BLANTERVIO103

Ciri-Ciri Lensa Cembung Dan Kegunaannya Sehari-Hari

Ciri-Ciri Lensa Cembung Dan Kegunaannya Sehari-Hari
10/06/2018
.com - Lensa Cembung. Lensa yakni suatu medium transparan yang salah satu atau kedua permukaannya mempunyai bidang lengkung. Medium transparan yang dimaksud yakni sebuah benda bening (tembus cahaya) yang dibatasi oleh dua bidang lengkung atau satu bidang datar dan satu bidang lengkung. Pada lensa, terjadi insiden pembiasan cahaya. Permukaan lensa yang melengkung mengakibatkan berkas cahaya yang jatuh ke permukaan lensa dibelokkan ke arah yang tidak sama-beda tergantung kelengkungan lensa tersebut. Pada peluang ini, edutafsi akan mengulas ciri-ciri dan kegunaan dari salah satu jenis lensa, yaitu lensa cembung.

A. Ciri Fisik Lensa Cembung

Secara umum, lensa dibedakan menjadi dua jenis yaitu lensa cembung (konveks) dan lensa cekung (konkaf). Sekilas keduanya terlihat sama alasannya yakni sama-sama melengkung di salah satu atau kedua bagian. Namun sebetulnya kedua jenis lensa ini mempunyai perbedaan yang mencolok dari segi penampilan fisik yang sanggup dilihat dari arah lengkungannya.

Lensa cembung (konveks) yakni lensa yang bab tengahnya lebih tebal daripada bab tepinya. Pada lensa cembung, ketebalan paling besar berada di pusatnya. Semakin ke pinggir, ketebalan lensa akan semakin kecil. Sinar bias pada lensa cembung bersifat mengumpul sehingga lensa cembung dikenal juga sebagai lensa konvergen.

Pada lensa cembung terdapat dua titik serius, yaitu titik serius aktif (F1) dan titik serius pasif (F2). Titik serius aktif yakni titik pada sumbu utama daerah dipusatkannya berkas sinar yang hadir sejajar sumbu utama. Pada lensa cembung, titik serius aktif berada di belakang lensa dan disebut sebagai serius nyata. Jarak serius lensa cembung berharga positif sehingga lensa cembung dikenal juga sebagai lensa positif.

melaluiataubersamaini demikian, ada beberapa istilah yang merujuk pada lensa cembung, yaitu lensa konveks, lensa konvergen dan lensa positif. Pada beberapa soal, lensa cembung mungkin disebut sebagai lensa konveks, lensa konvergen, atau lensa positif, sehingga ada baiknya anakdidik mengingat nama lain dari lensa cembung semoga tidak resah dikala menemukannya dalam soal.

 Lensa yakni suatu medium transparan yang salah satu atau kedua permukaannya mempunyai bid CIRI-CIRI LENSA CEMBUNG DAN KEGUNAANNYA SEHARI-HARI

B. Jenis-jenis Lensa Cembung

Lensa mempunyai dua permukaan yang bentuknya tidak selalu sama. Karena itu, kedua permukaan lensa belum tentu mempunyai jari-jari kelengkungan yang sama. Berdasarkan bentuk kedua permukaannya, lensa cembung sanggup dibedakan menjadi tiga golongan.

#1 Lensa Cembung Rangkap
Lensa cembung rangkap ialah lensa cembung yang dibatasi oleh dua bidang cembung (keduanya melengkung keluar). melaluiataubersamaini kata lain, lensa cembung rangkap mempunyai dua permukaan yang berbentuk cembung. Lensa cembung rangkap disebut juga lensa bikonveks.

#2 Lensa Cembung Datar
Lensa cembung datar atau lensa lensa plan-konveks ialah lensa cembung yang salah satu permukaannya berbentuk cembung sedangkan permukaan lainnya berbentu datar. melaluiataubersamaini kata lain, lencsa cembung datar yakni lensa yang dibatasi oleh satu bidang cembung dan satu bidang datar.

#3 Lensa Cembung Cekung
Lensa cembung cekung atau biasa disebut lensa konveks-konkaf ialah lensa cembung yang salah satu permukaannya berbentuk cembung (melengkung ke luar) sedangkan permukaan lainnya berbentuk sedikit cekung (melengkung ke dalam). melaluiataubersamaini kata lain, lensa konveks-konkaf ialah lensa yang dibatasi oleh satu bidang cembung dan satu bidang cekung.

