Ada banyak sekali definisi dari ekplorasi dan pengertian ekplorasi intinya yaitu penjelajahan atau pencarian atau tindakan mencari dengan tujuan untuk menemukan sesuatu, namun implementasinya atau penerapannya bisa berbeda-beda tergantung dari tujuannya, kalau tujuannya yaitu ingin mengenal suatu kawasan maka implementasi ekplorasi yaitu menjelajah kawasan yang dimaksud sehingga mengenal segala hal yang berkaitan dengan kawasan tersebut, begitu juga kalau ekplorasi tujuannya yaitu ingin mengetahui wacana suatu hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan maka ekplorasi bisa melalui eksperiment, membaca dan mencari banyak sekali referensi.
Pengertian Ekplorasi atau mengumpulkan informasi
berdasarkan wikipedia pengertian ekplorasi kalau dikaitkan dengan pendekatan saintifik yaitu Mengumpulkan informasi/eksperimen bisa melalui membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek/kejadian/aktivitas, dan wawancara dengan narasumber. Kompetensi yang dikembangkan dalam proses mengumpulkan informasi/ eksperimen yaitu membuatkan perilaku teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan gosip melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.Cara menerapkan Proses Ekplorasi dalam kegiatan berguru mengajar
Dalam kegiatan berguru mengajar yang melibatkan guru dan siswa, eksplorasi yaitu proses mencari dan menghimpun gosip bisa berupa eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek/kejadian/aktivitas, dan wawancara dengan narasumber.Kompetensi yang dikembangkan dalam proses mengumpulkan informasi/ eksperimen yaitu membuatkan perilaku teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan gosip melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Kegiatan guru dan akseptor didik dalam siklus eksplorasi adalah:
a. Peserta didik
- Membentuk kelompok kecil dan bersama teman kelompoknya, kemudian menelusuri gosip yang mereka butuhkan dan merumuskan masalah
- Mengali gosip melalui membaca, berdiskusi atau melaksanakan percobaan (eksperimen)
- Mengumpulkan dan mengolah data
b. Guru
- Memberi umpan balik aktual kepada akseptor didik
- Memberi konfirmasi melalui banyak sekali sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
- Berperan sebagai narasumber dan fasilitator
- Menggunakan banyak sekali macam pendekatan atau media pembelajaran
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antara akseptor didik dengan guru, akseptor didik dengan akseptor didik lainnya maupun akseptor didik dengan sumber belajar, menyerupai buku internet dan sumber berguru lainnya.
- Melibatkan akseptor didik secara aktif
- Guru memperlihatkan bahan dan klarifikasi kepada siswa yang berkaitan dengan kasus yang sedang dipelajari
- Guru memperlihatkan kiprah kesiswa untuk mendapat rujukan yang sanggup memperlihatkan solusi terhadap kasus yang sedang dipelajari.
Contoh Kasus:
Jika Kasus yang sedang dipelajari siswa yaitu wacana instalasi komputer memakai sistem operasi window, maka siswa harus bisa mengekplorasi dengan mencari dan mendapat banyak rujukan wacana gosip untuk melaksanakan instalasi window, guru bisa memperlihatkan aba-aba kepada siswa apa saja yang harus dipersiapkan dan dipelakari, sehingga jadinya siswa bisa memahami dari sisi teori dan juga praktek.
Guru memperlihatkan arahaan mengenai gosip yang harus didapatkan oleh sisiwa
1. Siswa harus memahami apa itu instalasi manfaat dan tujuannya
2. Persiapan instalasi.
3. Mengenal hardware komputer yang berkaitan dengan instalasi
4. Syarat dan Langkah-langkah instalasi
5. dan gosip lainnya yang berkaitan dengan instalasi.
Informasi yang harus siswa dapatkan untuk tujuan instalasi, bisa disampaikan oleh guru, mencari sendiri di internet membaca banyak sekali rujukan yang berkaitan dan lainnya.
Jika siwa bisa mengumpulan gosip yang mereka butuhkan untuk tujuan instalasi windwow, siswa bisa eksklusif melaksanakan ekperimen, mendapat kesimpulan dan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang mereka dapatkan.
Inti dari ekplorasi yaitu mengumpulkan gosip yang diharapkan untuk diolah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. kalau tujuannya yaitu siswa harus bisa melaksanakan instalasi window, maka ekplorasi bisa dilakukan dengan cara mencari banyak sekali rujukan dan melaksanakan praktek.
Setelah ekplorasi dicapai sanggup dlanjutkan ke rangkaian pembelajaran berikutnya yaitu mengolah informasi atau mengasosiasi dan mengkomunikasikan.
Emoticon