BLANTERVIO103

Jenis-Jenis Protein, Sumber, Dan Manfaatnya

Jenis-Jenis Protein, Sumber, Dan Manfaatnya
10/19/2018
Protein ialah molekul organik yang mengandung unsur karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen. Protein ialah komponen terbesar yang ada di dalam badan kita setelah air. Dilihat dari unsur yang dikandungnya, senyawa protein hampir sama dengan karbohidrat dan lemak. Protein ialah senyawa beragam yang sanggup dirombak menjadi asam amino. Ketika asupan energi yang dibutuhkan oleh badan tidak terpenuhi dari asupan karbohidrat, maka protein akan menggantikan tugas karbohidrat sebagai cadangan energi bagi tubuh. Itulah sebabnya mengapa kinerja protein kurang optimal bila asupan karbohidrat yang dibutuhkan tidak mencukupi. Agar sehat tentu diharapkan asupan karbohidrat dan protein dalam jumlah yang seimbang.

Terdapat dua jenis asam amino yaitu :
  1. Asam amino esensial
    Asam amino esensial atau asam amino indispinsible ialah asam amino yang tidak sanggup diproduksi oleh badan kita sehingga harus diperoleh dari makanan. Asam amino esensial sangat diharapkan oleh badan untuk proses pertumbuhan.

    Setiap hari kita memerlukan asupan asam amino yang cukup. Kekurangan asam amino esensial sanggup menjadikan busung lapar. Yang termasuk asam amino esensial antara lain: eucine, isoleucine, valine, lysine, threonine, tryptophan, methionine, phenylalanine, dan histidine.

  2. Asam amino nonesensial
    Asam amino nonesensial meruapakan asam amino yang sanggup disintesis oleh badan insan sehingga tidak harus memperoleh asupan asam amino dari makanan. Asam amino esensial sering juga disebut sebagai asam amino dispensible.

    Terdapat sepuluh asam amino nonesensial yang sanggup dibuat oleh badan manusia. Yang termasuk asam amino nonesensial antara lain: alanin, asam aspartat, sistein, asparin, asam glutamat, glisin, glutamin, serin, dan tirosin.
Baca juga : Jenis-jenis Mineral dan Manfaat Air Bagi Tubuh.

Berdasarkan sumbernya, protein sanggup dibagi menjadi dua jenis yaitu :
  1. Protein Hewani
    Protein ialah protein yang berasal dari hewan. Protein hewani ialah protein kelas I lantaran tiruana asam amino esensial terdapat pada protein hewani. Meski demikian, protein hewani cenderung mengandung lemak yang tidak sehat lantaran mengandung kolesterol jahat. Protein hewani sanggup kita peroleh dari telur, ikan, daging, dan susu.

  2. Protein Nabati
    Protein nabati ialah protein yang berasal dari tumbuhan. Protein nabati mengandung asam amino yang kurang lengkap dibandingkan protein hewani akan tetapi sumber protein nabati mengandung vitamin dan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Protein nabati sanggup kita jumpai pada kacang-kacangan, tempe, tahu dan sebagainya.

Fungsi Protein


Protein mempunyai beberapa fungsi yang penting bagi tubuh, yaitu :
  1. Sebagai zat tenaga atau sumber energi cadangan yang akan memenuhi kebutuhan energi bila asupan energi yang berasal dari karboidrat dan lemak tidak mencukupi.
  2. Sebagai zat pembangun yaitu membentuk sel-sel gres dan memelihara jaenteng tubuh. Protein sangat penting pada masa pertumbuhan, proses penyembuhan, regenerasi kulit, dan pertumbuhan rambut.
  3. Sebagai zat pengatur yaitu berperan dalam mengatur metabolisme badan baik secara pribadi maupun tidak pribadi contohnya mengatur proses pencernaan dan membentuk zat antibodi.
Baca juga : Jenis Gerak Pada Tumbuhan Beserta misalnya.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404