BLANTERVIO103

Fungsi Atau Manfaat Seni Rupa

Fungsi Atau Manfaat Seni Rupa
10/17/2018
Berdasarkan fungsinya, seni rupa dibagi menjadi dua jenis yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Jika kita lihat menurut pengelompokan itu, jelaslah terlihat fungsi atau manfaat karya seni rupa bagi kehidupan kita. Terlepas dari jenisnya, secara khusus seni rupa mengandung nilai estetika yang sanggup mempersembahkan rasa nyaman atau kekaguman kepada penikmat seni rupa secara umum. Sekalipun nilai estetika ialah hal yang relatif dan cara insan menilai karya seni rupa begitu beragam, namun tidak sanggup dipungkiri bahwa karya seni rupa syarat akan keindahan baik itu seni rupa murni yang memang lebih mengutamakan keindahan, maupun seni rupa terapan yang tujuannya lebih pada aplikasi dalam kehidupan. Ketika anda menemukan seseorang yang begitu menyayangi hobinya membuat karya seni rupa, mungkin anda bertanya-tanya dalam hati tentang apa sebetulnya yang membuat orang tersebut begitu betah terlebih kalau anda melihat bahwa hobi tersebut tidak menhasilkan uang.

Tapi kalau anda berada di posisi orang tersebut, sebagai orang yang punya minat dan talenta dalam menghasilkan karya seni rupa maka anda akan tahu bahwa kepuasan batinlah yang terkadang mendorong seseorang melaksanakan hal semacam itu.

Terlepas dari jenisnya, diberikut beberapa fungsi seni rupa :
  1. Untuk memuaskan batin seniman penciptanya atau mempersembahkan kepuasan tersendiri
  2. Memdiberikan keindahan yang sanggup dinikmati secara luas dengan evaluasi yang tidak sama
  3. Menyampaikan nilai-nilai budaya dan verbal seniman
  4. Sebagai benda kebutuhan sehari-hari atau benda praktis
  5. Sebagai masukana ritual keagamaan
  6. Sebagai media atau alat untuk mengenang suatu insiden tertentu
Berdasarkan cakupannya, fungsi seni rupa sanggup dibedakan menjadi dua bab yaitu fungsi individu dan fungsi sosial.

#1 Fungsi Individu
Memenuhi kebutuhan emosional
Salah satu fungsi seni rupa bagi perorangan ialah memenuhi kebutuhan emosional. Seni rupa mempersembahkan kepuasan tersendiri bagi penciptanya ataupun bagi penikmatnya.

Seseorang yang merasa murung mungkin menerima penghiburan dengan menikmati keindahan lukisan yang membangkitkan kenangannya akan suatu hal yang indah.

Menghadiri suatu bazar seni rupa juga sanggup menjadi alternatif untuk memulihkan suasana hati atau fikiran yang lelah dengan rutinitas sehari-hari, terlebih kalau kita ialah pecinta seni rupa.

Memenuhi kebutuhan fisik
Seni rupa terapan yang dipakai dalam kehidupan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan fisik. Karena ditujukan untuk peralatn hidup, maka kenyamanan sangat dibutuhkan.

Adanya seni rupa terapan yang tak spesialuntuk memperhatikan fungsi tetapi juga nilai estetika menjadi keunggulan tersendiri yang sanggup menjadikan kenyamanan sebagai salah satu pilar penting pemenuhan kebutuhan fisik.

Desain busana dan aksesoris yang menarikdanunik mempersembahkan kenyamanan dan nilai guna yang diselaraskan guna pemenuhan kebutuhan fisik individu.

#2 Fungsi sosial
Rekreasi
Rekreasi atau hiburan ialah salah satu fungsi seni yang paling sanggup dirasakan. Keindahan dan kenyamanan suatu karya seni rupa menjadi daya tarik tersendiri yang bisa menghibur banyak orang dari aneka macam kalangan.

Sama halnya ibarat keindahan musik yang yang bisa membangkikan keceriaan, seni rupa juga bisa memmenolong insan untuk menyegarkan diri setelah menjalani rutinitas yang melelahkan.

 seni rupa dibagi menjadi dua jenis yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan FUNGSI ATAU MANFAAT SENI RUPA

Komunikasi
Seiring dengan berkembangnya teknologi dan media sosial, karya seni rupa juga semakin efektif dalam memberikan nilai-nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Lihatlah bagaimana seorang pelukis yang berada di Eropa memberikan ide-ide dan nilai budayanya melalui sebuah lukisan.

Karya tersebut kemudian sanggup dilihat oleh banyak orang di seluruh dunia melalui media umum dimana pelukis tersebut membagikan karyanya. Banyak orang yang mempunyai kesamaan visi kemudian berkomunikasi melewati karya mereka dan saling memdiberi apresiasi.

Pendidikan
Bagaimana suatu karya seni rupa menjadi pendidikan bagi penikmatnya? Ya, hal itu alasannya ialah setiap karya seni rupa mempunyai pesan dan nilai tersendiri. Banyak hal yang kita peroleh dikala menikmati suatu kaya seni rupa. 
Banyak desain bangunan populer yang tercipta alasannya ialah disainernya berguru banyak hal dari seni arsitektur bangunan terlampau yang berkesan baginya.

Begitupula halnya desain busana yang terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Tidak sanggup dipungkiri bahwa banyak desainer yang berguru dai karya seni rupa yang sudah ada dan mengembangkannya.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404