BLANTERVIO103

Manfaat Bioteknologi Dalam Industri Makanan

Manfaat Bioteknologi Dalam Industri Makanan
10/09/2018
Sesuai dengan tujuannya, manfaat bioteknologi yang paling utama yaitu penerapannya di bidang industri makanan. Bioteknologi berperan dalam menghasilkan produk-produk kuliner untuk memenuhi kebutuhan manusia. melaluiataubersamaini memakai teknok bioteknologi modern, sekarang produk kuliner tidak spesialuntuk dihasilkan dalam skala rumah tangga tetapi juga dalam skala industri. Produk-produk kuliner hasil bioteknologi umumnya memanfaatkan fermentasi asam atau fermentasi alkohol serta memakai mikroorganisme sebagai pelaku utamanya. Tempe, tauco, yoghurt, dan keju ialah beberapa pola produk bioteknologi di bidang industri kuliner yang sudah begitu populer. Pada peluang ini, materi mencar ilmu sekolah akan mengulas beberapa pola produk bioteknologi di bidang industri menurut materi dasar olahan dan mikroorganisme yang digunakan. Berikut tujuh kelompok produk bioteknologi dalam bidang industri makanan.

Produk Bioteknologi Olahan Susu

Salah satu kelompok produk bioteknologi di bidang industri kuliner yang paling terkenal yaitu produk olahan susu. Produk olahan susu berbahan dasar susu dan memanfaatkan beberapa jenis mikroorganisme atau basil untuk menghasilkan aneka macam produk olahan seperti  yoghurt, mentega, keju, krim asam, kefir, dan sebagainya.

#1 Mentega
Mentega dibentuk dari materi dasar susu atau krim dengan memakai basil asam laktat menyerupai Streptococcus lactis dan Leuconostoc cremoris. Bakteri asam laktat yang diinokulasi pada susu akan memfermentasikan susu menjadi asam laktat dan diasetil. Sesudah didiberi cita rasa tertentu, lemak mentega akan dipisahkan dan pegadukan lemak mentega menghasilkan mentega yang siap digunakan.

#2 Keju
Sama menyerupai mentega, dalam pembuatan keju juga memanfaatkan basil asam laktat. Bakteri asam laktat yang dipakai antaralain Lactobacillus dan Streptococcus. Bakteri asam laktat dipakai untuk memfermentasi laktosa dalam susu menjadi asam laktat.

Selain memakai basil asam laktat, pembuatan beberapa jenis keju juga memanfaatkan organisme lain menyerupai jamur Penicillium camemberti untuk keju Camembert, Penicillium requerforti untuk keju Roguerfort, dan basil Propionibcaterium sp untuk keju Swiss.

Berdasarkan strukturnya, keju dibagi menjadi empat jenis, yaitu:
1. Keju lunak : keju camembert
2. Keju setengah lunak : keju biru atau keju requfort
3. Keju keras : keju cheddar, keju swiss
4. Keju sangat keras : keju romano, keju parmesan

#3 Yoghurt
Yoghurt dibentuk dari materi dasar susu yang sudah dipateurisasi terlebih lampau dan memanfaatkan basil asam laktat menyerupai Lactobacillus bulgaricus, Streptococcus thermophillus, dan Lactobacillus thermophilus. Bakteri dimenambahkan ke dalam susu dengan jumlah yang seimbang kemudian disimpan dalam suhu 45oC selama 5 jam.

#4 Kefir
Kefir yaitu jenis minuman yang terbuat dari susu dengan jasa basil asam laktat yang dimenambahkan ragi (Saccharomyce cerreviceae) sehingga terjadi fermentasi laktosa dalam susu menjadi asam laktat dan alkohol. Bakteri asam laktat yang dipakai antaralain Streptococcus lactis, Lactobacillus bulgaris, dan Candida sp.

#5 Krim Asam
Krim asam ialah produk bioteknologi yang memakai materi dasar susu skim dan basil asam laktat untuk fermentasinya. Bakteri asam laktat yang dipakai untuk membuat krim asam antaralain Streptococcus lactis dan Lactobacillus lactis.

Bioteknologi untuk Sayur dan Buah

Penerapan bioteknologi dalam bidang industri kuliner juga diterapkan pada sayur dan buah-buahan. Bioteknologi dipakai dalam pengolahan dan pengawetan buah dan sayur. Berikut beberapa manfaat bioteknologi dalam pengolahan buah dan sayur.

#1 Produk Fermentasi Sayuran
Salah satu produk fermentasi sayuran yang terkenal yaitu sauerkraut dan acar. Sauerkraut yaitu sayuran yang diasamkan supaya sanggup baka disimpan. Sayuran tersebut difermentasikan oleh basil asam laktat sehingga menjadi baka dan mempunyai cita rasa yang khas.

#2 Pengolahan Kopi dan Cokelat
Pemanfaatan mikroorganisme menyerupai jamur dan basil dalam pengolahan kopi dan cokelat bertujuan untuk memfermentasi getah yang menyelubungi buah kopi dan cokelat supaya sanggup diolah lebih lanjut. Untuk tujuan tersebut, buah kopi dan cokelat ditimbun bantu-membantu dengan mikroorganisme yang digunakan.

