BLANTERVIO103

Faktor-Faktor Yang Menghipnotis Laju Reaksi Kimia

Faktor-Faktor Yang Menghipnotis Laju Reaksi Kimia
10/11/2018
Setiap reaksi kimia mempunyai karakteristik yang tidak sama-beda dalam hal kelajuan. Ada reaksi kimia yang sanggup berlangsung sangat cepat, adapula reaksi kimia yang berlangsung sangat lambat. Cepat lambatnya suatu reaksi, bergantung pada laju reaksi. Laju reaksi ialah bemasukan yang dipakai untuk menyatakan cepat lambatnya suatu reaksi berlangsung. Besar laju reaksi menunjukkan perubahan serius setiap satuan waktu sampai terbentuk senyawa gres atau produk reaksi. Karena laju reaksi dipengaruhi oleh beberapa faktor, maka untuk memperoleh laju yang diinginkan, kita harus mengkondisikan faktor-faktor tersebut sesuai pengaruhnya apakah harus ditambah atau dikurang.

Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi

Laju reaksi kimia dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu serius atau kadar zat, luas permukaan sentuh, tekanan, suhu, dan dampak katalis. Berikut ini ulasan ihwal faktor-faktor tersebut dan bagaimana faktor tersebut menghipnotis laju reaksi.

#1 Konsentrasi
Konsentrasi mewakili banyaknya zat yang bereaksi. Jumlah partikel atau zat pereaksi sangat menghipnotis besar tumbukan dalam reaksi sehingga ialah hal penting dalam memilih laju reaksi. Semakin besar serius, maka semakin banyak zat yang bereaksi dan semakin besar kemungkinan terjadinya tumbukan.

Jika tumbukan antara partikel semakin besar, maka kemungkinan terjadinya reaksi juga akan semakin besar. melaluiataubersamaini demikian, kenaikan serius pereaksi memicu aktifnya tumbukan antar partikel dan akan menyebabkan laju reaksi semakin cepat.

Sebaliknya, jikalau serius pereaksi semakin kecil, maka kemungkinan terjadinya tumbukan juga semakin kecil sehingga laju reaksi juga akan menurun.  

#2 Luas Permukaan
Salah satu syarat biar reaksi sanggup berlangsung yakni zat-zat pereaksi harus bercampur dan saling bersentuhan. Pada adonan pereaksi yang heterogen, reaksi spesialuntuk terjadi pada bidang batas adonan yang disebut bidang sentuh.

Reaksi kimia akan berlangsung lebih cepat jikalau luas permukaan atau bidang sentuhnya lebih luas. Semakin luas permukaan, maka semakin cepat pula laju reaksinya. Sebaliknya, semakin kecil luas permukaan maka semakin kecil laju reaksinya.

#3 Tekanan
Pengaruh tekanan akan sangat terlihat pada reaksi kimia yang melibatkan pereaksi berupa gas. Peningkatan tekanan pada reaksi yang melibatkan pereaksi gas akan meningkatkan laju reaksi. Pengaruh ini tidak akan terlihat pada reaksi yang melibatkan zat padat dan zat cair.

Pada dasarnya, dampak tekanan terhadap laju reaksi sama halnya dengan dampak serius alasannya yakni peningkatan tekanan biasanya dilakukan untuk meningkatkan persentase gas yang bereaksi dalam kesetimbangan campuran. melaluiataubersamaini demikian, peningkatan tekanan gas sama dengan peningkatan pada seriusnya dan menghipnotis laju reaksi.

#4 Suhu
Pada suhu yang tinggi, energi molekul bertambah sehingga laju molekul juga bertambah. Meningkatnya laju molekul memungkinkan reaksi berlangsung secara cepat. Jadi, semakin tinggi suhu semakin besar pula laju reaksinya.

Energi minimum yang dibutuhkan untuk berlangsungnya suatu reaksi disebut energi aktivasi. Secara umum, bila suhu dinaikkan 10o C, laju reaksi akan menjadi dua kali lebih besar. melaluiataubersamaini kata lain, setiap kenaikan suhu 10o C, lau reaksinya akan menjadi dua kali lebih cepat.

#5 Katalis
Dalam ilmu kimia dikenal dua zat yang menghipnotis laju reaksi yaitu katalis dan inhibitor. Katalis ialah zat yang sanggup mempercepat laju reaksi sedangkan inhibitor yakni zat yang menghambat laju reaksi.

Reaksi kimia yang lambat sanggup dipercepat dengan menambahkan katalis. Katalis akan ikut dalam proses reaksi tetapi tidak menghipnotis hasil reaksi melainkan spesialuntuk mempercepat lajunya. Katalis memungkinkan reaksi berlangsung lebih cepat jawaban perubahan yang dipicunya terhadap pereaksi.

Teknik Meningkatkan Laju Reaksi

Kita sudah mengulas beberapa faktor yang menghipnotis laju reaksi. melaluiataubersamaini demikian, kita sanggup beberapa upaya biar suatu reaksi kimia yang lambat sanggup berlangsung lebih cepat. Berikut bebeapa upaya untuk meningkatkan laju reaksi :

#1 Memperbesar serius pereaksi
Memperbesar serius pereaksi menyebabkan tumbukan lebih sering terjadi alasannya yakni jumlah partikelnya banyak, sehingga reaksi akan berlangsung lebih cepat.

#2 Memperluas permukaan zat padat
Memperluas permukaan sanggup dilakukan dengan cara meghaluskan zat padat atau memperkecil ukurannya. melaluiataubersamaini permukaan yang luas, bidang sentuh juga semakin luas sehingga tumbukan lebih praktis terjadi.

#3 Memperbesar tekanan
Memperbesar tekanan dilakukan dengan cara memampatkan gas. Pemampatan menyebabkan ruang dalam gas semakin kecil sehingga tumbukan akan lebih sering terjadi.

#4 Menaikkan suhu
Menaikkan suhu ditujukan biar energi gerak partikel lebih besar. Jika energi kinetik partikel makin besar dan sanggup melampaui energi aktivasinya, maka reaksi akan berlangsung lebih cepat.

#5 Menambahkan katalis
melaluiataubersamaini menambahkan katalis, kita sanggup memperkecil energi aktivasi sehingga banyak partikel yang energi kinetiknya lebih besar daripada energi aktivasi. melaluiataubersamaini demikian, reaksi akan berlangsung lebih cepat.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404