BLANTERVIO103

Pembahasan Soal Sbmptn Biologi Perihal Bioteknologi

Pembahasan Soal Sbmptn Biologi Perihal Bioteknologi
10/11/2018
Pembahasan soal SBMPTN bidang study biologi wacana bioteknologi ini memuat beberapa subtopik dalam potongan bioteknologi yaitu jenis-jenis bioteknologi, hubungan mikroorganisme dan bioteknologi, tujuan dan manfaat bitoteknologi, kultur jaenteng, rekayasa genetika, dan aplikasi bioteknologi dalam banyak sekali bidang kehidupan. Beberapa tujuan pembelajaran yang paling sering diaplikasikan dalam soal SBMPTN bidang study biologi antara lain menunjukan tugas mikroorganisme dalam proses bioteknologi, menunjukan proses-proses rekayasa dalam manipulasi sifat organisme, menunjukan manfaat dan efek bioteknologi bagi kehidupan, dan mengidentifikasi teladan penerapan bioteknologi yang kuat pada pengembangan materi pangan dan bidang medis.

Soal 1
Produksi antibodi monoklonal ialah hasil memanfaatkan salah satu cabang ilmu bioteknologi, yaitu ...
A. Teknologi enzim
B. Teknologi hibridoma
C. Teknologi DNA rekombinan
D. Teknologi reproduksi
E. Kultur jaenteng

Pembahasan :
Antibodi monoklonal ialah ialah antibodi yang diperoleh dari suatu sumber tunggal atau sel klona yang spesialuntuk mengenal satu jenis antigen. Salah satu bioteknologi yang menghasilkan produk berupa hormon dan antibodi ialah metode hibridoma.

Teknik hidbridoma ialah metode penggabungan dua sel dari organisme yang sama ataupun dari sel organisme yang tidak sama sehingga menghasilkan sel tunggal berupa sel hibrid yang mempunyai kombinasi sifat dari kedua sel tersebut.

Teknik hibridoma dipakai untuk menghasilkan antibodi dan hormon dalam jumlah yang besar. Pembentukan antibodi monoklonal dilakukan dengan cara menginjeksikan antigen ke badan kelinci atau tikus percobaan, kemudian limpanya dipisahkan.

Selanjutnya dilakukan peleburan sel-sel limpa dengan sel-sel mieloma atau sel kanker. Sekitar 10% sel hibridoma final terdiri dari sel yang menghasilkan antibodi. Selanjutnya dilakukan pengklonaan sehingga diperoleh antibodi monoklonal.
Jawaban : B

Soal 2
Keberhasilan rekayasa genetika antara lain disebabkan oleh kemampuan plasmid yang pada prinsipnya berperan sebagai ...
A. Penyambung gen aneh yang dicangkokkan
B. Pembawa gen aneh ke sel bakteri
C. Penerjemah instruksi genetik
D. Penghasil metabolit sekunder di dalam sel
E Pembentuk protein antibodi

Pembahasan :
Teknik rekayasa mulai berkembang dikala Menemukan faktor yang diturunkan. Beberapa pendukung yang mensugesti perkembangan rekayasa genetika antara lain:
1. Ditemukannya plasmid
2. Ditemukannya enzim restriksi
3. Ditemukannya enzim ligase

Plasmid ialah bulat DNA kecil pada basil berupa molekul yang sanggup diturunkan secara stabil tanpa dikaitkan dengan kromosom. Plasmid sanggup dipakai sebagai vektor untuk membawa gen aneh ke dalam sel bakteri.
Jawaban : B

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Pertumbuhan dan Perkembangan.

Soal 3
Bioteknologi bekerjasama akrab dengan aktivitas ....
1. Sintesis mikroba
2. Sintesis hormon
3. Fermentasi sel
4. Rekayasa genetika

Pembahasan :
Bioteknologi ialah ilmu terapan biologi yang melibatkan disiplin ilmu mikrobiologi, biokimia, genetika, dan biologi molekuler.

Bioteknologi ialah teknologi yang memanfaatkan biro hayati atau bagian-bagiannya untuk menghasilkan barang atau jasa dalam skala industri untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Beberapa bidang yang berkaitan pribadi dengan bioteknologi antaralain :
1. Teknologi fermentasi
2. Teknik kultur jaenteng
3. Rekayasa genetika
4. Tenik hibridoma
5. Kloning
6. Teknik pengolahan limbah, dan sebagainya.

melaluiataubersamaini demikian pilihan yang sempurna ialah C yaitu 2 dan 4 benar.
Jawaban : C

Soal 4
Teknik kultur jaenteng sering dipakai untuk memperoleh tumbuhan dalam jumlah banyak dengan sifat-sifat yang sama. Jaenteng diberikut yang sel-selnya mempunyai daya totipotensi paling tinggi ialah ...
A. Meristem
B. Parenkim
C. Meristem
D. Empulur
E. Korteks

Pembahasan :
Teknik jaenteng ialah metode memperbanyak suatu tumbuhan secara cepat dengan hasil keturunan yang identik secara genetik dengan tumbuhan induk.

Prinsip dasar kultur jaenteng yaitu menumbuhkan tumbuhan dari jaenteng yang diambil dari potongan badan tumbuhan tersebut yang mempunyai daya totipotensi.

Totipotensi ialah kemampuan jaenteng untuk tumbuh menjadi individu yang identik dengan induknya jikalau ditumbuhkan pada media yang sesuai.

Jaenteng yang sel-sel penyusunnya memilii daya totipotensi paling tinggi ialah jaenteng meristem yaitu jaenteng muda yang aktif membelah.
Jawaban : C

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Fungsi Orggual Sel.

