BLANTERVIO103

Pengaruh Luas Permukaan Dan Ukuran Terhadap Laju Reaksi

Pengaruh Luas Permukaan Dan Ukuran Terhadap Laju Reaksi
10/11/2018
Apa hubungan antara ukuran zat dengan laju reaksi? Bagaimana luas permukaan sanggup mensugesti laju reaksi kimia? Pada artikel sebelumnya sudah dibahas bahwa semakin luas permukaan zat padat maka semakin besar laju reaksinya. Mengapa demikian? Pada peluang ini kita akan mencoba untuk melihat bagaimana luas permukaan mensugesti cepat lambatnya suatu reaksi. Pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi bersahabat kaitannya dengan istilah bidang sentuh. Nah, untuk itu ada baiknya jikalau kita mencari pengertian bidang sentuh terlebih lampau.

Pengertian Bidang Sentuh

Bidang sentuh ialah bidang batas adonan antara zat satu dengan zat lainnya. Pada adonan yang heterogen, reaksi spesialuntuk terjadi pada bidang batas campuran. Sehingga luas bidang sentuh akan sangat mensugesti laju reaksi.

Luas bidang sentuh berbanding lurus dengan luas permukaan zat. Sedangkan luas permukaan zat padat berbanding terbalik dengan ukurannya. Artinya, semakin besar ukuran zat padat, maka luas permukaan dan bidang sentuhnya akan semakin kecil. Mengapa demikian?

Apa hubungan antara ukuran zat dengan laju reaksi Pengaruh Luas Permukaan dan Ukuran Terhadap Laju Reaksi

Untuk melihat hubungan antara ukuran zat dengan luas permukaannya, kita sanggup ambil satu pola sederhana. Misalkan suatu zat berbentuk kubus dengan panjang sisi 1 cm. melaluiataubersamaini demikian luas salah satu permukaannya yaitu 1 cm2. Karena kubus mempunyai enam sisi yang sama besar, maka luas total permukaannya yaitu 6 cm2.

Selanjutnya, zat tersebut kita potong menjadi dua cuilan yang sama besar sehingga terbentuk dua balok dengan ukuran yang sama. Masing-masing potongan tersebut mempunyai dua permukaan yang luasnya 1 cm2 dan empat permukaan yang luasnya 0,5 cm2.

melaluiataubersamaini demikian, satu potongan mempunyai luas permukaan :
⇒ A total = (2 x 1) + (4 x 0,5)
⇒ A total = 2 + 2
⇒ A total = 4 cm2.

Karena ada dua potongan, maka jumlah luas permukaan kedua potongan tersebut yaitu 8 cm2. Jumlah tersebut lebih besar dari luas permukaan zat pertama yang luas permukaannya spesialuntuk 6 cm2.

Dari pola di atas sanggup kita simpulkan bahwa semakin kecil ukuran zat padat, maka luas permukaannya akan semakin besar dan bidang sentuhnya juga semakin besar. Sebaliknya, jikalau ukuran zat padat semakin besar, maka luas permukaannya akan lebih kecil begitupula bidang sentuhnya.

Pengaruh Luas Permukaan Terhadap Laju Reaksi

Salah satu syarat semoga reaksi sanggup berlangsung yaitu zat-zat pereaksi harus bercampur atau bersentuhan. Semakin banyak zat yang bersentuhan maka semakin sering terjadi tumbukan. Itu artinya bidang sentuh memegang peranan penting dalam kelangsungan reaksi.

Semakin besar bidang sentuh, maka semakin besar peluang zat-zat pereaksi untuk saling bersentuhan (bercampur) dan saling bertumbukan. Nah, lantaran luas bidang sentuh berbanding lurus dengan luas permukaan, maka semakin luas permukaannya semakin besar peluang tumbukannya.

melaluiataubersamaini kata lain, semakin besar luas permukaan zat padat (ukurannya semakin kecil), maka semakin besar laju reaksinya. Sebaliknya, semakin kecil luas permukaan zat padat (ukurannya semakin besar), maka laju reaksinya juga semakin kecil.

Sebagai contoh, kita ambil gula batu. Gula yang masih dalam bentuk padat menyerupai kerikil akan lebih susah larut dibanding gula kerikil yang sudah dihaluskan. Hal ini terperinci menunjukkan imbas ukuran dan luas permukaan terhadap laju reaksi.

Untuk memperbesar luas permukaan, kita sanggup menggiling atau menghaluskan zat padat menjadi bagian-bagian kecil atau serbuk. Itulah sebabnya dikala praktikum, seringkali zat padat yang akan direaksikan dihaluskan terlebih lampau semoga laju reaksinya semakin cepat.

Konsep penting yang harus kita ingat ialah ukuran tidak sama dengan luas permukaan. Ukuran zat padat berbanding terbalik dengan luas permukaan. Itu terlihat terperinci ketika sebuah kubus dipotong menjadi dua bagian. Jelas terlihat bahwa luas permukaannya menjadi lebih besar. Jadi, tidakboleh berfikir bahwa jikalau ukurannya besar maka luas permukaannya lebih besar.

Demikianlah pembahasan singkat terkena imbas luas permukaan dan ukuran terhadap laju reaksi. Untuk subtopik lainnya silahkan klik pada tabel subtopik. Jika artikle ini bermanfaa, silahkan bagikan kepada mitra anda melalui tombol share yang tersedia.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404