#3 Pengawetan Zaitun
Selain dipakai untuk mengawetkan sayuran, bioteknologi dengan basil asam laktat juga sanggup dimanfaatkan untuk mengawetkan zaitun. Untuk proses pengawetan, zaitun sanggup disimpan dalam larutan garam yang ditambah basil asam laktat.

Produk Bioteknologi Nata

Salah satu produk nata yang paling terkenal yaitu nata decoco yang terbuat dari air kelapa. Nata decoco ialah kuliner hasil fermentasi basil Acetobacterium xylinium yang terbuat dari air kelapa. Nata de coco mengandung serat yang sangat baik untuk kesehatan.

Sebenarnya, nata yaitu polisakarida tepatnya selulosa yang disintesis oleh bateri Acetobacterium xylinium selama proses fermentasi berlangsung. Gula dalam bentuk glukosa dan fruktosa yang dipakai untuk biosintesis selulosa ini berasal dari medium air kelapa.

Selain memakai air kelapa, nata juga sanggup dibentuk dengan memakai ekstrak buah-buahan menyerupai mangga, anggur, salak, semangka, dan sebagainya. Nata decoco termasuk salah satu produk bioteknologi yang diproduksi dalam skala industri.

Protein Sel Tunggal (PST)

Protein sel tunggal yaitu protein yang berasal dari organisme bersel tunggal atau bersel banyak yang strukturnya sederhana. Pembuatan protein sel tunggal melibatkan fermentasi supaya dihasilkan biomassa yang bergizi tinggi dan relatif terjangkau.

Protein sel tunggal sanggup diperoleh dari beberapa sumber, yaitu:
1. Alga : Chorella, Spirulina maxima, dan Scenedesmus
2. Khamir : Candida utylis, Torula utilis, dan Saccharomyches
3. Kapang : Fusarium gramineaum, Trichoderma rassei

Selain dari ketiga sumber di atas, protein sel tunggal juga sanggup dibentuk dari basil atau mikroorganisme lain. Agar sanggup dipakai sebagai sumber protein sel tunggal, maka mikroorganisme harus mempunyai sifat-sifat diberikut:
1. cepatdangampang dicerna dan mempunyai gizi tinggi
2. Memiliki cita rasa yang baik
3. Tidak berbahaya ketika dimakan
4. Memiliki kecepatan tumbuh tinggi
5. cepatdangampang dibenihkan dan relatif murah
6. Sistem fermentasi sederhana
7. Efisien dalam penerapan organisme

Sebagai salah satu produk bioteknologi di bidang insdustri makanan, protein sel tunggal mempunyai beberapa kelebihan. Keuntungan memanfaatkan mikroorganisme sebagai sumber protein tunggal antaralain:
1. Perkembangbiakannya sangat cepat
2. Memiliki kandungan gizi yang lengkap
3. Tidak memerlukan lahan yang luas
4. Produksinya tidak bergantung iklim dan musim
5. Memiliki kandungan protein lebih tinggi daripada binatang dan tumbuhan
6. Dapat memakai majemuk media atau substrat
7. Prosesnya sanggup dilipatgandakan dengan menolongan teknologi

Salah saru produk PST yang bersumber dari jamur Fusarium graminearum dikenal dengan nama mikroprotein. Jamur Fusarium graminearum sanggup tumbuh pada limbah tepung. Produk PST ini mengandung protein dan serat yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, produk ini juga rendah kolesterol.

Produk Bioteknologi Olahan Kedelai

Produk bioteknologi berbahan dasar kedelai umumnya memanfaatkan jamur menyerupai Rhizopus, Aspergillus, dan Saccharomyces. Produk-produk olahan kedelai ialah produk bioteknologi yang sudah sangat umum di masyrakat. Beberapa produk olahan kedelai antaralain tempe, tauco, kecap, dan miso.

MikroorganismeProduk olahan kedelai
Rhizopus oligosporus
Rhizopus oryzae
Tempe
Aspergillus wentii
Aspergillus oryzae
Kecap
Aspergillus oryzaeTauco
Aspergillus oryzae
Saccharomyces ruoxii
Miso

Produk Olahan Gandum, Singkong, dan Ketan

Bahan DasarMikro organismeProduk
GandumSaccharomyches cereviceaeBir
AnggurS. cerevisiaeWine
Tepung gandumSaccharomychesRoti, kue
Ketan
Singkong
SaccharomychesTape

Produk Olahan Ikan, Udang, dan dDaging

Bahan DasarMikro organismeProduk
Gading sapiPediococcus cerevceaeSosis kering
IkanHalophilic bacillusSosis ikan
Ikan segarLactobacillus spIzushi
Udang
Ikan
Bacillus
Pediococcus
Lactobacillus
Brevibacterium
Corynebacterium
Terasi
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404