BLANTERVIO103

Menentukan Nomor Atom, Nomor Massa Dan Jumlah Neutron

Menentukan Nomor Atom, Nomor Massa Dan Jumlah Neutron
10/04/2018
.com - Susunan Struktur Atom. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, atom terdiri dari tiga partikel dasar yaitu proton, neutron, dan elektron. Proton ialah partikel bermuatan positif, elekron ialah partikel bermuatan negatif, sedangkan neutron tidak bermuatan. Setiap atom mempunyai jumlah proton jumlah neutron, dan jumlah elektron yang tidak sama-beda. Karena perbedaan itulah, setiap atom juga mempunyai notasi atom yang tidak sama-beda. Berdasarkan notasi suatu atom yang tertera pada tabel periodik unsur, kita sanggup mengetahui berapa jumlah proton, jumlah elektron, dan jumlah neutron suatu atom. Hal ini bermanfaa untuk aneka macam kepentingan contohnya untuk memilih konfigurasi elektron, mengetahui elektron valensi suatu atom, dan sebagainya.

#1 Nomor Atom

Nomor atom (Z) ialah suatu bilangan yang menyatakan banyaknya jumlah proton di dalam suatu atom. Nomor atom ialah salah satu ciri khas suatu unsur alasannya ialah setiap unsur atau atom mempunyai nomor atom yang tidak sama-beda.

Karena suatu atom umumnya bersifat netral, maka jumlah proton sama dengan jumlah elektronnya. melaluiataubersamaini demikian, untuk sebuah atom yang netral, nomor atom tidak spesialuntuk menyatakan jumlah protonnya tetapi juga menyatakan jumlah elektronnya.
Nomor atom = Z = jumlah proton = jumlah elektron

Itu artinya, data nomor atom yang tertera pada tabel periodik unsur sanggup dimanfaatkan untuk memilih jumlah proton dan jumlah elektron suatu atom. Misalnya saja atom Oksigen mempunyai nomor atom 8, itu artinya oksigen mempunyai 8 proton dan 8 elektron.

#2 Nomor Massa

Nomor massa (A) ialah suatu bilangan yang menyatakan banyaknya jumlah partikel dasar penyusun inti atom. melaluiataubersamaini kata lain, nomor massa ialah jumlah proton dan neutron yang terdapat pada inti suatu atom.
Nomor massa = A = jumlah proton + jumlah neutron

Penentuan jumlah proton dan neutron sebagai nomor massa bahwasanya didasari pada kenyataan bahwa massa sebuah atom mudah spesialuntuk ditentukan oleh massa proton dan massa neutron. Hal itu dilakukan alasannya ialah massa sebuah elektron sangat kecil sehingga untuk tujuan mudah diabaikan.

#3 Notasi Atom

Jika anda perhatikan tabel periodik unsur, maka setiap unsur ditulis dengan notasi yang sudah disahkan yaitu dengan memakai simbol tertentu sesuai dengan nama unsur dan terdapat bilangan di bab atas dan bawah kiri simbolnya.
ZAX

Pada notasi atom, nomor massa (A) ditulis di kiri atas simbol (mode superskrip) sedangkan nomor atom (Z) ditulis di kiri bawah simbol (mode subskrip). Untuk lebih jelasnya, perhatikan notasi atom di atas. X ialah simbol unsur.

#4 Menentukan Jumlah Proton, Elektron, dan Neutron

Dari notasi atom tersebut, kita sanggup melihat berapa nomor atom dan nomor massa suatu unsur. Dari data tersebut, selanjutnya kita sanggup memilih jumlah proton, jumlah elektron, dan jumlah neutron dalam suatu unsur.

 atom terdiri dari tiga partikel dasar yaitu proton MENENTUKAN NOMOR ATOM, NOMOR MASSA DAN JUMLAH NEUTRON

misal :
Diketahui notasi atom : 1123Na, tentukanlah jumlah proton, jumlah elektron, dan jumlah neutron atom tersebut.

Pembahasan :
Dari susunan atom, diketahui : A = 11, Z = 23

melaluiataubersamaini demikian diperoleh:
1). Jumlah proton = p = A = 11
2). Jumlah elektron = e = A = 11
3). Jumlah neutron = Z - p = 23 - 11 = 12.

Demikianlah pembahasan singkat terkena cara memilih nomor atom dan nomor massa suatu atom. Jika artikel yang anda baca bermanfaa, silahkan bagikan kepada mitra anda melalui tombol share yang tersedia.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404