BLANTERVIO103

Pembahasan Soal Ujian Nasional Bioteknologi

Pembahasan Soal Ujian Nasional Bioteknologi
10/13/2018
Ujian Nasional Biologi - Bioteknologi. Pada pembahasan kali ini akan dibahas beberapa soal ujian nasional bidang study biologi wacana biotenologi dan kultur jaenteng. Biasanya ada dua atau lebih soal wacana bioteknologi yang keluar dalam ujian nasional. Dari beberapa soal yang pernah keluar dalam ujian nasional biologi, model soal wacana bioteknologi yang paling sering muncul yaitu memahami metode rekayasa genetika, korelasi antara mikroba dan produk yang dihasilkan, jenis-jenis bioteknologi, dan pencegahan dampa negatif dari bioteknologi.

Kumpulan Soal Ujian Nasional Bioteknologi

  1. Proses pembentukan organisme gres yang secara alamiah mustahil terjadi di alam sanggup diperoleh dengan cara metode rekayasa genetika. Teknik rekayasa genetika didukung oleh adanya hal-hal diberikut, kecuali ....
    1. Ditemukan enzim endonuklase restriksi
    2. Adanya sel yang bisa berfusi
    3. Adanya metode fermentasi
    4. Ditemukan enzim ligase
    5. Ditemukannya plasmid

    Pembahasan :
    Rekayasa genetika ialah metode yang dipakai untuk menghasilkan DNA dengan isi gen gres yang diinginkan. Teknik tersebut mencakup pemotongan, pemindahan, dan penyambungan suatu gen.

    Teknik rekayasa genetika dimulai semenjak Mendel menemukan faktor yang diturunkan. Berikut beberapa pendukung berkembangya rekayasa genetika :
    1. Ditemukannya Plasmid
      Salah satu penelitian yang mempersembahkan bantuan terhadap perkembangan rekayasa genetika yaitu penelitian terhadap pemindahan DNA basil melalui lingaran DNA kecil yang disebut plasmid.

    2. Ditemukannya Enzim Restriksi 
      Dalam rekayasa genetika, plasmid berfungsi sebagai kendaraan pemindah atau vektor. Selanjutnya, supaya bahan genetik yang dipindahkan sesuai dengan keinginan, maka diharapkan enzim retriksi yang dipakai untuk memotong bahan genetik.

    3. Ditemukannya Enzim Ligase
      Sesudah proses pemotongan selesai, selanjutnya potongan-potongan tersebut akan disambung kembali. Untuk menyambungkan potongan-potongan DNA ini dipakai enzim ligase.

    melaluiataubersamaini demikian, yang tidak mendukung metode rekayasa genetika yaitu adanya metode fermentasi. Fermentasi ialah proses penguraian bahan oleh jamur pada proses peragian.
    Jawaban : C

  1. Pemanfaatan basil untuk mendapat insulin secara bioteknologi untuk kehidupan insan sanggup dilakukan dengan cara ...
    1. Kultur jaenteng
    2. Rekayasa genetika
    3. Pembuatan vaksin
    4. Mutasi dan hibridasi
    5. Fermentasi

    Pembahasan :
    Insulin ialah hormon yang mengubah glukosa menjadi glikogen. Selain itu, hormon insulin juga berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah bersama hormon glukagon. Kekurangan insulin menjadikan penyakit diabetes melitus.

    Pemanfaatan basil untuk mendapat insulin sanggup dilakukan dengan rekayasa genetika. Proses rekayasa genetika untuk mendapat insulin sanggup dilakukan dengan dua metode, yaitu :
    1. Tenik Plasmid
      Teknik plasmid ialah tenik rekayasa genetik dengan memanfaatkan plasmid basil atau disebut vektor. Plasmid yaitu gen yang melingkar yang terdapat dalam sel bakteri.

      Untuk menghasilkan insulin dengan metode plasmid, sanggup dipakai basil yang terdapat di dalam usus besar yaitu basil Escherchia coli dan dengan menolongan enzim rekstriksi endonuklease.

    2. Teknik Hibridoma
      Teknik hibdridoma atau tenik fusi ialah metode rekayasa genetika dengan cara menggabungkan dua sel somatik hasil isolasi dari jaenteng yang tidak sama menjadi satu sel tunggal yang disebut sel hibridoma.

    melaluiataubersamaini demikian, memanfaatkan basil untuk mendapat insulin secara bioteknologi untuk kehidupan insan sanggup dilakukan dengan cara rekayasa genetika.
    Jawaban : B
  1. Bioteknologi sanggup diterapkan untuk mengubah dan meningkatkan nilai tambah pangan, serta pembuatan sumber pangan gres dengan menolongan mikroba. Hubungan yang benar antara mikroba dengan produk yang dihasilkan yaitu ...

    MikrobaProduk
    AAcetobacter xylinumKeju lunak
    BCandida utilisTempe
    CRhizopus oligosporusProtein sel tunggal
    DLactobaccilus bulgaricusYoghurt
    EPenicillum camembertiNata de coco

    Pembahasan :
    Berikut tabel korelasi antara mikroba dan produk yang dihasilkan.
    MikrobaProduk
    Acetobacter xylinumNata De coco
    Candida utilisProtein sel tungga
    Rhizopus oligosporusTempe
    Lactobaccilus bulgaricusYoghurt
    Penicillum camembertiKeju

    Dari data pada tabel di atas, sanggup kita lihat bahwa pasangan yang benar antara mikroba dan produk yang dihasilkan yaitu Lactobaccilus dan yoghurt.

