- Andre kuliah di suatu perguruan tinggi tinggi negeri selama 8 semester. Besar SPP yang harus dibayar pada setiap semester yaitu Rp 200.000,- lebih besar dari SPP semester sebelumnya. Jika pada semester ke-8 Andre membayar SPP sebesar Rp 2.400.000,- maka total SPP yang dibayar selama 8 semester yaitu .....
- Rp 12.800.000,-
- Rp 13.000.000,-
- Rp 13.200.000,-
- Rp 13.400.000,-
- Rp 13.600.000,-
Pembahasan :
Karena besar SPP yang dibayar setiap semester bertambah sebesar 200.000,- dari SPP semester sebelumnya, maka biaya yang dikeluarkan akan membentuk barisan aritmatika dengan beda 200.000.
Rumus barder aritmatika yang kita gunakan :
Un = a + (n - 1)b Sn = n⁄2 (a + Un) melaluiataubersamaini :
⇒ Un = suku ke-n barisan
⇒ Sn = jumlah n suku pertama
⇒ n = banyak suku
⇒ a = suku awal
⇒ b = beda barisan
Dari soal dongeng di atas, diketahui :
⇒ b = 200.000
⇒ U8 = 2.400.000
⇒ n = 8
Karena untuk memilih jumlah SPP selama 8 semester harus diketahui suku awalnya (a), maka kita harus memilih nilai SPP semester pertamanya.
Dari rumus suku ke-8 kita peroleh :
⇒ Un = a + (n - 1)b
⇒ U8 = a + (8 - 1)b
⇒ 2.400.000 = a + (7)200.000
⇒ 2.400.000 = a + 1.400.000
⇒ a = 2.400.000 - 1.400.000
⇒ a = 1.000.000
melaluiataubersamaini demikian total SPP selama 8 semester yaitu :
⇒ Sn = n⁄2 (a + Un)
⇒ S8 = 8⁄2 (a + U8 )
⇒ S8 = 4 (1.000.000 + 2.400.000)
⇒ S8 = 4 (3.400.000)⇒ S8 = 13.600.000
Jadi, total SPP yaitu Rp 13.600.000,-
Jawaban : E - Didiberikn suku banyak f(x) = x3 + 3x2 + a. Jika f ''(2), f '(2), dan f(2) membentuk barisan aritmatika, maka f ''(2) + f '(2) + f(2) sama dengan .....
A. 37 D. 63 B. 46 E. 72 C. 51
Pembahasan :
Untuk menuntaskan soal di atas, kita harus memahami konsep turunan pertama f '(x) dan turunan kedua f ''(x) dan konsep barisan aritmatika.
Menentukan nilai f(2) :
⇒ f(x) = x3 + 3x2 + a
⇒ f(2) = 23 + 3(2)2 + a
⇒ f(2) = 8 + 12 + a
⇒ f(2) = 20 + a
Menentukan nilai f '(2) :
⇒ f '(x) = d f(x) dx ⇒ f '(x) = d (x3 + 3x2 + a) dx
⇒ f '(2) = 3(2)2 + 6(2)
⇒ f '(2) = 12 + 12
⇒ f '(2) = 24
Menentukan nilai f ''(2) :
⇒ f ''(x) = d f '(x) dx ⇒ f ''(x) = d (3x2 + 6x) dx
⇒ f ''(2) = 6(2) + 6
⇒ f ''(2) = 18
Barisan = f ''(2), f '(2), f(2) = 18, 24, 20 + a.
Karena f ''(2), f '(2), dan f(2) membentuk barisan aritmatika, maka :
⇒ f '(2) - f ''(2) = f(2) - f '(2)
⇒ 24 - 18 = 20 + a - 24
⇒ 6 = -4 + a
⇒ a = 10
melaluiataubersamaini demikian jumlah ketiganya yaitu :
⇒ f ''(2) + f '(2) + f(2) = 18 + 24 + (20 + a)
⇒ f ''(2) + f '(2) + f(2) = 42 + (20 + 10)
⇒ f ''(2) + f '(2) + f(2) = 72
Jawaban : E - Diketahui suatu persamaan parabola y = ax2 + bx + c. Jika a, b, dan c berturut-turut ialah suku pertama, kedua, dan ketiga suatu barisan aritmatika, serta garis singgung parabola tersebut di titik (1, 12) sejajar dengan garis y = 6x, maka nilai (3a + 2b + c) sama dengan ....
A. 14 D. 20 B. 16 E. 22 C. 18
Pembahasan :
Garis singgung di titik (1, 12) maka substitusikan nilai x = 1 dan y = 12.
⇒ y = ax2 + bx + c
⇒ 12 = a(1)2 + b(1) + c
⇒ 12 = a + b + c
⇒ a + c = 12 - b ...... 1)
Konsep barisan aritmatika :
U1 + U3 = 2 U2 a + (a + 2b) = 2 (a + b)
melaluiataubersamaini :
⇒ U1 = suku awal
⇒ U2 = suku kedua
⇒ U3 = suku ketiga
Karena a, b, dan c membentuk barisan aritmatika dan jumlah ketiganya sama dengan 12, maka substitusi persamaan 1 ke persamaan diberikut :
⇒ U1 + U3 = 2 U2
⇒ a + c = 2b
⇒ 12 - b = 2b
⇒ 12 = 3b
⇒ b = 4
Karena b = 4, maka :
⇒ a + c = 12 - b
⇒ a + c = 12 - 4
⇒ a + c = 8
Sekarang kita tinjau persamaan gardien garis singgungnya :
⇒ m = dy dx ⇒ m = d (ax2 + bx + c) dx ⇒ m = 2ax + b
Karena garis singung sejajar dengan garis y = 6x (gradiennya = 6), maka gradien garis singgung juga sama dengan 6. Ingat bahwa dua garis yang sejajar mempunyai gradien yang sama. melaluiataubersamaini begitu, pada titik (1, 12) diperoleh :
⇒ m = 2ax + b
⇒ 6 = 2a(1) + b
⇒ 6 = 2a + b
Substitusikan nilai b = 4 yang sudah kita peroleh sebelumnya :
⇒ 6 = 2a + 4
⇒ 2a = 6 - 4
⇒ 2a = 2
⇒ a = 1
Jadi, a = 1, b = 4, dan c = 8 - 1 = 7.
melaluiataubersamaini demikian kite peroleh :
⇒ 3a + 2b + c = 3(1) + 2(4) + 7
⇒ 3a + 2b + c = 3 + 8 + 7
⇒ 3a + 2b + c = 18
Jawaban : C
Pembahasan Sbmptn Matematika Barisan Aritmatika
10/14/2018
Share This Article :
Emoticon