BLANTERVIO103

Pembahasan Un Bahasa Indonesia Makna Kata Dan Istilah

Pembahasan Un Bahasa Indonesia Makna Kata Dan Istilah
10/04/2018
.com - Makna Kata dan Istilah. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia wacana makna kata dan istilah untuk tingkat menengah atas. Selain mempelajari terkena tata kalimat, dalam bahasa Indonesia juga dipelajari tata makna. Tata makna sendiri ialah kajian khusus terkena makna atau arti dari kata dan penerapan kata dalam kalimat. Secara umum dikenal beberapa jenis makna kata menyerupai makna leksikal, makna gramatikal, makna denotasi, makna konotasi, dan sebagainya. Pada peluang ini, edutafsi akan mengulas beberapa soal wacana makna kata dan istilah yang pernah keluar dalam ujian nasional tahun-tahun sebelumnya. Semoga sanggup mempersembahkan citra bagi anakdidik untuk mempersiapkan diri.

Soal 1 : Menentukan Makna Lugas

Cermatilah penerapan kata dalam kalimat karya tulis diberikut ini!
Penulis tergelitik hatinya untuk melaksanakan penelitian iklim organisasi di sekolah diberikut.
Makna lugas untuk menganti kelompok kata yang tercetak miring di atas ialah ...
A. Terkesan
B. Tertarik
C. Terpanggil
D. Terpaksa
E. Tersentuh

Pembahasan :
Secara garis besar, makna kata sanggup dibedakan menjadi dua jenis, yaitu makna denotasi dan makna konotasi. Makna konotasi ialah makna lugas (makna sebenarnya). Makna ini bersifat apa adanya, dan spesialuntuk satu alternatif. Sedangkan makna konotasi ialah makna kiasan atau ungkapan idiomatis yang bersifat relatif terhadap konteksnya dan memerlukan banyak sekali penafsiran.

 Pembahasan soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia wacana makna kata dan istil PEMBAHASAN UN BAHASA INDONESIA MAKNA KATA DAN ISTILAH

Kelompok kata yang tercetak miring pada paragraf di atas, yaitu "tergelitik hatinya" ialah kata bermakna konotasi atau bukan makna sebenarnya. Kata tersebut menunjukkan bahwa penulis merasa tertarik untuk melaksanakan penelitian. melaluiataubersamaini demikian, makna lugas yang sempurna untuk menggantikan kelompok kata yang bermakna kiasan tersebut ialah tertarik.
Jawaban : B

Soal 2 : Menentuan Makna Lambang Suatu Kata

Bacalah puisi diberikut ini denga seksama!
Karangan Bunga
Tiga anak kecil 
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu
"Ini dari kami bertiga
Pita hitam dalam karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi abang yang ditembak mati
siang tadi"

Makna lambang kata "pita hitam" dalam puisi tersebut ialah tanda ....
A. Bersedih
B. Berduka
C. Berdoa
D. Bermohon
E. Berharap

Pembahasan :
Makna lambang ialah suatu makna yang dilambangkan atau digambarkan oleh suatu kata atau kelompok kata. Biasanya makna lambang tersebut ialah tanda atau citra suasana yang diwakili oleh kata yang digunakan. Jika melihat isi dari puisi di atas secara keseluruhan, maka makna lambang "Pita Hitam" ialah sebagai tanda berduka.

Hal itu sesungguhnya dijelaskan secara gamblang oleh baris diberikutnya. Sebenarnya, selain menggambarkan suasana duka, puisi di atas juga menggambarkan kesedihan (sebab kejadian selesai hidup tentu menjadikan kesedihan), spesialuntuk saja suasana yang ditekankan dalam puisi tersebut ialah suasana sedih dan ketiga anak tersebut merasa turut berduka atas suatu kematian.
Jawaban : B

Soal 3 : Menentukan Makna Istilah dalam Paragraf

Bacalah teks diberikut ini dengan seksama!
(1) Spertinya banyak yang menaruh harapan tinggi kepada ganda adonan untuk mempersembahkan gelaj juara di India Terbuka Super Series. (2) Ganda adonan itu berambisi meraih gelar ketiga kalinya di India. (3) Di semi final kemarin, Aprilia, satu-satunya tunggal putri Indonesia kandas di tangan unggulan kedua asal Jerman, Juliant Schenk, 21-18, 21-18 (4) Banyak yang mengakui permainannya terlalu monoton dan seringkali membuat kesalahan sendiri. (5) Permainan depan juga diduga dilakukan terburu-buru untuk mematikan bola.

