BLANTERVIO103

Download Aplikasi Rkas Resmi Dari Kemendikbud

Download Aplikasi Rkas Resmi Dari Kemendikbud
4/22/2019
Aplikasi RKAS 
Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Tim Manajemen BOS Sekolah dalam perencanaan kegiatan BOS ialah menyusun RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah). Penyusunan RKAS dilakukan di awal tahun anggaran.

Penyusunan RKAS harus menurut identifikasi kebutuhan sekolah yang sanggup diketahui melalui kegiatan penilaian diri sekolah. Penyusunan RKAS yang benar akan menjadi kunci pengelolaan dana BOS yang sempurna sasaran dan sesuai penggunaan.

Mengingat begitu pentingnya dalam melaksanakan administrasi keuangan sekolah terutama dana BOS dari pemerintah, maka diharapkan suatu sistem yang bisa melaksanakan pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan, Sistem tersebut ialah RKAS.

Aplikasi RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) merupakan sebuah sistem info yang dibentuk untuk menangani problem administrasi keuangan sekolah mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian.

Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah, selanjutnya disingkat Aplikasi RKAS merupakan sistem info yang memanfaatkan teknologi info dan komunikasi untuk mengfasilitasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana derma operasional sekolah di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

Aplikasi RKAS Resmi dari Kemendikbud sanggup di DOWNLOAD DISINI.
Buku Panduan Aplikasi RKAS sanggup di DOWNLOAD DISINI

Aplikasi yang disediakan berupa fresh installer dengan ukuran file size sekitar 16 MB. Karena aplikasi RKAS ini resmi dari Kemendikbud layaknya aplikasi Dapodik, maka aplikasi ini bersifat nasional yang memerlukan pendaftaran dan kode aktivasi dikala pertama kali menggunakan. Data yang tersedia terintegrasi dengan database dapodik.

Aplikasi RKAS ini mempunyai fitur auto update, sehingga jikalau ada versi yang terbaru dan menemukan koneksi internet maka akan secara otomatis terupdate ke versi yang terbaru. Pada proses update ini biasanya aplikasi ketika dijalankan akan terasa lambat, hal ini dikarenakan ada proses download terlebih dahulu. Tunggu sampai splash screen hilang dan masuk ke aplikasi RKAS.

Sistem Informasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) merupakan sistem yang terpusat (terdistribusi), dimana dalam pengolahan datanya ada sebagian yang melibatkan pihak dinas pendidikan kabupaten.

Namun demikian sistem ini juga sanggup bekerja secara offline, sehingga tidak merepotkan para user yang menggunakannya. Namun pada dikala registrasi, laptop atau komputer/pc harus terkoneksi dengan internet yang stabil.
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3612692724025099404