Soal 5
Sel-sel yang diperoleh dengan cara peleburan dua tipe sel somatik hasil isolasi dari jaenteng yang tidak sama menjadi satu sel tunggal, disebut ...
A. Zigot
B. Sel yang diklon
C. Khimera
D. Sel hasil rekombinasi
E. Hibridoma

Pembahasan :
Peleburan dua tipe sel somatik hasil isolasi dari jaenteng yang tidak sama menjadi satu sel tunggal ialah metode bioteknologi yang dikenal sebagai metode hibridoma.

Teknik hibridoma ialah metode penggabungan dua jaenteng yang tidak sama untuk menghasilkan produk tertentu menyerupai hormon, antibodi, dan sebagainya.
Jawaban : E

Soal 6
Plasmid ialah DNA inti basil yang berukuran kecil dan berbentuk melingar.
SEBAB
Plasmid sangat penting dalam proses pembentukan DNA rekombinan pada rekayasa genetika.

Pembahasan :
Pernyataan salah lantaran plasmid ialah DNA basil yang berbentuk bulat dan berada di luar kromosom basil bukan DNA inti.

Alasan benar lantaran dalam rekayasa genetika plasmid dipakai sebagai vektor pembawa segmen DNA aneh ke dalam sel bakteri.

Pernyataan salah, alasan benar, maka opsi yang benar ialah D.
Jawaban : D

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Teori Asal-usul Makhluk Hidup.

Soal 7
Berikut ialah teladan hasil bioteknologi, kecuali ...
A. Domba kloning
B. Bayi tabung
C. Protein sel tunggal
D. Kapas transgenik
E. Bakteri penghasil insulin

Pembahasan :
Bioteknologi ialah teknologi yang memanfaatkan mikroorganisme dan bagian-bagiannya untuk menghasilkan produk gres (barang atau jasa) dalam skala besar untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Beberapa metode yang dipakai dalam bioteknologi antara lain:
1. Teknik plasmid
2. Teknik hibridoma
3. Teknik kultur jaenteng
4. Teknologi bayi tabung
5. Teknik kloning

Beberapa teladan hasil bioteknologi antara lain:
1. Domba Dolly atau domba kloning
2. Protein sel tungga
3. Tumbuhan trasngenik
4. Bakteri penghasil insulin
5. Antibodi monoklonal, dan sebagainya.

melaluiataubersamaini demikian, opsi yang tidak termasuk hasil bioteknologi ialah bayi tabung lantaran bayi tabung ialah salah satu teknologi reproduksi.
Jawaban : B

Soal 8
Pengembangan rekayasa genetika dalam bidang kedokteran menyangkut hal diberikut ...
1. Pembuatan antibiotik
2. Pembuatan antibodi monoklonal
3. Terapi gen
4. Pembuatan vaksin

Pembahasan :
Rekayasa genetika ialah aktivitas manipualsi gen untuk mendapatkan produk gres dengan cara membuat DNA rekombinan melalui penyisipan gen.

DNA rekombinan ialah DNA yang urutannya sudah direkombinasikan biar mempunyai sifat-sifat satu fungsi yang diinginkan sehingga organisme penerimanya mengekspresikan sifat atau melaksanakan fungsi yang kita inginkan.

Beberapa produk yang dihasilkan dari rekayasa genetika sebagai penerapannya dalam bidang kedokteran antaralain antibiotik, antibodi monoklonal melalui metode hibridoma, terapi gen untuk melawan gen-gen perusak dalam inti sel, dan pembuatan vaksin.

melaluiataubersamaini demikian tiruana opsi yang didiberikan benar. 1, 2, 3, dan 4 benar.
Jawaban : E

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Asal-usul Kehidupan.

Soal 9
Penelitian yang berkaitan dengan rekayasa genetika tidak sanggup lepas dari kerja potong-memotong DNA. Untuk memotong DNA dalam aktivitas ini dipakai ...
A. Gunting mikro
B. Pisau mikro
C. Sinar lase
D. Enzim
E. Mikrotom

Pembahasan :
Dalam rekayasa genetika, biar materi genetik yang dipindahkan sesuai dengan keinginan, maka materi genetik tersebut harus dipotong. Untuk memotong DNA tersebut dipakai enzim spesifik yang disebut enzim restriksi.

Enzim restriksi sanggup mengenali dan memotong tempat-tempat tertentu di sepanjang molekul DNA sehingga kita sanggup memotong materi genetik yang sesuai keinginan.

Selanjutnya, ntuk menyambung kembali potongan-potongan DNA tersebut dipakai enzim khusus yang disebut enzim ligase.
Jawaban D

Soal 10
Bakteri Eschercia coli sering dipakai sebagai inang untuk DNA yang akan direkayasa lantaran alasan diberikut, kecuali ...
A. cepatdangampang dibiakkan
B. Memiliki enzim restriksi endonuklease
C. Stabil secara genetis dalam kultur
D. Memiliki DNA yang lengkap dan sudah dipetakan
E.  Dapat dimasuki vektor

Pembahasan :
Karakteristik yang harus dimiliki oleh mikororganisme biar bisa dijadikan sebagai sel inang yang ideal dalam rekayasa genetika adalah:
1. cepatdangampang mendapatkan vektor
2. cepatdangampang dibiakkan dalam medium
3. Tidak mempunyai enzim restriksi endonukelase
4. Stabil secara genetis dalam kultur
5. DNA sudah dipetakan secara lengkap

melaluiataubersamaini demikian opsi yang tidak menjadi alasan pemilihan basil Eschercia coli dalam rekayasa genetika ialah mempunyai enzim restriksi endonuklease.
Jawaban : B

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404