menyediakan watidakboleh contohnya camilan manis untuk para pengunjung, maka diharapkan pula seksi konsumsi yang akan mengurus segala kebutuhan yang terkait dengan konsumsi mulai dari konsumsi untuk panitia dan konsumsi untuk tamu.

#14 Seksi Penjaga Stan
Seksi stan ialah panitia yang bertangung tanggapan menjaga stan dan menyambut para pengunjung. Penjaga stan bertugas menunjukan beberapa informasi terkait karya seni rupa yang dijaganya atau menjawaban beberapa pertanyaan pengunjung terkait festival tersebut. Oleh alasannya ialah itu, seksi stan sebaiknya mempunyai pengetahuan yang cukup terkena karya seni rupa di stan yang ia jaga.

#15 Seksi Keamanan
Seksi keamanan ialah panitia yang bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban dalam penyelenggaraan pameran. Seksi keamanan harus menguasai seluk beluk kondisi di ruangan festival supaya sanggup mengamati perubahan yang terjadi serta memastikan bahwa seluruh karya seni rupa berada dalam posisi yang aman.

C. Pembentukan Panitia Pameran

Pembentukan panitia festival seni rupa di sekolah sanggup dibuat melalui OSIS. Kepanitiaan sanggup dibuat dari pengurus dan anggora OSIS. Dalam pembentukan panitia sebaiknya didampingi oleh seorang guru supaya lebih terarah.

Sebuah festival seni rupa akan berjalan dengan lancar kalau sudah direncanakan dan dipersiap ORGANISASI DAN SUSUNAN PANITIA PAMERAN SENI RUPA

Meskipun seluruh anggota OSIS mempunyai hak untuk bergabung dalam kepanitiaan festival seni rupa, namun dalam menyusun kepanitiaan, pengurus harus teliti dan jeli dalam menempatkan seseorang dalam jabatan tertentu. Jangan hingga memdiberi kiprah kepada anakdidik yang tidak sempurna di kiprah itu.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembentukan panitia, antaralain:
1). Kepanitiaan sebaiknya didampingi guru kesenian
2). Ketua panitia sebaiknya ialah anakdidik yang tegas dan berwibawa
3). Sekretaris sebaiknya anakdidik yang hebat di bidang surat dan arsip
4). Bendahara sebaiknya anakdidik yang pandai mengolah keuangan
5). Masing-masing seksi sebaiknya dipimpin oleh ketua seksi
6). Seksi seleksi karya sebaiknya melibatkan guru kesenian
7). Seksi perlengkapan sebaiknya yang mempunyai pengalaman
8). Seksi stan harus dibekali pengetahuan cukup terkena festival tersebut
9). Seksi perjuangan dan publikasi sebaiknya bisa berkomunikasi dengan baik
10). Seksi dujungasi sebaiknya berkoordinasi dengan guru kesenian
11). Seksi dokumentasi sebaiknya hebat dalam fotografi atau laporan
12). Seksi keamanan sebaiknya anakdidik yang cakap melihat kondisi.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404