BLANTERVIO103

Jenis-Jenis Cat Untuk Menggambar Atau Melukis

Jenis-Jenis Cat Untuk Menggambar Atau Melukis
10/16/2018
Seiring dengan kemajuan zaman, alat dan materi yang dipakai untuk menghasilkan karya seni rupa semakin berkembang termasuk cat. Tak spesialuntuk cat berbahan air atau minyak, sekarang para seniman juga memanfaatkan materi lain sebagai cat. Seorang siswa menengah pertama dari kabupaten Labuhan Batu pernah memanfaatkan ekstrak buah kunyit, bunga kertas, dan daun singkong untuk menghasilkan sebuah lukisan. Ia membuat cat alami banyak sekali warna dengan memanfaatkan flora di sekitar rumahnya.

Penggunaan cat dalam acara melukis atau menggambar tentu saja harus diubahsuaikan dengan medium yang dipakai dan tujuan acara tersebut. Secara umum terdapat lima jenis cat yang biasa dipakai dalam acara melukis.

Cat Air
Cat air ialah cat berbahan dasar air atau memakai air sebagai materi pengencernya. Cat air dipakai untuk melukis di atas kertas dengan menolongan kuas. Teknik yang biasa dipakai untuk melukis dengan cat air yaitu metode transparan.

Kelebihan dari cat air yaitu cukup cepat mengering sehingga pengerjaan lukisan relatif lebih cepat. Akan tetapi, lantaran memakai air dan medium kertas, lukisan yang dihasilkan akan simpel rusak atau robek sehingga diharapkan kehati-hatian.

Cat air yang biasa kita jumpai di pamasukan yaitu cat air merek Guitar, Pentel, dan Osama. Harga cat air berkisar antara Rp 30.000,- hingga Rp 50.000,-. Di pamasukan juga tersedia cat air dengan harga yang murah namun tentu saja dengan kualitas yang rendah.

Cat Minyak
Cat minyak ialah cat lukis yang bebasis minyak. Cat ini memakai minyak sebagai materi pengencer. Cat minyak termasuk jenis cat yang paling sering dipakai oleh pelukis profesional. Keuntungan dari cat minyak antaralain warna yang dihasilkan cenderung lebih tajam dan tahan lama.

Efek mengkilap yang dihasilkan juga mempersembahkan keunikan tersendiri. Cat ini juga unggul untuk menghasilkan lukisan bergaya naturalis dan realist.

Ketika anda memakai cat minyak maka anda sanggup memakai banyak sekali metode menyerupai metode transparant, opaque, metode tekstur, dan sebagainya. Beberapa kelemahan dari cat minyak antara lain proses pengeenteng yang usang sehingga proses melukis jadi relatif lebih lama, berbau tajam, dan kurang ramah lingkungan.

Harga cat minyak lebih mahal dibanding cai air. Itulah sebabnya banyak pelukis pemula lebih menentukan cat air dibanding cat minyak. Merek cat minyak yang biasa dipakai antara lain Reviers, Marries, dan lain-lain.

Harga cat minyak berkisar antara Rp.100.000 hingga Rp 500.000,- perset warna dengan harga rata-rata untuk satu warna sekitar Rp 45.000,- hingga Rp 60.000,-. Pelukis profesional biasanya memakai cat minyak yang lebih mahal lantaran kualitasnya lebih bagus.

Cat Acrylic
Cat acrylic berbasis air dan cenderung lebih pekat dibanding cat air. Cat acrylic cocok dipakai pada medium kanvas, kayu atau styrofoam. Sebagian orang juga memakai kertas.

Cat ini cenderung cepat mengering. Teknik lukis yang sanggup diterapkan untuk cat jenis hampir sama dengan cat minyak spesialuntuk saja cat akrylic kurang elok untuk metode transparant.

Salah satu kelemahan cat akrylic ialah warnanya rentan pudar jikalau terkena sinar matahari secara terus menerus. Sifatnya yang simpel mengering juga mengakibatkan cat ini susah dipakai untuk melukis dengan pemikiran naturalis atau realist. Kesan faktual akan cukup susah diperoleh dibandingkan dengan cat minyak.

Cat Poster
Cat poster hampir sama dengan cat air, berbahan dasar air namun lebih pekat (opaque) dari cat air. Cat ini biasa dipakai pada medium kertas. Sama menyerupai cat air, cat poster juga cenderung cepat mengering.

Cat Tekstil
Cat tekstil biasanya dipakai untuk melukis di atas kain atau tekstil. Cat ini sangat cocok untuk membuat sepatu lukis, melukis T-shirt dan lain sebagainya. Cat ini memakai air sebagai materi pengencer dan cenderung simpel mengering.
 
Tabel di bawah ini menandakan secara singkat kelima jenis cat tersebut.

Jenis CatBahan PengencerMedium
Cat airairkertas
Cat minyakminyakkanvas
Cat acrylicairkanvas, kayu, styrofoam
Cat posterairkertas
Cat tekstilairkain atau tekstil

Dari tabel di atas, kita sudah menerima citra terkena jenis-jenis cat menurut materi pengencer dan medium yang digunakan.

 alat dan materi yang dipakai untuk menghasilkan karya seni rupa semakin berkembang terma JENIS-JENIS CAT UNTUK MENGGAMBAR ATAU MELUKIS
Source : dokumen pribadi
Selain kelima cat di atas, masih banyak jenis cat yang sanggup kita gunakan untuk acara melukis atau menggambar. Cat-cat tersebut antara lain cat air dalam bentuk pena, pensil warna (cat kayu), crayon, pastel oil, pensil charcoal, dan sebagainya.

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404