BLANTERVIO103

Pengertian Isotop, Isobar Dan Isoton Beserta Contohnya

Pengertian Isotop, Isobar Dan Isoton Beserta Contohnya
10/04/2018
.com - Isotop, Isobar, dan Isoton. Nomor atom dan nomor massa ialah dua bilangan yang menjadi ciri khas dari suatu unsur atau atom. Bilangan tersebut menawarkan jumlah proton, jumlah elektron, dan jumlah neutron dalam suatu atom. Umumnya, setiap atom mempunyai nomor atom dan nomor massa yang tidak sama-beda. Akan tetapi, pada beberapa atom ternyata ditemukan adanya kesamaan dalam hal nomor massa. Seain itu, ditemukan pula atom homogen yang tidak sama dalam hal nomor massa. Kesamaan dan perbedaan inilah yang kemudian memunculkan istilah isotop, isobar, dan isoton. Lalu apa sebetulnya isotop, isobar, dan isoton itu? Pada peluang ini, akan mencoba mengulas pengertian dan teladan dari isotop, isobar, dan isoton.

#1 Isotop (Nomor atom sama)

Dalam beberapa kasus, ditemukan bahwa atom-atom dari unsur yang homogen ternyata sanggup mempunyai massa yang tidak sama. Fenomena inilah yang disebut dengan isotop, yaitu atom-atom yang mempunyai nomor atom sama tetapi nomor massanya tidak sama.

Perhatikan bahwa isotop mempunyai kesamaan dalam hal nomor atom. Karena setiap atom mempunyai nomor atom yang tidak sama-beda, maka atom-atom yang mempunyai nomor atom sama niscaya ialah atom yang sama atau atom sejenis. Oleh alasannya itu, isotop biasanya unsurnya sama.

Sebagai contoh, diberikut ialah isotop-isotop : C-12 (612C), C-13 (613C), dan C-14 (614C). Ketiga isotop tersebut ialah atom karbon yang mempunyai nomor atom sama tapi nomor massa tidak sama. Nomor massa C-12 ialah 12, nomor massa C-13 ialah 13, dan nomor massa C-14 ialah 14.

Karena mempunyai nomor atom yang sama dan ialah atom-atom dari unsur yang sejenis, maka isotop-isotop mempunyai sifat yang identik. Meski begitu, isotop mempunyai perbedaan dari segi sifat fisik contohnya massanya.

Baca juga : Sistem Pengelompokkan Unsur dalam Tabel Periodik.

#2 Isobar (Nomor massa sama)

Isobar ialah atom-atom yang mempunyai nomor massa sama tetapi nomor atomnya tidak sama. Karena nomor atomnya tidak sama, maka isobar umumnya ialah atom-atom yang tidak sama jenis. Jadi, isobar sanggup diartikan sebagai atom dari unsur yang tidak sama tetapi mempunyai nomor massa sama.

Salah satu teladan isobar ialah 614C dengan 714N. Kedua atom tersebut mempunyai nomor massa yang sama yaitu 14 tetapi nomor atomnya tidak sama yaitu masing-masing 6 dan 7. misal lain contohnya 1124Na dengan 1224Mg.

Karena mempunyai nomor atom tidak sama dan ialah atom-atom dari unsur yang tidak sama jenis, maka sifat kimia isobar sangat tidak sama. Meski begitu, isobar mempunyai kesamaan dalam hal massa sehingga spektrometri massa tidak sanggup membedakannya.

#3 Isoton (Jumlah neutron sama)

Isoton ialah sebuah istilah yang dipakai untuk menyatakan atom-atom dari unsur tidak sama yang mempunyai jumlah neutron sama tetapi jumlah protonnya tidak sama. Karena mempunyai jumlah proton dan nomor massa yang tidak sama, maka isoton mempunyai massa dan sifat yang tidak sama.

misal isoton antara lain 613C dengan 714N. Kedua isoton tersebut mempunyai jumlah neutron yang sama yaitu 7 neutron. Dari notasinya terperinci terlihat keduanya mempunyai jumlah proton dan nomor massa yang tidak sama.

misal lain isoton antara lain 1531P dengan 1632S. Kedua isoton tersebut mempunyai jumlah neutron yang sama yaitu 16 neutron. Dari notasinya terperinci terlihat keduanya mempunyai jumlah proton dan nomor massa yang tidak sama.

Baca juga :  Teknik Menentukan Periode dan Golongan Unsur.

Demikianlah pembahasan singkat terkena pengertian isotop, isobar, dan isoton. Jika artikel yang anda baca bermanfaa, silahkan bagikan kepada mitra anda melalui tombol share yang tersedia.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404