    Selain dipakai dalam pembuatan yoghurt, basil lactobacillus bulgaricus juga memliki beberapa manfaat untuk kesehatan, yaitu :
    1. Meningkatkan kemampuan usus besar untuk menyerap zat mutagenik dan mencegah kanker
    2. Meningkatkan kekebalan badan dengan kandungan zat antitumor
    3. Menurunkan resiko abses candida pada penderita diabetes
    4. Memmenolong mencegah osteoporosis
    Jawaban : D

  1. Tahapan yang dilakukan pada rekayasa genetika (metode plasmid) yaitu sebagai diberikut :
    1. Memasukkan plasmid yang sudah direkayasa ke dalam badan bakteri 
    2. Ekstraksi plasmid (cincin DNA) dari sel bakteri
    3. Identifikasi gen yang diinginkan
    4. Mengembangbiakkan basil dalam tabung ferementasi
    5. Dihasilkan produk yang dinginkan
    Urutan proses rekayasa genetika metode plasmid yang benar yaitu ...
    1. 1-2-3-4-5
    2. 2-1-3-4-5
    3. 3-2-1-4-5
    4. 3-4-1-2-5
    5. 4-3-2-1-5

    Pembahasan :
    Teknik plasmid ialah salah satu metode rekayasa genetika yang memakai plasmid. Plasmid yaitu gen yang melingkar yang terdapat dalam sel bakteri, tak terikat pada kromosom.

    Melalui metode plasmid sanggup dikembangkan tumbuhan transgenik yang resisten terhadap hama dan penyakit, adaftif terhadap kekeenteng dan kondisi tanah yang tidak rindang, dan lain-lain.

    Urutan proses rekayasa genetika metode plasmid yaitu sebagai diberikut :
    1. Identifikasi gen
    2. Mengembangbiakkan bakteri
    3. Memasukkan plasmid ke dalam badan bakteri
    4. Ekstraksi plasmid dari sel bakteri
    5. Dihasilkan produk

    melaluiataubersamaini demikian, proses rekayasa genetika metode plasmid yang benar yaitu 3-2-1-4-5.
    Jawaban : C

  1. Perhatikan gambar di bawah ini!

     Pada pembahasan kali ini akan dibahas beberapa soal ujian nasional bidang study biologi t Pembahasan Soal Ujian Nasional Bioteknologi

    Bioteknologi di atas yaitu ....
    1. Hibridoma
    2. Kloning
    3. Transplantasi gen
    4. Kultur jaenteng
    5. Transplantasi nukleus

    Pembahasan :
    Bioteknologi ialah ilmu terapan yang melibatkan disiplin ilmu mikrobiologi, biokimia, genetika, dan biologi molekuler. Bioteknologi yaitu teknologi memanfaatkan biro hayati untuk menghasilkan produk dan memenuhi kebutuhan manusia.

    Berikut defenisi dari kelima bioteknologi di atas :
    1. Hibridoma
      Teknik hibridoma yaitu penggabungan dua sel dari organisme yang sama ataupun dari sel organisme yang tidak sama sehingga menghasilkan sel tunggal berupa sel hibrid (hibridoma) yang mempunyai kombinasi sifat dari kedua sel tersebut.

    2. Kloning
      Kloning ialah salah satu bentuk reproduksi secara aseksual. Dalam kloning tidak terjadi meiosis dan rekombinasi sehingga organisme yang dihasilkan (klon) mempunyai kesamaan genetik.

    3. Transplantasi gen
      Transplantasi gen ialah salah satu metode rekayasa genetika yang dipakai untuk menyisipkan gen dari suatu organisme ke dalam gonom organisme lain sehingga organisme tersebut membawa sifat-sifat tertentu dari gen yang disisipkan

    4. Kultur Jaenteng
      Kultur jaenteng ialah metode perbanyakan tumbuhan secara vegetatif buatan yang didasarkan pada sifat totipotensi tumbuhan. Jaenteng yang diambil dan ditumbuhkan melalui kultur jaenteng disebut eksplan.

    5. Transplantasi Nukleus
      Transplantasi nukleus ialah metode pemindahan inti sel dari satu sel ke sel lainnya sehingga diperoleh individu gres yang mempunyai sifat sesuai dengan inti yang disisipkan.

    Pada gambar di atas sanggup kita lihat bahwa proses bioteknologi yang dilakukan dimulai dengan pengambilan eksplan (sebagian organ tumbuhan ) yang kemudian ditanam di media supaya yang mengandung unsur mikro dan makro supaya tumbuh kalus.

    Selanjutnya, kalus yang sudah tumbuh akan berubah menjadi planlet (tumbuhan kecil). Kemudian planlet dipindahkan ke medium lain untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan organ lainnya dan setelah itu dipindahkan ke tanah.

    melaluiataubersamaini demikian, sanggup kita simpulkan bahwa bioteknologi tersebut yaitu kultur jaenteng.
    Jawaban : D

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404