C. Sifat Pembiasan pada Lensa Cembung

Jika sinar-sinar sejajar jatuh pada sebuah lensa cembung, maka sinar-sinar tersebut akan diseriuskan ke satu titik seakan-akan berasal dari suatu titik yang dinamakan tifik serius. Pada lensa cembung, titik serius utama berada di belakang lensa biasa didiberi simbol F1. Perlu diperhatikan bahwa bab depan lensa yakni bab dimana sinar hadir, sedangkan bab belakang yakni bab di baliknya.

Sama halnya menyerupai cermin, pada lensa juga terdapat sinar-sinar utama yang mengatakan pembiasan atau pembelokan cahaya yang jatuh pada lensa. Arah pembiasan sinar-sinar utama pada lensa cembung yakni sebagai diberikut:
1). Sinar hadir sejajar sumbu utama dibiaskan melalui titik serius (F1) di seberang lensa
2). Sinar hadir melalui titik serius depan (F2) dibiaskan sejajar sumbu utama
3). Sinar hadir melalui sentra lensa diteruskan tanpa dibiaskan.

Perlu diperhatikan bahwa dalam lensa umumnya ada penerapan istilah serius aktif (F1) dan serius pasif (F2). Fokus aktif yakni serius dimana sinar-sinar yang hadir sejajar sumbu utama dibiaskan. Sedangkan serius pasif yakni serius dimana sinar-sinar hadir dibiaskan sejajar sumbu utama.

Letak serius aktif dan serius pasif pada lensa cembung tergantung cara melukis atau tergantung pada posisi sinar hadir. Jika sinar hadir dilukis di bab kiri, maka bab itu yakni bab depan lensa dimana terdapat serius pasif (F2). Sedangkan di bab kanan ialah bab belakang lensa dimana terdapat serius aktif (F1).

Sifat pembiasan yang ditunjukkan melalui sinar-sinar utama pada lensa cembung sanggup dipakai untuk melukis pembentukan bayangan pada lensa cembung. Untuk melukis pembentukan bayangan yang dihasilkan lensa cembung, umumnya sanggup dipakai dua atau tiga sinar utama.

D. Kegunaan Lensa Cembung

Lensa ialah benda yang sudah umum dipakai dalam banyak sekali keperluan. Lensa cembung umumnya dipakai pada banyak sekali alat optik menyerupai kacamata, beling pembesar, mikroskop, kamera, slide proyektor, episkop, dan sebagainya.

#1 Kaca Pembesar
Kaca pembesar (lup) umumnya dipakai untuk melihat, membaca atau mengamati benda atau goresan pena yang ukurannya kecil. Sebagai contoh, beling pembesar yang terbuat dari lensa cembung dipakai oleh tukang jam untuk memperbaiki komponen jam yang ukurannya relatif kecil.

#2 Kacamata
Kacamata biasanya dibentuk memakai lensa cekung, lensa cembung, atau adonan dari keduanya. Kacamata berlensa cembung dipakai untuk memmenolong penderita rabun erat (hipermetropi). Pada penderita rabun dekat, lensa mata terlalu cekung sehingga dimenolong memakai lensa cembung.

#3 Teropong
Teropong sederhana sanggup dibentuk dengan memakai dua buah lensa cembung. Teropong atau teleskop umumnya dipakai untuk mengamati benda langit. Penggunaan teropon bertujuan semoga benda yang jauh terlihat lebih erat dan jelas.

#4 Mikroskop
Mikroskop ialah sebuah alat optik yang dipakai untuk mengamati benda-benda yang sangat kecil dan tidak sanggup diamati secara eksklusif oleh mata. Mikroskop terdiri dari lensa adil dan lensa okuler. Kedua lensa tersebut ialah lensa cembung.

#5 Slide Proyektor
Proyektor ialah alat untuk menampilkan suatu tampilan yang umumnya akan ditampilkan pada layar proyektor atau sebuah dinding berwarna putih. Alat ini berfungsi memproyeksikan gambar diapositif sehingga menjadi bayangan faktual dan diperbesar pada layar. Proyektor memakai lensa cembung untuk mmebentuk bayangan pada layar.

Demikianlah pembahasan singkat terkena ciri-ciri, jenis, dan kegunaan lensa cembung di kehidupan sehari-hari. Jika materi berguru ini bermanfaa, menolong kami membagikannya kepada mitra anda melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404