Makna istilah turnamen dalam paragraf di atas ialah ....
A. Pertandingan olahraga yang memakai bola
B. Festival ganda adonan beregu
C. Pertandingan antara regu laki-laki dan wanita
D. Pertandingan yang diiukuti beberapa regu
E. Lomba olahraga yang dilaksanakan beregu

Pembahasan :
Makna dari suatu kata intinya sanggup dilihat dari konteks kalimat dan relasi pertalian antara bentuk dan acuannya. Pada paragraf di atas, dijelaskan bawha turnamen tersebut diikuti oleh beberapa regu dari banyak sekali negara. Hal itu sesuai dengan engkaus besar Bahasa Indonesia, yang mengartikan turnamen sebagai pertandingan yang diikuti oleh beberapa regu.
Jawaban : D

Soal 4 : Menentukan Makna Kata dalam Paragraf

Bacalah teks diberikut ini dengan seksama!
(1) Objek wisata Pangandaran menyediakan transportasi rekreasi untuk megampangkan wisatawan menikmati keindahan pantai. (2) Wisatawan domestik maupun mancguagara sanggup memakai transportasi untuk menikmati keindahan alam. (3) Di sepanjang tepi Pantai Pangandaran terlihat berjejer bahtera untuk disewakan. (4) melaluiataubersamaini biaya Rp 5.000,00 per orang, para wisatawan sanggup berputar di sekitar pantai dan meinkmati keindahan taman laut. (5) Para pedagang ikut meramaikan situasi pantai Pangandaran.

Makna kata domestik dalam paragraf tersebut ialah ....
A. Asli Indonesia
B. Pribumi
C. Dalam negeri
D. Luar negeri
E. Kenegaraan

Pembahasan :
Menurut engkaus besar Bahasa Indonesia, kata domestik berafiliasi dengan atau terkena permasalahan dalam negeri, terkena (bersifat) rumah tangga, atau wacana piaraan (binatang); jinak. Jika dilihat dari isi karangan tersebut, maka makna domestik yang paling sempurna ialah dalam negeri. Jadi, wisatawan domestik itu dimaksudkan ialah wisatawan yang berasal dari dalam negeri.
Jawaban : C

Soal 5 : Menentukan Makna Kata dalam Puisi

Bacalah puisi diberikut dengan seksama!
Menyesal
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang hadir membayang
Batang usiaku sudah tinggi

Aku lalai di hari pagi
Beta lengah di masa muda
Kini hidup meracuni hati
Miskin ilmu, miskin harta

Kata petang pada larik ketiga puisi tersebut mempunyai makna dan lambang ....
A. Masa tua
B. Waktu sore hari
C. Suasana senja
D. Perasaan manusia
E. Kehidupan manusia

Pembahasan :
Sesuai dengan judulnya, puisi di atas menggambarkan rasa penyesalan seseorang (penyair) lantaran sudah menyia-nyiakan waktu atau masa mudanya. Pada baris kedua disebutkan "Hari mudaku sudah pergi" kemudian dilanjutkan dengan "Sekarang petang hadir membayang". Berdasarkan relasi kedua baris tersebut, maka kata petang mempunyai makna masa tua.
Jawaban : A 

Soal 6 : Menentukan Arti Kata dalam Paragraf
Bacalah paragraf diberikut ini dengan seksama!
(1) Badan Pertahanan Nasional menyatakan ada 73 juta hektar lahan terlantar. (2) Lahan jutaan hektar tersebut selayaknya tidak dibiarkan terlantar. (3) Undang-undang Agraria sebut tiruana hak aats tanah mempunyai fungsi sosial. (4) Pemerintah dituntut mempunyai kebijakan dan strategi pertahanan nasional, membagi dengan terang peruntukan lahan pertanian, industri, pemukiman, dan hutan. (5) Hal itu akan menjamin kepastian aturan sehingga setiap orang sanggup bekerja dan berproduksi dengan tenang.

