BLANTERVIO103

Cara Merasionalkan Penyebut (Rationalize A Denominator)

Cara Merasionalkan Penyebut (Rationalize A Denominator)
10/14/2018
Apa maksud dari kata merasionalkan? Merasionalkan penyebut secara sederhana sanggup kita artikan sebagai proses mengubah bentuk suatu kepingan untuk menghilangkan akar pada penyebutnya dengan cara mengalikan kepingan tersebut dengan suatu bilangan yang sama dengan satu sehingga diperoleh nilai yang ekuivalen dalam bentuk yang tidak sama. Kegiatan merasionalkan penyebut ialah konsep dasar yang harus kita kuasai untuk memmenolong kita dalam menuntaskan soal-soal matematika yang lebih kompleks.

Kenapa Harus Dirasionalkan?

Salah satu tujuan merasionalkan penyebut suatu bilangan kepingan ialah semoga diperoleh bentuk selesai yang lebih sederhana dan praktis dihitung bila akan disajikan dalam bentuk kepingan desimal. Sejalan dengan itu, dengan cara merasionalkan penyebutnya, kita dituntut untuk memperoleh jawabanan dalam bentuk lain yang sederhana.

Seperti yang kita tahu, kadangkala kita terhenti di suatu titik dalam mengerjalan soal matematika alasannya jawabanan yang kita peroleh tidak ada dalam opsi jawabanan padahal sesungguhnya ada salah satu jawabanan yang nilainya ekuivalen dengan jawabanan kita tetapi alasannya kita tidak ingat cara merasionalkan penyebut, kesannya kita tidak tahu jawabanan yang benar.

Bagaimana Teknik Merasionalkan Penyebut?

Prinsip dari merasionalkan penyebut ialah dengan memakai suatu bilangan bernilai satu yang sekawan dengan bentuk penyebutnya. melaluiataubersamaini cara ini, kita akan memperoleh nilai yang ekuivalen meskipun bentuknya tidak sama. Kenapa harus dengan bilangan bernilai satu? Karena tiruana bilangan yang dikali dengan satu akan menghasilkan bilangan itu sendiri.

melaluiataubersamaini kata lain, suatu bilangan bernilai satu yang sekawan dengan penyebut yang akan dirasionalkan ialah alat untuk mengubah bentuk saja tetapi tidak mengubah nilainya. Begitulah prinsip dari merasionalkan penyebut. Secara sederhana kita sanggup menyampaikan bahwa merasionalkan penyebut menggunaan prinsip perkalian sekawan.

 Merasionalkan penyebut secara sederhana sanggup kita artikan sebagai proses mengubah bentuk CARA MERASIONALKAN PENYEBUT (RATIONALIZE A DENOMINATOR)

Bagaimana Bentuk Perkalian Sekawan?

Perkalian sekawan ialah bentuk perkalian yang melibatkan dua bentuk bilangan yang tidak sama tanda tetapi komponennya sama sehingga proses perhitungannya lebih sederhana, contohnya (a + b).(a − b). Dalam bentuk irasional contohnya (a + √b).(a − √b). Pada teladan tersebut, bilangan a + √b dan a − √b ialah bilangan sekawan.

Prinsip penyelesaiannya sama dengan menyerupai perkalian biasa, spesialuntuk saja alasannya kedua bilangan ialah pasangan sekawan, maka prosesnya akan lebih sedehana.

(a + b).(a − b) = a2 − b2

(a + √b).(a − √b) =  a2 − b

(√a + √b).(√a − √b) =  a − b


Bentuk-bentuk Pecahan 

Pada tabel di bawah ini disajikan beberapa bentuk kepingan yang umum dalam merasionalkan penyebut. Tabel tersebut meliputi bentuk awal pecahan, faktor pengali (bilangan sekawan bernilai 1), dan hasil atau bentuk selesai dengan penyebut rasional.
Bentuk PecahanFaktor PengaliHasil
a
b
b
b
a√b
b
4
3
3
3
4√3
3
c
a + √b
a − √b
a − √b
c(a − √b)
a2 − b
4
3 + √6
3 − √6
3 − √6
4(3 − √6)
3
c
a − √b
a + √b
a + √b
c(a + √b)
a2 − b
5
2 − √2
2 + √2
2 + √2
5(2 + √2)
2
c
a + √b
a − √b
a − √b
c(√a − √b)
a − b
7
5 + √3
5 − √3
5 − √3
7(√5 − √3)
2
c
a − √b
a + √b
a + √b
c(√a + √b)
a − b
5
5 − √2
5 + √2
5 + √2
5(√5 + √2)
3


Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404