BLANTERVIO103

Ciri-Ciri Dan Daur Hidup Tumbuhan Lumut (Bryophyta)

Ciri-Ciri Dan Daur Hidup Tumbuhan Lumut (Bryophyta)
10/14/2018
Tumbuhan lumut (Bryophyta) ialah salah satu divisi dari kormofita berspora. Kormofita berspora ialah tumbuhan berkormus yang sudah mempunyai akar, batang, dan daun, tetapi juga sanggup menghasilkan sporangium. Kormofita berspora terdiri dari dua divisi yaitu Bryophyta dan Pteridophyta (tumbuhan paku). Tumbuhan lumut ialah peralihan antara tumbuhan bertalus dan tumbuhan berkormus.

Ciri-ciri Tumbuhan Lumut

Berikut beberapa ciri-ciri umum tumbuhan lumut :
  1. Merupakan peralihan antara tumbuhan talus dan kormus
  2. Merupakan tumbuhan yang hidup sebagai epifit
  3. Hidup kosmopolit (tersebar luas) di tempat lembab, air, tempat tropis, tundra, dan puncak pegunungan
  4. Susunan badan lebih kompleks dari tumbuhan talus
  5. Struktur batang masih sederhana.
  6. Bersifat fotoautotrof sudah mengandung klorofil dalam sel tubuhnya
  7. Batang terdiri dari selapis sel epidermis, beberapa lapis kulit dalam, dan silinder sentra dengan parenkima yang berkhasiat sebagai jaenteng pengangkutan
  8. Belum mempunyai xylem dan phloem, akar berupa rhizoid
  9. Generasi Gametofit (tumbuhan lumut) lebih mayoritas bermumur panjang
  10. Generasi sporofit (sporogonium) berumur pendek
Baca juga : Ciri-ciri dan Daur Hidup Tumbuhan Paku.

Struktur Tubuh Tumbuhan Lumut

Karena ialah peralihan dari tumbuhan talus ke tumbuhan kormus, struktur dan susunan badan lumut lebih kompleks dari tumbuhan talus. Tumbuhan lumut mempunyai akar, batang, dan daun dengan huruf sebagai diberikut :
  1. Ciri-ciri Akar Lumut

    Akar tumbuhan lumut masih berupa akar tiruan (rhizoid). Sel penyusun akar lumut homogen dan ialah sederetan sel yang memanjang. Akar tiruan ini juga berada pada beberapa kepingan sel epidermis.

  2. Ciri-ciri Batang Lumut

    Struktur batang tumbuhan lumut masih sangat sederhana. Batang lumut terdiri atas selapis sel epidermis yang beberapa bagiannya dilengkapi dengan akar tiruan, beberapa lapisan kulit dalam yang tersusun atas sel-sel tidak sama, dan silinder sentra yang disusun oleh jaenteng parenkim sebagai alat pengangkut. Batang lumu tbelum dilengkapi dengan berkas pembuluh angkut xylem dan phloem.

  3. Ciri-ciri Daun Lumut

    Tumbuhan lumut mempunyai daun yang kecil. Daun lumut tersusun atas selapis sel kloroplas berbentuk jala. Di dalam daun terdapat sel besar yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan air.
Baca juga : Perbandingan Daur Hidup Tumbuhan Lumut dan Paku.

Siklus Hidup Tumbuhan Lumut

Daur hidup tumbuhan lumut terdiri dari dua fase yaitu generasi gametofit dan generasi sporofit. Alat perkembangbiakan vegetatif tumbuhan lumut ialah sporogonium yang ialah tempat menghasilkan spora. Berikut denah daur hidup tumbuhan lumut :

 ialah salah satu divisi dari kormofita berspora CIRI-CIRI DAN DAUR HIDUP TUMBUHAN LUMUT (BRYOPHYTA)

Dari gambar di atas terperinci terlihat bahwa pada tumbuhan lumut, yang berperan sebagai generasi gametofit ialah tumbuhan lumut dan yang berperan sebagai generasi sporofit ialah sporogonium.

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404