Arti kata taktik pada paragraf di atas ialah ....
A. Musyawarah untuk melaksanakan kegiatan
B. Teknik menempatkan personel dalam mengatur kegiatan
C. Rencana yang cermat terkena acara sesuai dengan tujuan
D. Pertimbangan untuk melaksanakan suatu tujuan
E. Usulan untuk menyusun sebuah acara untuk mencapai tujuan.

Pembahasan : 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata taktik mempunyai beberapa arti, yaitu : (1) Ilmu dan seni memakai tiruana sumber daya bangsa untuk melaksanakan akal tertentu dalam perang dan damai, (2) ilmu dan seni memimpin bala tentara untuk menghadapi musuh dalam perang, dalam kondisi yang menguntungkan, (3) Rencana yang cermat terkena suatu acara untuk mencapai samasukan khusus, (4) Tempat yang baik berdasarkan sisasat perang.

Dari keempat arti yang dijabarkan di atas, arti kata taktik yang paling sempurna untuk paragraf di atas ialah suatu cara yang cermat terkena suatu acara untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi, taktik itu disusun biar acara berjalan sesuai dengan tujuan.
Jawaban : C

Soal 7 : Menentukan Makna Lambang Dari Puisi
Bacalah puisi diberikut ini dengan seksama!
Sinar
Di sudut hitam itu
Kulihat betapa tajam sinarmu
Menusuk hati dan jiwaku
Namun apa daya
Ketika kucoba menangkapnya
Sinar itu menghilang bagai ditelan badai
Hari ini pun meredup
Bagai malam ditinggalkan sang rembulan
Tak ada harapan
Tak ada sinar
Dan sinar itu tak akan kembali
(Karya Rian Ardiani)

Makna lambang kata sinar dalam puisi tersebut ialah ....
A. Cahaya terang
B. Tujuan hidup
C. Kecerahan hidup
D. Tantangan hidup
E. Ketengangan hidup

Pembahasan :
Jika dilihat secara keseluruhan, maka puisi di atas menggambarkan suatu kekecewaan seseorang lantaran apa yang dibutuhkan tidak tercapai. Hal itu tergmbar terang pada baris "Namun apa daya" yang menunjukkan kekecewaan lantaran tidak sesuai dengan harapan. Sesuatu yang menjadi harapan itu ialah sinar yang tajam. Tentu saja kata sinar tidak bermakna cahaya terang alasannya ialah kata itu spesialuntuklah kiasan.

Jika dilihat berdasarkan isinya, maka kata sinar dalam puisi itu melambangkan tujuan hidup. Tujuan di sini sanggup saja berkenaan dengan suatu harapan, cita-cita, atau ambisi seseorang (penyair) yang berusaha untuk dicapai namun pada kenyataannya harapan atau ambisi tersebut tidak kesampaian.
Jawaban : B

Soal 8 : Memilih Istilah yang Tepat
Cermatilah paragraf diberikut ini!
Kita harus berhati-hati menjaga sebuah asuransi. Kalau perusahaan asuransi tidak sanggup menepati janjinya akan menjadi prosedur jelek bagi perusahaan sendiri. Sementara, petugas asuransi dikonfrontasi melalui telepon tidak mejawabannya, bahkan dihubungi via pesan singkat tidak membalas. Hal itu membuat masyarakat semakin antisipasi terhadap perusahaan asuransi.

Istilah yang sempurna untuk memperbaiki paragraf tersebut ialah ....
A. Citra, dikonfirmasi, aktivasi
B. Prestasi, dihubungi, aktivatif
C. Presiden, dihubungi, anti-pati
D. Preseden, dikonfirmasi, antipati
E. Citra, dihubungi, anti pati

Pembahasan :
Istilah yang sempurna untuk memperbaiki paragraf di atas ialah preseden, dikonfirmasi, dan antipati. Preseden ialah istilah untuk menyatakan hal yang sudah terjadi lebih lampau dan sanggup digunakan sebagai contoh, konfirmasi artinya penegasa, penjelasan, atau menginformasikan, sedangkan antipati ialah penolakan atau perasaan tidak suka yang berpengaruh terhadap sesuatu yang biasanya berkaitan dengan problem kepercayaan.
Jawaban : D

Demikianlah pembahasan beberapa soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia wacana makna kata dan istilah. Jika pembahasan soal ujian nasional ini bermanfaa, menolong kami membagikannya kepada kawan-kawan anda melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404