BLANTERVIO103

Download Kumpulan Soal Uts/Pts/Mid Semester Ganjil Dan Genap Sma/Ma Kelas X (10), Xi (11), Xii (12) Semua Bidang Studi

Download Kumpulan Soal Uts/Pts/Mid Semester Ganjil Dan Genap Sma/Ma Kelas X (10), Xi (11), Xii (12) Semua Bidang Studi
7/11/2019
Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah (SMA/MA) baik negeri maupun suasta diantaranya yaitu Ulangan Tengah Semester atau Penilaian Tengah Semester yang disingkat dengan UTS/PTS. UTS istilah untuk yang menjalankan Kurikulum 2006 atau KTSP, sedangkan istilah Penilaian Tengah Semester (PTS) bagi sekolah yang menjalankan atau melaksanakan Kurikulum 2013 atau Kurikulum Nasional.

Pelaksanaan Evaluasi ini adalah merupakan pemberian penilaian terhadap kemampuan seluruh peserta didik dalam menerima, memahami dan menguasai semua mata pelajaran atau semua bidang studi yang telah diajarkan oleh guru sesuai dengan kurikulum yang disajikan baik KTSP atau K13 untuk menilah perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilannya.

Apakah tujuan diadakannya UTS/PTS ?
Inilah Jawabannya.

Tujuan dilaksanakan UTS/PTS yakni sebagaimana berikut ini.
  1. Untuk mengetahuai pencapaian tingkat belajar peserta didik / siswa yang meliputi ranah kognitif, apektif dan psikomotor.
  2. Untuk mengetahuai efektifitas proses pembelajaran yang telah disampaikan.
  3. Sebagai bahan refleksi bagi semua guru. Apakah sudah berhasil mengajarnya atau belum?

UTS/PTS/MID SEMESTER
Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah  Download Kumpulan Soal UTS/PTS/MID Semester Ganjil dan Genap SMA/MA Kelas X (10), XI (11), XII (12) Semua Bidang Studi
Gambar anak SMA sedang melaksanakan UTS/PTS/MID Semester
Istilah lain dari UTS/PTS yaitu Mid Semester.
Pelaksanaan UTS/PTS/Mid Semester merupakan sebuah keharusan dalam kegiatan Sekolah untuk saat ini. Pelaksanaan UTS/PTS/MID Semester biasanya kurun waktu setelah 2 atau 2,5 bulan Tahun Pelajaran setiap Semester. jadi, dari kata mid yang artinya serupa kata middle yang berarti tengah. Maka Mid Semester berarti Tengah Semester. UTS/PTS atau MID Semester memang tidak merupakan ujian yang menentukkan dalam penentuan nilai Ujian Semester tetapi nilainya perlu dan baik untuk semua peserta didik, untuk semua guru termasuk keperluan bagi sekolah.

UTS/PTS/MID Semester baik ganjil maupun genap merupakan administrasi, baik adm guru maupun adm sekolah, termasuk menamfaatkan keuangan sesuai dengan aturan yang berlaku, ketertiban untuk PBM. Bahkan lebih dari itu ialah ketertiban dalam melaksanakan norma atau aturan di Sekolah.

Lihat saja kenyataannya. dalam pelaksanaan UTS/PTS/MID Semester, para peserta didik harus tampak sangat tertib. Kelas menjadi penuh dengan para siswa/i. Ruangan kelas menjadi teduh. Para siswa/i dan guru-guru menjadi tertib. Mereka kembali taat kepada peraturan di Sekolah, demikianpun para petugas Satpam dan pegawai sekolah, semuanya tampak tertib. 

Manfaat dari nilai UTS/PTS/ujian Mid Semester, selain untuk mencatat angka untuk nilai ujian Semester, sebenarnya manfaatnya sungguh penting bagi semua komponen Sekolah demi ketaatan terhadap norma peraturan sekolah.

Justeru karena sangat penting itulah, maka hampir semua Sekolah masih tetap melaksanakan peraturan adanya Ujian Mid Semester bagi para siswa/inya. Meskipun soal-soal Ujian Mid Semester hanyalah berupa soal-soal pertanyaan essay test yang jumlahnya hanya 10 Nomer namun nilainya sangat penting untuk proses kenaikan kelas. Dalam menilai UTS/PTS/ujian Mid Semester bukan hanya pada nilai angka-angka saja, tetapi pada nilai-nilai lain yakni nilai yang dimaksudkan ialah ketaatan terhadap norma-norma atau peraturan Sekolah.

Apabila UTS/PTS/Mid Semester tidak dilaksanakan maka hal itu bisa merupakan suatu kemunduran bagi sekolah tersebut dan ini merupakan tidak tertibnya dalam lingkungan sekolah, dan tidak menggunkan anggaran keuangan sekolah sesuai dengan fungsi BOS. Tidak hanya itu akan ada program yang terlewat karena UTS/PTS/MID Semester sudah menjadi profram untuk setiap sekolah. Hal ini akan menjadi fatal bagi sekolah, siswa tidak akan terdeteksi berhasil dan tidak pembelajarannya, para guru tidak akan melaksanakan refleksi untuk perbaikan selanjutnya, para pegawai, dll. 

Maka dengan melaksanakan UTS/PTS/Mid Semester maka hal-hal di atas akan bisa dihindari. 

Kiranya sedikit ilmu yang didapat tentang UTS/PTS/MID Semester Baik Ganjil maupun Genap, tidak salahnya semua untuk terlibat di dalamnya.

Untuk itu sebagai bahan bagi guru maupun bagi siswa kami sajikan kumpulan soal UTS/PTS/MID Semester baik Ganjil maupun Genap di bawah ini.
Silahkan download Soal UTS SMA/MA Kelas X (10) Semester 1 dan Genap di bawah ini

Bagi semua yang di SMA/MA Kelas XI (11), sebagai bahan untuk persiapan dalam menghadapai Uanagan Tengah Semester Ganjil dan Genap , Kami persilahkan untuk mendownloadnya soal-Soal UTS sesuai linknya di bawah ini.

Sedia payung sebelum hujan. Itulah pepatah yang mungkin sedikit untuk saran kepada semuanya, baik guru maupun siswa dalam menghadapi ulangan tengah semester ganjil dan genap. Kami sajikan sebagai bahan latihan atau referensi Soal-soal UTS SMA/MA Kelas XII (12).
Silahkan download pada link yang telah tersedia di bawah ini.
Sebagai kata akhir untuk menutup artikel ini, admin ucapkan selamat bekerja kepada semua guru SMA/MA semoga yang dikerjakan menjadi amal perbuatan yang dapat rido dari Yang di atas, dan selamat kepada semua siswa-siswi SMA/MA semua kelas dari Kelas X (10), XI (11). XII (12) selamat belajar. Semoga yang Ananda cita-citakan dapat tercapai, termasuk mendapatkan nilai-nilai yang sudah ditetutkan pada KKM yang dibuat oleh guru-guru kalian. Aamiin
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404